Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai suara alat musik, ritmis maupun melodis
Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.
SENI MUSIK
BUNYI MUSIKAL
Bunyi musikal adalah bunyi yang berasal dari alat musik.
Contohnya sebagai berikut.
1. Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik yang gunanya mengahsilkan nada hingga menciptakan rangkaian nada lagu.
Contohnya: Suling, pianika, dan gitar yang memiliki nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do' .
AYO TEBAK INI SUARA DARI ALAT MUSIK APA YA ????
2. Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang gunanya menghasilkan ritme atau irama. Alat musik ini berguna untuk mengiringi tempo lagudan tidak memiliki nada
Contohnya: rebana, drum, dan gendang
MATEMATIKA
WAKTU
Yuk Simak Video di bawah ini terkait membaca jam
Selasa, 30 Januari 2024
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI
Hari /Tanggal: Selasa 30Januari 2024
Kelas : 1c
Mapel : Bahasa Indonesia dan Seni Musik
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf m
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang di awali dengan ma, mi, mu, me, mo
Membaca dan menulis kata yang di awali dengan huruf m
Bunyi Musikal
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang di awali dengan huruf m
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai suara alat musik, ritmis maupun melodis
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
MATERI PEMBELAJARAN
Amati gambar di atas.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?
2. Berada di mana mereka?
3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?
AYO SIMAK CERITA YANG DIBACAKAN IBU GURU!!!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Siapa nama teman baru Mimi?
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-teman barunya?
4. Apakah kalian pernah malu seperti Mimi?
5. Sebutkan nama teman-teman kalian.
AYO MEMBACA!!!
1. Ikuti guru membaca kata-kata ini, ya.
2. Apa bunyi huruf di awal nama-nama itu?
Ayo, lafalkan huruf berikut dengan benar.
Lalu, gabungkan bunyi huruf itu dengan bunyi huruf yang lain.
3. Bagaimana dengan ini?
Ikuti guru membacanya, ya.
4. Lalu, bacalah beberapa suku kata berikut.
Ikuti guru kalian.
Senin, 29 Januari 2024
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI
Hari /Tanggal: Senin 29 Januari 2024
Kelas : 1c
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Sikap Positif
Menyebutkan kata yang berawalan suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-. dari teks bacaan
Melafalkan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-. dari teks
Menuliskan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-.
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuia dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
Peserta didik dapat menyebutkan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo- dari teks yang dibaca
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
PENDIDIKAN PANCASILA
Sikap Positif
Di antara kita ada yang memiliki perbedaan spesial.
Ada yang memiliki keterbatasan fisik.
Mereka tetap saudara kita.
Mereka sama dengan kita.
Mereka juga berhak menjadi juara.
Sama seperti kita.
Kita harus saling menghargai.
Kita harus saling menyayangi.
Yuk Simak kisah Nabi Muhammad SAW berikut!
Pernahkah kamu bertemu dengan teman yang memiliki perbedaan spesial?
Ceritakan hal positif apa yang pernah kamu lakukan kepada temanmu tersebut!
BAHASA INDONESIA
Amati gambar di atas.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?
2. Berada di mana mereka?
3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?
AYO SIMAK CERITA YANG DIBACAKAN IBU GURU!!!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Siapa nama teman baru Mimi?
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-teman barunya?
4. Apakah kalian pernah malu seperti Mimi?
5. Sebutkan nama teman-teman kalian.
AYO MEMBACA!!!
1. Ikuti guru membaca kata-kata ini, ya.
2. Apa bunyi huruf di awal nama-nama itu?
Ayo, lafalkan huruf berikut dengan benar.
Lalu, gabungkan bunyi huruf itu dengan bunyi huruf yang lain.
3. Bagaimana dengan ini?
Ikuti guru membacanya, ya.
4. Lalu, bacalah beberapa suku kata berikut.
Ikuti guru kalian.
Jumat, 26 Januari 2024
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI
Hari /Tanggal: Jumat 26 Januari 2024
Kelas : 1c
Mapel : Bahasa Indonesia
Menyebutkan kata yang berawalan suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-. dari teks bacaan
Melafalkan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-. dari teks
Menuliskan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-.
Membaca Jam
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menyebutkan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo- dari teks yang dibaca
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
BAHASA INDONESIA
Amati gambar di atas.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?
2. Berada di mana mereka?
3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?
AYO SIMAK CERITA YANG DIBACAKAN IBU GURU!!!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Siapa nama teman baru Mimi?
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-teman barunya?