Jumat, 31 Mei 2024

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Jumat 31 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                    : Bahasa Lampung dan TIK 

Jadwal Sumatif Akhir Semester 

*Kisi-kisi Bahasa Lampung* 


1.Kompetensi yang di Uji

Menyebutkan Kalimat sederhana yang berisi tentang anggota keluarga dan hormat kepada Orang Tua secara lisan dan tulis.


2.Mengenal kalimat sederhana tentang pengalamanku secara lisan dan tulis


3.Melakukan Percakapan pendek dalam hal kegiatan dan bermaian dilingkungan secara lisan dan tulis. 


4.Membaca kalimat sederhana tentang keberadaan benda – benda disekitar secara lisan dan tulis

Kisi-Kisi Sumatif Akhir Semester Genap

Mata Pelajaran : TIK (Komputer)
Kelas : 1 (Satu)


Peserta didik mampu mengetahui Macam-macam perangkat keras komputer (ada 10 macam seperti Mouse, Keyboard, CPU, Monitor, Speaker, Printer, Flashdisk, Disket, CD/Kaset, Scanner)
Peserta didik mampu mengetahui Kegunaan dari masing-masing perangkat keras komputer
Peserta didik mampu mengetahui gambar dari masing-masing perangkat keras komputer
Peserta didik mampu mengetahui kegunaan tombol-tombol pada keyboard (Contoh : Tombol Space bar untuk memberi jarak antar kata)
Peserta didik mampu mengetahui cara menghidupkan dan mematikan komputer
Peserta didik mampu mengetahui panah yang digerakkan oleh mouse disebut Kursor
Peserta didik mampu mengetahui kepanjangan dari CPU

Kamis, 30 Mei 2024

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Kamis 30 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                    : Matematika dan Bahasa inggris 

Jadwal Sumatif Akhir Semester 


Kisi - kisi Matematika* 

1.memahami materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi matematis dan mengaplikasikannya secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah matematis (pemahaman matematis dan kecakapan prosedural),
menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematis dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika (penalaran dan pembuktian matematis),

2.memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematis,
menyelesaikan model atau menafsirkan solusi
Bilangan cacah sampai 20

3.Membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai 20

4.Mengurutkan bilangan cacah pada garis bilangan

5.Membandingkan jumlah benda

6.Mengurutkan bilangan



7.Menentukan nilai tempat suatu bilangan

8.Penjumblahan bilangan cacah sampai 20
yang diperoleh (pemecahan masalah matematis).
mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah, serta menyajikan suatu situasi ke dalam simbol atau model matematis (komunikasi dan representasi matematis),
mengaitkan materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, dan relasi matematis pada suatu bidang kajian, lintas bidang kajian, lintas bidang ilmu, dan dengan kehidupan (koneksi matematis), dan
Pengurangan bilangan cacah sampai 20

9.Membandingkan 2 objek benda

10.Mengenal satuan waktu jam

11.Bangun ruang

12.Membilang dan mengurutkan benda benda berdasarkan atribut

13.Membilang dan mengurutkan benda benda berdasarkan atribut

14.Membuat pernyataan berdasarkan data yang telah disajikan
Membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai 20
Disajikan soal, peserta didik mampu nama bilangan dengan tepat.
Menentukan nilai tempat suatu bilangan
Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menentukan nilai suatu bilangan dengan tepat.
Pengurangan bilangan cacah sampai 20
Disajikan soal cerita, Peserta didik mampu menghitung  jumlahan dengan tepat.

15.Penjumblahan bilangan cacah sampai 20
Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menghitung jumlah dengan tepat
Membandingkan 2 objek benda
Disajikan gambar, peserta didik mampu membandingkan besar
kecil suatu benda
Membandingkan 2 objek benda
Disajikan gambar peserta didik mampu membandingkan panjang
pendek suatu benda
Bangun datar
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan
nama bangun datar dengan tepat.
Bangun ruang
Disajikan gambar. 

 16.peserta didik dapat menentukan nama bangun ruang dengan tepat
Membilang dan mengurutkan benda benda berdasarkan atribut
Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menentukan jumblah yang paling banyak berdasarkan data.

17.Lambang bilangan dan nama bilangan
Disajikan lambang bilangan peserta didik dapat menentukan nama bilangan dengan tepat
Penjumlahan bilangan sampai 20
Disajikan soal cerita peserta didik dapat menghitung penjumlahan dengan tepat.
Membandingkan 2 objek benda
Disajikan gambar, peserta didik mampu membandingkan banyak sedikitnya suatu benda
Bangun ruang
Disajikan soal gambar peserta didik dapat menyebutkan bangun datar dengan tepat
Membilang dan mengurutkan benda benda berdasarkan atribut
Disajikan gambar peserta didik dapat mengurutkan bangun ruang dengan tepat


*Kisi - kisi Bahasa Inggris* 

1.Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.

2.Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.

3.Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.
Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.

Kind of fruits.
4.Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.

Kind of fruits.
5.Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.
Count some objects.
Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.
Count some objects.
Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan menggunakan kosakata sederhana.

Kind of fruits.
6.Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.
Count some objects.
Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana.

Kind of fruits.
7.Peserta didik menunjukkan pemahaman teks atau gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.
Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual. Mereka menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.
Count some objects.
Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual. Mereka menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.

Count some objects.
8.Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan dengan bantuan visual. Mereka menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.
Kind of fruits.

Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Using He/She.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Using He/She.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Using He/She.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Using He/She.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Using He/She.
Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan menggunakan kosakata sederhana.
Family membbers.
Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan menggunakan kosakata sederhana.
Family membbers.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Count some objects.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar, berbentuk teks tulis. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks yang diperlihatkan kepadanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.
Peserta didik merespon teks pendek sederhana dan familiar. Peserta didik menunjukkan pemahaman teks melalui gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.
Kind of fruits.

Rabu, 29 Mei 2024

SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Rabu 29 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                    : Pendidikan Pancasila dan PJOK

Jadwal Sumatif Akhir Semester 


Kisi - kisi Pendidikan Pancasila 

1. mengetahui dan mempraktikkan hak dan kewajibannya baik sebagai manusia, bangsa Indonesia maupun sebagai warga negara Indonesia dan dunia, termasuk menyuarakan secara kritis terhadap pelanggaran hak asasi manusia.
ARTI HAK & KEWAJIBAN

2.Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
Mengenal Aturan DI Lingkungan Sekolah.

3.Peserta didik mampu mengidentifikasikan menghargai perbedaan.
Perbedaan pakaian adat dan suku.

Jenis kelamin

4.Perbedaan bentuk fisik gemuk dan kurus.

5.Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

 6.menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman.

Kerja sama di lingkungan rumah dan sekolah.

*Kisi - Kisi PJOK* (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) 

1.Peserta didik menunjukan kemampuan  dalam mempraktikan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak secara mandiri (tanpa meniru contoh) berupa permainan dan olahraga , aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, kesehatan tubuh dan aktivitas  permainan olahraga air (tradisional). 

2.Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas senam irama, senam lantai, kesehatan tubuh dan permainan olahraga air. 
Sepak bola

3.Lempar tangkap bola

4.Senam Lantai

5.Senam irama

6.Athletik

7.Kesehatan tubuh

8.Berenang

Selasa, 28 Mei 2024

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Selasa 28 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                    : Bahasa Indonesia dan Seni Budaya 

Jadwal Sumatif Akhir Semester 

kisi- kisi Sumatif akhir Semester Bahasa Indonesia 

*Kisi - kisi soal Bahasa Indonesia* 


1. Peserta  didik 

mampu 

menyimak cerita 

yang di 

dalamnya 

terdapat suku 

kata ma, mi, mu, 

me, mo dan 

menanggapi 

bacaan tentang 

sikap baik 

kepada teman.


2. Peserta didik 

dapat menyimak 

cerita perbedaan 

makanan 

kesukaan dalam 

keluarga


3.Peserta didik 

dapat mengamati 

Teks dan cerita 

bergambar 

‘Teman Baru’


Teks 

“Perbedaan Tak 

Apa”


Teks dan cerita 

bergambar




4.Peserta didik 

menyimak cerita 

tentang uang

Peserta didik 

mengamati 

gambar , 

membaca, dan 

menjelaskan 

tentang profesi

”Aku Ingin”

Teks dan cerita 

bergambar


”Aku Ingin”

Teks dan cerita 

bergambar

“Di sekitar


5.Peserta didik 

dapat membaca 

suku kata 

dengan bunyi ga, 

gi, gu, ge, go

Teks dan cerita 

bergambar 

‘Teman Baru’

Teks dan cerita 

bergambar


6. Peserta didik 

dapat 

membedakan 

barang yang 

diinginkan dan 

yang dibutuhkan


7.Peserta didik 

dapat 

menggambar 

benda yang 

dibaca dan 

menuliskannya

Teks , tabel dan 

cerita bergambar

“Aku Ingin”

Teks dan cerita 

bergambar 

“Aku Ingin”


8.Peserta didik dapat mengamati gambar denah 


9.Peserta didik dapat mengamati gambar dan melengkapi suku kata dan menulis letak benda. 



*Kisi - kisi soal Seni budaya* 


1.Peserta didik mampu menyimak, mengenali, dan mengimitasi bunyi musik Bermain Bunyi. 

2.Peserta didik mampu memilih secara aktif dan memainkan karya musik sederhana secara artistik, yang mengandung nilai-nilai positif dan membangun. Mengenal Bunyi Musikal


3.Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik. Mengenal Jenis Nada


4.Peserta didik mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana. Bermain Melodi


5.Peserta didik mampu mengidentifikasi gerak di tempat dan gerak berpindah untuk membuat gerak yang memiliki kesatuan gerakkan yang indah. Respon Gerak Melalui Tempo Cepat dan Lambat


Respon Lagu dengan Gerak

6.Peserta didik mampu menunjukkan hasil gerak berdasarkan norma/perilaku yang sesuai dalam menari Pembagian Kelompok Sesuai Pilihan Lagu

7.Peserta didik mampu mengamati bentuk tari sebagai media komunikasi Penyusunan Gerak Sesuai Lagu

8.Peserta didik mampu mengeksplorasi unsur utama tari meliputi gerak, ruang, waktu, tenaga, serta gerak di tempat dan gerak berpindah. Latihan Gerak Sesuai Lagu

Tenaga dalam Gerak Tari

9.Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya Membuat Model Kota

10.Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk, dan warna. Lebih Jauh Tentang Garis

Warna Primer dan Sekunder

11.Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya Tekstur dan Pola

12.Peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris Bentuk Pada Wajah

13.Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat. Kolase

Keindahan Dedaunan

Senin, 27 Mei 2024

Sumatif Akhir Semester ( SAS)

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Senin 27 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                    : Pendidikan Agama Islam dan Menulis 



Rabu, 22 Mei 2024

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Rabu 22 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                              : Bahasa Indonesia dan Seni Musik

Mengerjakan Latihan Soal.

 1. Bentuk ku bulat Aku terbuat dari plastik.Aku dimainkan dengan cara ditendang. Aku adalah .....

Jawaban: 

Untuk soal nomor 2 dan 3, baca cerita berikut!

"Kera dan Katak"

Kera dan katak menanam pisang. Pohon pisang milik kera mati. Pohon pisang milik katak tumbuh dan berbuah.

2. Menurut cerita di atas, siapa yang menanam pisang ?

Jawaban: 

3. Pohon pisang siapa yang tumbuh dan berbuah ?

Jawaban: 

Untuk soal nomor 4 dan 5, baca percakapan berikut!

Mila: “Permisi, Bu’’.

Ibu Tika: “Iya, Mila. Mau beli apa?”

Mila: “Mau beli sabun mandi, Bu.”

Ibu Tika: “Oya, ini, Rp2.500

4. Percakapan di atas dilakukan oleh....

Jawaban: 

5. Apa yang ingin dibeli Mila?

Jawaban: 

6. Sebutkan 3 perbedaan uang logam dan uang kertas!

Jawaban:

7. Tuliskan dalam bentuk kata-kata nominal uang Rp5.000!

Jawaban

8. Kalau mendapatkan uang dari ayah atau ibu sebaiknya kita .....

Jawaban

9. Sebutkan tiga kata yang diawali dengan suku kata ge-

Jawaban

10. Sebutkan tiga kata yang diawali dengan suku kata mi-

Jawaban: 


Seni musik 

Melodi lagu Gundhul Pacul menggunakan tangga nada pentatonis. Dalam tangga nada pentatonis terdapat dua jenis yaitu pelog dan slendro. Dalam tangga nada pelog terdapat nada: do, mi, fa, sol, dan si.



Selasa, 21 Mei 2024

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Selasa 21 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                              : Bahasa Indonesia 

Selamat pagi anak Sholih sholiha apa kabar hari ini ? Semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat semua.aamiin 

Untuk tugas hari ini kalian kerjakan modul cerdas halaman 51 - 54 bagian 1 saja ya nak.

Hari Rabu besok di kumpulkan di sekolah

Trimakasih 🙏


Senin, 20 Mei 2024

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Senin 20 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                              : Pendidikan Pancasila 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Menyebutkan bentuk gotong royong.
    Menjelaskan bentuk gotong royong.
  • Tujuan Pembelajaran (TP):

    • Peserta didik dapat menjelaskan bentuk gotong - royong.
      Peserta didik dapat menjelaskan manfaat gotong – royong

    • Capaian Pembelajaran (CP):
      • Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 
      Pengertian Gotong Royong
      Gotong royong merupakan istilah untuk bekerja bersama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata bahasa Jawa gotong yang berarti "mengangkat" dan royong yang berarti "bersama"
  • Manfaat dan Tujuan Gotong Royong

    Manfaat dan tujuan dari gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat, antara lain:

    1. Menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan.

    2. Membina hubungan sosial yang baik terhadap masyarakat disekitar.

    3. Menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang.

    4. Mempererat tali silahturahmi atau persaudaraan.

    5. Meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan.

    6. Meningkatkan produktivitas kerja.

    7. Terciptanya rasa persatuan dan kesatuan di dalam lingkungan sekitar.

    Nilai dalam Gotong Royong

  • Untuk melakukan gotong royong, ada nilai-nilai yang perlu kamu terapkan. Tujuannya supaya gotong royong bisa berlangsung dengan lancar dan menumbuhkan rasa kekeluargaan.

    Dikutip dari Buku Arif Cerdas SD/MI Kelas 1 nilai-nilai gotong royong meliputi:

    1. Kebersamaan
    2. Persatuan
    3. Rela berkorban
    4. Tolong-menolong
    5. Sosialisasi

    Bentuk Gotong Royong dalam Masyarakat

    Di pedesaan sifat gotong royong dan kekeluargaan biasanya lebih menonjol dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja memperbaiki dan membersihkan jalan atau membangun juga memperbaiki rumah.

    Untuk di perkotaan biasanya gotong royong dijumpai dalam kegiatan kerja bakti RT/RW maupun di lingkungan sekolah bagi siswa.

  • Contoh gotong royong disekolah 

  • Contoh gotong royong di rumah




Contoh gotong royong di masyarakat




    • Gotong royong merupakan istilah untuk bekerja bersama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata bahasa Jawa gotong yang berarti "mengangkat" dan royong yang berarti "bersama"
  • Manfaat dan Tujuan Gotong Royong

    Manfaat dan tujuan dari gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat, antara lain:

    1. Menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan.

    2. Membina hubungan sosial yang baik terhadap masyarakat disekitar.

    3. Menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang.

    4. Mempererat tali silahturahmi atau persaudaraan.

    5. Meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan.

    6. Meningkatkan produktivitas kerja.

    7. Terciptanya rasa persatuan dan kesatuan di dalam lingkungan sekitar.

    Nilai dalam Gotong Royong

  • Untuk melakukan gotong royong, ada nilai-nilai yang perlu kamu terapkan. Tujuannya supaya gotong royong bisa berlangsung dengan lancar dan menumbuhkan rasa kekeluargaan.

    Dikutip dari Buku Arif Cerdas SD/MI Kelas 1 nilai-nilai gotong royong meliputi:

    1. Kebersamaan
    2. Persatuan
    3. Rela berkorban
    4. Tolong-menolong
    5. Sosialisasi

    Bentuk Gotong Royong dalam Masyarakat

    Di pedesaan sifat gotong royong dan kekeluargaan biasanya lebih menonjol dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja memperbaiki dan membersihkan jalan atau membangun juga memperbaiki rumah.

    Untuk di perkotaan biasanya gotong royong dijumpai dalam kegiatan kerja bakti RT/RW maupun di lingkungan sekolah bagi siswa.

  • Contoh gotong royong disekolah 

  • Contoh gotong royong di rumah




Contoh gotong royong di masyarakat






Jumat, 17 Mei 2024

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Jumat 17 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                              : Bahas Indonesia 

Tugas Bahasa Indonesia

Untuk tugas  hari ini sholih Sholihah,silahkan kerjakan  bahasa Indonesia halaman 146 Ayo menulis no 1 dan 2 

Silahkan kerjakan dibuku cetak nya ya nak 

Selamat mengerjakan🙏


Kamis, 16 Mei 2024

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI

Hari /Tanggal                  : Kamis 16 Mei 2024 

Kelas                                 :  1c

Mapel.                              : Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila ( p5)

Kegiatan P5 hari ini membuat kolase Rumah adat dari bahan alami atau bahan buatan ( seperti biji-bijian, daun kering atau kertas origami) 

Alat dah bahan yang harus disiapkan 

 Contoh kolase rumah adat dari bahan alam ( biji- bijian) 

Contoh kolase rumah adat dari daun kering

Contoh kolase rumah adat dari kertas origami