Rabu, 31 Juli 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—

MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal               :  Rabu 31 Juni 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran             : Matematika dan  Pendidikan Pancasila 


 #  Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10

  2. Mengidentifikasi hubungan symbol dan sila-sila  dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

  3. Menyebutkan hubungan symbol dan sila-sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

    # Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengelompokkan benda sejenis.
  2. Peserta didik dapat membandingkan jumlah bendanya yang berjumlah paling banyak 10 buah dengan benar.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan symbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.
    #  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

# Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

#  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar Membaca dan menulis banyak benda yang berjumlah 10 dan macam-macam garis. Adakah yang masih ingat angka tiga terdiri dari huruf apa saja? iya tepat sekali, angka 3 terdiri dari huruf T-I-G-A. 

Nah, untuk hari ini kita akan belajar mengelompokkan dan membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila pancasila dalam lambang negara garuda pancasila . Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



# Materi Matematika


Yuk, kita perhatikan gambar yang ada di buku cetak kalian halaman 15.. Let's check it out!!^^





pada gambar tersebut, terdapat banyak sekali jenis-jenis makanan. Apakah makanan yang paling kalian sukai? Biasanya ketika membeli makanan kesukaan kalian, apakah membeli hanya satu buah atau lebih?

Mengelompokkan banyak benda adalah kegiatan mengumpulkan banyak benda berdasarkan jenisnya.


Amati gmabar berikut ini!


Hitunglah benda-benda tersebut sesuai dengan kelompok bendanya, kemudian jawablah pertanyaan berikut!

1. Benda apakah yang lebih banyak?

2. Benda apakah yang lebih sedikit?

3. Apakah ada benda yang jumlahnya sama banyak?



Dalam mengelompokkan benda, angka  yang nilainya banyak yaitu bilangan yang besar, dan sebaliknya, yang nilainya sedikit adalah bilangan yang kecil

Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, kita nyanyikan lagu garuda pancasila dengan penuh semangat, seperti di video ini
. Let's check it out!!^^

Hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila


  1.       Simbol Bintang pada Sila Pertama: Pancasila sila pertama disimbolkan dengan bintang emas yang melekat pada perisai hitam. Nah, bintang emas tersebut memiliki lima sudut. Kelima sudut tersebut mewakili agama besar di Indonesia. Dan juga kita percaya kepada Tuhan yang Maha Esa. Allah SWT.
  2.       Simbol Rantai pada Sila Kedua. Pada sila kedua terdapat simbol rantai. Simbol rantai tersebut menggambarkan hubungan antar manusia atau masyarakat Indonesia yang tidak putus,
  3.       Simbol Pohon Beringin pada Sila Ketiga. Pohon beringin merupakan simbol sila ketiga Pancasila. Simbol ini memiliki arti mewakili keteduhan dan kekuatan. Hal tersebut melambangkan persatuan bangsa Indonesia, 
  4.       Simbol Kepala Banteng pada Sila Keempat. Sila keempat Pancasila memiliki simbol kepala banteng. Makna dari kepala banteng adalah masyarakat Indonesia yang gemar bermusyawarah dan berkumpul untuk mencapai keputusan berdasarkan mufakat.
  5.       Simbol Padi dan Kapas. Padi dan kapas adalah simbol sila kelima Pancasila. Kedua benda ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, yaitu sandang dan pangan.

Ayo Berlatih!



Perhatikan gambar di atas. 
1. Sebutkan hubungan simbol dengan sila-sila pancasila?

 

 

πŸ“Œ Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^


Selasa, 30 Juli 2024

 


Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—

 # #Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda secara satuan dengan benar

  2. Membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis
    atau rapat, renggang)
    # Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda secara satuan dengan benar

  2. Peserta didik dapat membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang)
    # Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta mengenal dan menggunakan aneka jenis garis berdasarkan bentuknya(lurus, bergelombang, zigzag, melengkung,putus-putus) dan arahnya (vertikal, horisontal, dan diagonal

#  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengenal huruf vokal dan huruf konsonan, serta belajar tentang bunyi pancasila. Siapa yang masih ingat huruf vokal terdiri dari apa saja? iya huruf vokal ada 5 yaitu A, I, U, E, dan O. Nah, untuk hari ini kita akan belajar membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda dan mendefinisikan kata "indah" atau "artistik". Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



# Materi Matematika


Membaca dan Menulis Bilangan 1-10

Berikut lambang bilangan 1 sampai 10 beserta cara menulis dengan huruf latin dan cara membacanya, yaitu:

  • 1: satu: sa – tu
  • 2: dua : du – a
  • 3: tiga: ti – ga
  • 4: empat: em – pat
  • 5: lima: li –ma
  • 6: enam: e – nam
  • 7: tujuh: tu - juh
  • 8: delapan: de – la - pan
  • 9: Sembilan: sem – bi - lan
  • 10: sepuluh: se – pu - luh


AYO BERLATIH!!



Materi Seni Rupa


Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.

Macam-macam garis dalam seni rupa terbagi menjadi 5, yaitu:

  1. Garis lurus adalah garis yang menghubungkan dua titik dengan jarak terdekat.
  2. Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok. Beberapa jenis garis lengkung antara lain mengapung, garis lengkung busur, dan garis lengkung kubah.
  3. Garis patah-patah adalah garis yang tidak berkaitan dengan goresan lainnya.
  4. Garis zig-zag merupakan jenis garis yang berkelok-kelok di arah yang berlawanan.
  5. Garis gabungan dalam seni rupa sering kali digunakan dengan mengkombinasikan dua atau lebih jenis baris.

Siswa membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis
atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan
tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis
sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

Amatilah video berikut ini!

Senin, 29 Juli 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—

MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal               :  Senin 29 Juni 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 


#. Alur Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dalam kata.
Menyebutkan simbol dan sila-sila Pancasila.
- Menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila.

#. Tujuan Pembelajaran 
- Melalui kegiatan mengenali huruf abjad, peseta didik dapat menulis nama sendiri.
Peserta didik dapat menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

#. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.


#. Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang angka 0-10, ada yang bisa menuliskan huruf angka 3? iyaa benar huruf angka 3 adalah TIGA.  Nah, untuk hari ini kita akan belajar menulis nama sendiri dan simbol simbol Pancasila dengan benar. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa..

#. Materi Pembelajaran


Baik ananda sholeh sholehah, apakah kalian sudah memahami huruf konsonan dan vokal. Untuk melatih kemampuan kalian, 
mari kerjakan latihan menulis nama ananda sholeh sholehah sendiri..

Dan untuk pendidikan pancasila kalian masih mempelajari simbol simbol Pancasila, mari kerjakan latihan dan nanti ananda Sholeh Sholehah maju kedepan untuk menceritakan tentang simbol-simbol Pancasila.

#.Refleksi Pembelajaran 
Alhamdulillah ananda sholeh-sholehah kita sudah mempelajari materi menulis nama sendiri dan simbol simbol pancasila, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjutnya ananda sholeh sholehah

#. Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!!





Jumat, 26 Juli 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


Hari /Tanggal                : Jumat 26 Juli 2024

Kelas                                 :  1c

Materi Ajar                      : Seni Rupa

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Mengasosiasikan defini "indah" atau "artistik" dari benda-benda di sekitar
     Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Peserta didik dapat mengartikan defini "indah" atau "artistik" dari benda-benda di sekitar dengan tepat
     Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta mengenal dan menggunakan aneka jenis garis berdasarkan bentuknya(lurus, bergelombang, zigzag, melengkung,putus-putus) dan arahnya (vertikal, horisontal, dan diagonal)

Materi Seni Rupa


Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.

Macam-macam garis dalam seni rupa terbagi menjadi 5, yaitu:

  1. Garis lurus adalah garis yang menghubungkan dua titik dengan jarak terdekat.
  2. Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok. Beberapa jenis garis lengkung antara lain mengapung, garis lengkung busur, dan garis lengkung kubah.
  3. Garis patah-patah adalah garis yang tidak berkaitan dengan goresan lainnya.
  4. Garis zig-zag merupakan jenis garis yang berkelok-kelok di arah yang berlawanan.
  5. Garis gabungan dalam seni rupa sering kali digunakan dengan mengkombinasikan dua atau lebih jenis baris.


Amatilah gambar berikut ini!




Gambar di atas merupakan contoh-contoh bentuk garis. Mari kita ikuti dan buat bersama garis seperti pada gambar di atas yaa ananda sholeh dan sholehah.

Kamis, 25 Juli 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


Hari /Tanggal                : Kamis 24 Juli 2024

Kelas                                 :  1c

Materi Ajar                      :   Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : ( P5)

Tujuan Projek:


  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, projek “Keberagaman Budayaku” bertujuan mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaan terhadap keberagaman etnik, agama, dan budayaHal ini dimaksudkan untuk membangusikap toleransi peserta didik dalam keberagaman di lingkungan sekolah dan rumah, serta menjunjuntinggi nilai Bhinneka Tunggal Ikdengan menuangkan ide dan kreativitas peserta didik dalam mencintai keberagaman melaluberbagai karya dan seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

     Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tahap:

1.     Tahap Pengenalan

Peserta didik diajak mengenal dan mengidentifikasi konsep kebhinnekaan dengan melakukan eksplorasi materi.

2.     Tahap Kontekstualisasi

Peserta didik diberikan ruang untuk berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selanjutnya, peserta didik mengeksplorasi keberagaman yang addi kelasnya dan lingkungan sekolahkemudian menuliskan keberagaman yang ada dilingkungan sekitarnya.

3.     Tahap Aksi

Peserta didik didampingi guru membuat salah satu karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah tempat tinggalnya, seperti membuat kolase mahkota adat Lampung dari bahan bubur kertas.. Selanjutnya, peserta didik diajaberkreasi melalui pembuatan mahkota siger yang di hias sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta didik.

4.    Tahap Refleksi dan Evaluasi

Selama proses projek ini berjalan, peserta didik tidak hanya membentupengetahuan, tetapjuga membangun kesadaran dan melakukan observasiPada akhirnya, peserta didik dapat menentukan sikap yang baik dalam menghadapi keberagaman budaya yang ada di lingkungan sekitarnya.


Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yait

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Bernalar Kritis, khususnya elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar menghitung banyak benda yang berjumlah 10 dan mengenal simbol dan sila-sila pancasila. 

Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang profil pelajar Pancasila atau yang biasa disebut dengan P5. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)


Sebelum kita melakukan aktivitas mari kita nyanyikan lagu  P5 seperti video berikut ini. 

Let's check it out!!^^



PERTEMUAN 1 (Mengenal profil pelajar pancasila)

Alat dan Bahan         : Video pengenalan P5, buku tulis, alat tulis


AKTIVITAS 1

(Apa itu P5?)

Alat dan bahan            : Video pengenalan P5, buku tulis, alat tulis

Tujuan                         : Peserta didik mulai mengenal dan memahami definisi dari P5


Pelaksanaan

  1. Pendidik mengawali sesi dengan menayangkan video animasi pengenalan P5



  2. Pendidik memberikan penjelasan dan contoh kegiatan dari tiap dimensi P5


  3. Setiap peserta didik menuliskan pengertian P5 dibuku masing-masing dengan rapi
  4. Ajak peserta didik untuk memberikan contoh implementasi dimensi P5 dalam kehidupan sehari-hari
  5. Setelah selesai, lakukan tanya jawab  bersama peserta didik untuk mengukur pemahaman mereka 


Refleksi Aktivitas 1



Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

  1. Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
  2. Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?

Arahkan peserta didik ke tema kegiatan P5 “Bhineka tunggal Ika” dengan menyakan asal daerah, Bahasa daerah dan makanan daerah yang mereka sukai.


Refleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi tentang P5, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjtnya ananda sholeh sholehah^^

 

 

Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat