Jumat, 30 Agustus 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—

MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Jumat 30 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran       : Seni Budaya


 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber

  2. Mengenal dan mengeksplorasi bentuk geometris dan non geometris

    # Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Peserta didik dapat memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. 
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik
    # Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentukyang digambarnya.



Materi Seni Rupa


GARIS MEMBUAT BENTUK




Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.

Contoh Bentuk Geometris Dasar:


AYO BERLATIH!!


Kamis, 29 Agustus 2024

 

Projek:

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Kamis 29 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran       : PEROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5)


  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    πŸ“Œ Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.                 Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

πŸ“Œ Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi

8.             Peserta didik mencoba berinteraksi langsung dengan mahkota siger yang dibawa dan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait mahkota kepada narasumber

9.             Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencoba memberikan kesimpulan dari penjelasan narasumber

10.         Setelah dirasa sudah cukup memahami materi, pendidik membagikan lembar aktivitas untuk digunakan    bercerita tetntnag “mahkota adat Lampung”

11.         Secara bergiliran peserta didik bersama kelompoknya menampilkan cerita dari “mahkota adat Lampung

12.         Tanya jawab mengenai hasil cerita yang dipresentasikan

13.         Peserta didik mendengar penjelasan pendidik mengenai pesan moral dan kegaitan di jumat depan.


LAMPIRAN

 

Tugas 1

LEMBAR CERITAKU

 

 NAMA KELOMPOK:

Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik suda mampu untuk memahami materi tentang aksesoris adat lampung dan mengenal nama-nama dari aksesoris adat lampung. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan kontekstual P5 yang dilaksanakan di Aula SD Al Azhar Bandar Lampung





Rabu, 28 Agustus 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Rabu 28 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran        : Matematika dan Pendidikan Pancasila 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menentukan penjumlahan yang hasilnya 10 dengan benar

  2. Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.

    #.  Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menentukan penjumlahan yang hasilnya 10 dengan benar

  2. Peserta didik dapat mengenal aturan di lingkungan sekolah.
    #. Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah  belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta contoh-contoh pengamalam nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.Adakah yang bisa menjawab, berapa hasil dari 4+3? yaa benar angka 4 ditambah angka 3 adalah 7,

Nah, untuk hari ini kita akan belajar masih akan belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta mengenal aturan aturan yang ada di lingkungan rumah kita.  Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



#.  Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^



Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Apa itu Aturan?

  • Aturan adalah seperti perjanjian yang kita buat bersama.
  • Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.
  • Dengan mengikuti aturan, kita bisa belajar dan bermain dengan nyaman.

Mengapa Kita Harus Mengikuti Aturan?

  • Agar kita tidak mengganggu teman.
  • Agar kita bisa belajar dengan baik.
  • Agar kita merasa aman dan nyaman.
  • Agar kita menjadi anak yang baik.

Contoh Aturan di Sekolah:

  • Datang tepat waktu.
  • Memakai seragam yang bersih dan rapi.
  • Membawa peralatan sekolah yang lengkap.
  • Mendengarkan guru dengan baik.
  • Tidak boleh mengganggu teman.
  • Menjaga kebersihan kelas.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Berbaris dengan rapi.
  • Berdoa sebelum belajar.


#. Materi Matematika



Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok bilangan menjadi satu kelompok yang lebih besar. Hasil dari penggabungan ini disebut jumlah.

Perhatikan gambar berikut:

-          Ada berapa jari yang terbuka?

-          Ada berapa jari yang tertutup?

-          Jadi semuanya ada berapa?




AYO MENGAMATI!



Amatilah gambar di atas, lalu praktikan cara menghitungnya menggunakan jarimu!



AYO BERLATIH!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


1.      Isilah dengan bilangan yang benar!

 

2.      Tulis pasangan bilangan sehingga hasilnya 10!

 

 Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang aturan yang ada di lingkungan sekolah, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang dibantu karena belum lancar dalam membaca soal, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. Untuk materi operasi hitung pejumlahan Alhamdulillan peserta didik sudah memahaminya dan mengerjakan latihan soal dengan baik.






Selasa, 27 Agustus 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Selasa 27 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran        : Matematika dan Seni rupa

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10

  2. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber

  3. Mengenal dan mengeksplorasi bentuk geometris dan non geometris

    #.  Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dengan benar
  2. Peserta didik dapat memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. 
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik
    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentukyang digambarnya.

 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang hubungan jumlah bulu pada burung Garuda Pancasila dengan tanggal kemerdekaan Indoensia serta menulis kata yang di awali suku kata ha-, hi-, hu-, he-, dan ho. Nah, untuk hari ini kita akan mempelajari materi tentang operasi hitung penjumlahan serta melaksanakn (PH) Seni RupaOke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



#.  Materi Matemtika


Perhatikan gambar berikut!


Berapakah banyak bunga semuanya?
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
                        4 + 5 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.
2. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 3 tangkai bunga kuning
                       5 + 3 = 8, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 8 bunga.
3. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 4 tangkai bunga kuning
                       5 + 4 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.

AYO BERLATIH!

1.      Ada 4 mobil yang sudah parkir

Jika ada 3 mobil lagi yang datang

Manakah gambar yang sesuai dengan cerita di atas?


Materi Seni Rupa


GARIS MEMBUAT BENTUK




Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.

Contoh Bentuk Geometris Dasar:


AYO BERLATIH!!