Jumat, 27 September 2024

Selamat pagi tabik pun

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Jumat 27 September 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran        :Seni Rupa


 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP )

  1. Menggunakan unsur rupa garis dan bentuk geometris dalam karya 2 atau 3 dimensi

    #. Tujuan Pembelajaran (TP)
  1. Peserta didik dapat memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. 
  2. Peserta didik dapat membuat bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik
    #.  Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.



#. Penilaian Harian (PH) Seni Rupa




Kamis, 26 September 2024


            

Selamat pagi tabik pun

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Kamis 26 September 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran        :Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 )



      πŸ“Œ Tujuan Projek:


  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    πŸ“Œ Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.           Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati  keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang. 

πŸ“Œ Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kgeiatan membuat poster BHineka Tunggal Ika, Nah, untuk hari ini kita akan belajar membuat kolase mahkota siger dengan menggunakan kertas origami/kertas marmer. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



πŸ“Œ Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA


PERTEMUAN 9

 

Jenis Kegiatan                        : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan         :  Kamis, 26 September 2024

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                     : Merancang design mahkota siger dan kopiah emas dari kardus (2)

Peran Pendidik                      : Fasilitator dan Narasumber

 

Persiapan:

1.      Pendidik menyiapkan gambar mahkota siger dan kopiah emas

 

Pelaksanaan:

1.      Pendidik menampilkan gambar mahkota siger dan kopiah lampung


2.      Pendidik menampilkan cara membuat mahkota siger dari bahan kardus: 



3.      Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai cara membuat mahkota siger.

4.      Bersama Pendidik, peserta didik mencoba membuat design atau sketsa mahkota siger dan kopiah emas Lampung seperti yang ada pada video.

 


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 8

MEMBUAT SKETSA MAHKOTA SIGER DAN KOPIAH EMAS

 

Alat dan Bahan:

·        Kardus

·        Pensil

·        Penggaris

·        Spidol

·        Gunting

 

Langkah-Langkah:

1.     Peserta didik menyiapkan alat dan bahan

2.     Pendidik memberikan gambar contoh sketsa mahkota siger kepada peserta didik

3.     Peserta didik mulai membuat sketsa sesuai dengan contoh gambar dan video.

4.     Setelah menjadi sketsa mahkota siger dan kopiah emas, peserta didik menebalkan garis sketsa

5.     Peserta didik mengguting kardus mengikuti sketsa tersebut.

 

Hasil Percobaan:

Peserta didik akan membuat skestsa mahkota siger dan mahkota emas dengan tepat sesuai dengan gambar contoh yang diberikan. Peserta didik akan menggunting kardus sesuai dengan skestsa.


Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa anak-anak sudah mampu membuat sketsa atau pola mahkota siger dan mahkota emas di kardus, serta mampu melapisi kardus yang sudah berbentuk siger dengan kertas marmer emas. Kendala yang dihadapi yaitu pada saat menggunting dan merekatkan kertas marmer mengikuti pola sketsa, beberapa anak masih kesulitan dan memerlukan bantuan dari guru. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru membantu anak-anak dan memebrikan arahan agar anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik.








Rabu, 25 September 2024

Selamat pagi tabik pun

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Rabu 25 September 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran        : p.pancasila dan Matematika 


  Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Memahami contoh kesepakatan keals


    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat kesepakatan kelas

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang soal cerita penjumlahan dan membuat kesepakatan kelas bersama. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang konsep operasi hitung pengutangan yang hasilnya 1-10 serta hak dan kewajiban anak di rumah. Serta cara membuat kesepakata kelas Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



πŸ“Œ Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^


\


Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

Hak Anak di Rumah

Sebagai anak, kamu punya banyak hak, seperti:

  • Mendapat kasih sayang: Orang tua harus sayang sama kamu.
  • Diperlakukan dengan adil: Kamu dan saudara-saudaramu harus diperlakukan sama.
  • Mendapat makanan yang cukup: Kamu harus kenyang setiap hari.
  • Mendapat perhatian: Orang tua harus memperhatikanmu.
  • Dilindungi dan dijaga: Kamu harus merasa aman di rumah.
  • Belajar: Kamu berhak belajar dan bermain.

Kewajiban Anak di Rumah

Selain punya hak, kamu juga punya kewajiban, seperti:

  • Menghormati orang tua: Kamu harus sayang dan patuh pada orang tua.
  • Membantu pekerjaan rumah: Bantu ibu atau ayah membersihkan rumah.
  • Belajar dengan rajin: Kamu harus rajin belajar agar pintar.
  • Menjaga kebersihan diri: Mandi, sikat gigi, dan potong kuku.
  • Bermain dengan sopan: Jangan ganggu teman bermainmu.

Contoh kegiatan sehari-hari yang menunjukkan hak dan kewajiban:

  • Pagi hari: Bangun tidur, mandi, sarapan (hak untuk sehat), lalu membantu ibu menyiapkan meja makan (kewajiban).
  • Siang hari: Belajar dengan rajin (hak untuk pintar), kemudian bermain dengan adik (kewajiban menyayangi saudara).
  • Sore hari: Membantu ayah membersihkan halaman (kewajiban), lalu menonton televisi bersama keluarga (hak untuk bersenang-senang).
  • Malam hari: Tidur yang cukup (hak untuk sehat), setelah berdoa (kewajiban).

Mengapa kita harus tahu tentang hak dan kewajiban?

Dengan mengetahui hak dan kewajiban, kita bisa:

  • Hidup rukun: Kita bisa hidup bahagia bersama keluarga.
  • Menjadi anak yang baik: Kita akan disayang oleh orang tua dan teman-teman.
  • Berkembang dengan baik: Kita bisa belajar dan bermain dengan senang.

AYO BERLATIH!!




πŸ“ŒMateri Matematika


Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok benda atau lebih menjadi satu kelompok.
  • Tanda penjumlahan: (+) Contoh: 2 + 3 = 5 (Dua ditambah tiga sama dengan lima)
  • Cara menjumlahkan:
    • Menggunakan benda-benda di sekitar kita (misalnya, kelereng, pensil).
    • Menggunakan garis bilangan.
    • Menggunakan jari.

Pengurangan

  • Apa itu pengurangan? Pengurangan adalah cara untuk mengurangi jumlah benda dalam suatu kelompok.
  • Tanda pengurangan: (-) Contoh: 5 - 2 = 3 (Lima dikurangi dua sama dengan tiga)
  • Cara mengurangkan:
    • Menggunakan benda-benda di sekitar kita.
    • Menggunakan garis bilangan.
    • Menggunakan jari.

Kata-kata yang sering digunakan dalam penjumlahan dan pengurangan:

  • Penjumlahan: ditambah, jumlah, seluruhnya, gabungan.
  • Pengurangan: dikurangi, sisa, selisih.

Contoh Soal:

  • Penjumlahan:
    • Andi punya 3 buah apel, Budi punya 2 buah apel. Berapa jumlah apel mereka? (3 + 2 = 5 buah apel)
  • Pengurangan:
    • Ibu membeli 5 buah jeruk. Ayah makan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk? (5 - 2 = 3 buah jeruk)

AYO BERLATIH!!





⭕Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 



Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa anak anak sudah mampu memahami apa itu hak dan kewajiban serta menyebutkan contoh-contoh hak dan kewajiban anak di rumah. Serta sebagian peserta didik juga sudah mampu mengenal konsep pengurangan. namun masih terdapat beberapa anak yang memerlukan bantuan dalam memahami konsep pengurangan. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memebrikan penjelsan kembali tentang konsep pengurangan dan memberikan latihan kepada peserta didik yang bersangkutan.