Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 3
Kegiatanku
Subtema 4
Kegiatan Malam Hari
Matahari perlahan mulai tenggelam
Hari mulai gelap
Bintang dan bulan mulai terlihat
Pertanda malam telah dating
Malam hari keluarga berkumpul
Malam hari saat beristirahat
Malam hari adalah nikmat dari Tuhan
Kita bersyukur atas nikmat Tuhan itu
Hari/Tanggal: Senin, 30 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan
oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan malam hari
dengan tepat
2.
Dengan menceritakan kembali siswa dapat menunjukkan
kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.
3.
Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi
perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.
Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan perilaku
di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
5.
Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru
siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens,
mncakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
6.
Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi penggunaan bahan alam dalam membuat karya kerajinan.
7.
Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan
karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan alam (biji-bijian)
8.
Setelah merancang siswa mampu membuat karya
kerajinan biji-bijian berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
Materi Pembelajaran:
1.
Mendengar cerita guru dan menceritakan kembali
2.
Mendiskusikan kebiasaan-kebiasaan yang baik di
malam hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
3.
Mengenal dan merancang karya kerajinan dengan
menggunakan biji-bijian.
MATERI
Ayo Mengamati
Simaklah cerita berikut!
Malam hari
Matahari terbenam tanda
malam telah datang
Bulan dan bintang bersinar
terang
Kelelawar mulai terbang
Jangkrik pun bernyanyi
riang
Burung hantu keluar dari
sarang
Kelap-kelip cahaya si
kunang-kunang
Sambutlah malam dengan hati
senang
Kita dapat beristirahat
dengan tenang
Mata pun akan terpejam saat
kantuk datang
Malam adalah nikmat Tuhan
yang tak terbilang
Ayo Bernyanyi
Sambil menatap langit ayah
mengajak bela dan kak hadi bernyanyi mereka bernyanyi lagu bintang kecil
Ikuti keluarga bela bernyanyi bersama
Bintang
Kecil
Ciptaan
ibu sud
Bintang kecil di langit
yang tinggi
Amat banyak menghias
angkasa
Aku ingin terbang dan
menari
Jauh tinggi ke tempat kau
berada
Ayo Membaca
Ikuti guru membaca kalimat
berikut
Ucapkan dengan lafal dan
intonasi yang tepat
Malam Hari
Ma ta ha ri ter be nam ha ri mu lai ma lam
Ma ta ha ri ter be nam ha ri mu lai ma lam
Bulan dan Bintang
Di la ngit ter li hat bu lan dan bin tang
Di la ngit ter li hat bu lan dan bin tang
Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut
sehingga menjadi kalimat yang benar
Mulailah dengan kata yang
dicetak tebal
1.
Hari – malam
– sepi – suasana
2.
Bulan –
benda – langit – adalah
3.
di luar – suara
– rumah – jangkrik – terdengar
4.
menghidupkan – ayah
– lampu
5.
hari – malam
– waktu – istirahat
Ayo Mengamati
Pada malam hari banyak
kebiasaan baik yang bisa kita lakukan
Mengulang pelajaran dengan
tekun
Menyiapkan alat sekolah
untuk esok
Membersihkan badan dahulu
sebelum tidur
Tidak lupa menyikat gigi agar
gigi selalu sehat
Membersihkan sendiri tempat
tidur
Berdoa sebelum tidur
sebagai tanda syukur
Masih banyak lagi yang
lainnya
Kebiasaan baik harus
dilakukan sejak kecil
Kelak sangat berguna saat
kita dewasa
Orang tua pun akan senang
Menyenangkan orang tua
adalah perbuatan terpuji
Nah, ceritakan kepada temanmu apa kebiasaanmu di
malam hari!
Ayo Berkreasi
Agi memeriksa tugas membuat
kolase
Agi merapikan beberapa
bagian
Agi membuat kolase dari
biji bijian
Perhatikan cara agi membuat
tugasnya
Membuat Kolase
Alat dan bahan
1.
lem
2.
kacang hijau dan kacang kedelai
3.
gambar hewan
4.
karton tebal
Cara Membuat
1.
Tempelkan biji bijian pada kertas yang bergambar
hewan gunakan lem yang kuat
2.
Mulailah menempel biji bijian dari tepi gambar
3.
Perhatikan contoh hasil kolase berikut
Hari/Tanggal: Selasa, 01
Oktober 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan menyimak teks yang dibacakan guru siswa
mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan malam hari
2.
Melalui permainan menyusun kartu huruf siswa mampu
membentuk kosa kata yang berhubungan dengan malam hari dengan lafal dan ejaan
yang tepat.
3.
Dengan menyimak contoh yang diberikan guru siswa
mampu mengidentifikasi kalimat yang disusun dari kosa kata terkait kegiatan
malam hari.
4.
Melalui permainan menyusun kata siswa mampu membuat
kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan
benar.
Materi Pembelajaran: Menyusun kalimat yang
berhubungan dengan kegiatan malam hari
MATERI
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca cerita berikut
Menjaga Keamanan Rumah
Setiap senja ayah menutup jendela
Ayah juga memeriksa pintu pintu
Ayah mengunci pintu dan jendela
Kata ayah menjaga keamanan itu penting
Pintu dan jendela dikunci agar hewan malam
tidak masuk ke rumah
Juga pencuri tidak masuk ke rumah
Ayo
jawab!
Jawablah
pertanyaan berikut
1.
Apa yang dilakukan ayah setiap senja
2.
Kenapa pintu dan jendela dikunci pada malam hari
3.
Apakah pintu pagar juga harus dikunci
4.
Siapakah yang mengunci pintu jendela di rumahmu
5.
Pernakah kamu mengunci pintu atau jendela rumahmu
Ayo
Berlatih
Lengkapilah kalimat berikut
dengan kata yang tersedia
Bintang
keluarga malam hari mendengarkan makan
1.
Keluarga bela bercakap cakap di ruang
..........................
2.
Ayah bercerita tentang bulan dan
................................
3.
Bela dan kak Hadi .................................
cerita ayah
4.
Mereka ............................. malam bersama
sama
5.
Semua anggota keluarga bela berkumpul pada
.....................
Ayo
Mendengarkan
Bela bertanya pada ayah
Ayah menjawab pertanyaan
bela
Simaklah
percakapan bela dan ayah
Bela : kenapa bela bersekolah tidak malam hari saja ayah
Ayah : malam hari waktu istirahat
jadi bela tidak ke sekolah
Bela : kenapa kita harus istirahat
ayah
Ayah : tubuh kita telah digunakan
semenjak pagi, tubuh butuh istirahat
Bela : terimakasih ayah atas
penjelasannya
Ayah : sama sama bela
Ayo
Lakukan
Peragakanlah
percakapan di atas dengan teman sebangkumu!
Ayo Berlatih
Malam ini ayah ibu edo
sedang asik membaca
Ayah membaca koran
Ibu membaca majalah
Biasanya saat seperti ini
Edo sedang belajar
Malam ini edo tidak seperti
biasanya
Dia sedang asyik latihan
memantulkan bola
Bola adalah salah satu alat
untuk melakukan gerakan memantulkan
Perhatikan cara-cara
memantulkan bola berikut ini!
Setelah latihan memantulkan bola
edo belajar membuat kalimat
Kalimat itu berhubungan
dengan kegiatan malam hari
Edo membuat kalimat dari
kata-kata berikut ini
1.
Malam
........................................................................................
2.
Bulan
........................................................................................
3.
Bintang
.........................................................................................
4.
Gelap
.........................................................................................
5.
Terbenam
.........................................................................................
6.
Terpejam
.........................................................................................
Hari/Tanggal: Rabu, 02
Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu
mengidentifikasi kaya-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan
tepat.
2.
Setelah mengidentifikasi siswa mampu mengucapkan
kata-kata tersebut dengan benar.
3.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu
mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan
tepat.
4.
Setelah mengidentifikasi kalimat siswa mampu
menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan kegiatan
malam hari.
5.
Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa
mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari yang sesuai
dengan aturan di rumah.
6.
Dengan menyampaikan pendapat berdasarkan
gambar/situasi yang diamati siswa mampu menunjukkan kebiasaan baik yang sesuai
dengan aturan di rumah dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
1.
Membaca pemahaman tentang kegiatan malam hari yang
sesuai dengan aturan di rumah
2.
Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang
tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan
MATERI
Ayo
Membaca
Bacalah
cerita berikut ini dengan nyaring!
Siti
Rajin Belajar
Setelah Shalat Magrib Siti
membaca Al-Quran
Ayah menyimak bacaan Siti
Ibu pun mendengarkan dari
ruang tamu
Siti anak yang taat
beribadah
Setelah mengaji Siti
membuka buku pelajaran
Siti mengerjakan tugas
matematika dari Bu Guru
Siti belajar dengan tekun
Agar kelak menjadi orang
yang berguna
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai isi cerita!
1.
Apa yang dilakukan Siti setelah solat Magrib?
2.
Di mana ibu mendengarkan Siti mengaji?
3.
Apa yang dilakukan Siti setelah mengaji?
4.
Mengapa Siti rajin belajar?
5.
Apa judul cerita di atas?
Lengkapilah
kalimat berikut dengan kata yang tepat!
a. Tekun b.
Bersinar c. Mengulang d. Malam e. Beribadah
1.Matahari terbenam hari
mulai...................
2.Bintang nampak
............. di malam hari
3.Siti anak yang taat
....................................
4.Setiap malam Siti
......................... pelajaran
5.Siti belajar dengan
......................................
Ayo
Berlatih
Siti sedang menyiapkan
buku-buku untuk esok hari
Siti menghitung bukunya
Di tas ada 4 buku
Di rak buku ada 7 buku
Jadi berapa ya banyak buku
Siti seluruhnya?
Ayo, coba kita hitung
bersama!
Banyak buku seluruhnya
adalah...............
4 buku + 7 buku = 11 buku
Siti juga menghitung pensil warnanya
Di tangan siti ada 4. Di kotak pensil ada 8
Jika dijumlahkan
4 pensil + 8 pensil = 12
pensil
Nah, sekarang bantu siti
menyelesaikan soal berikut ini
1.
Di piring ada 6 potong pisang goreng. Lalu obu siti
meletakkan 6 potong pisang goreng lagi di piring itu. Berapa banyak pisang
goreng di piring sekarang?
..........
+ ........... = ............
2.
Di rak piring ibu ada 12 gelas. Lalu ibu memasukkan
lagi 6 gelas yang baru dicuci. Berapakah banyak gelas di rak piring ibu
sekarang?
.........
+ ........... = .............
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
permainan catur kata siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari
kosa kata yang terkait dengan malam hari
2.
Melalui
permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata
tentang kegiatan malam hari.
3.
Dengan
memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi
penggunaan bahan alam berupa biji-bijian dalam membuat karya kerajinan.
4.
Dengan
memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya
kerajinan dengan bahan biji-bijian.
5.
Dengan
arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan alam
berupa biji-bijian.
6.
Setelah
merancang siswa mampu membuat karya kerajinan yang menggunakan bahan alam
berupa biji-bijian
Materi Pembelajaran:
1.
Membuat
kalimat dari kosa kata yang terkait kegiatan malam hari
2.
Membuat
karya kerajinan dari biji-bijian
MATERI
Ayo Membaca
Malam ini malam minggu
Beni boleh bermain di luar
rumah karena besok sekolah libur
Beni bermain bersama
teman-teman
Mereka bermain di halaman
rumah Beni
Mereka berlomba memantulkan
bola
Bola dipantulkan dari garis
awal ke garis akhir
Bola tidak boleh terlepas
atau jatuh
Yang paling cepat sampai
dialah pemenangnya
Ayo, bermain bersama
mereka!
Ayo
Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks
berikut
Listrik
Pada malam hari langit
gelap
Setiap rumah membutuhkan
listrik
Listrik untuk penerangan
Listrik itu mahal
Kita harus hemat memakai
listrik
Jangan gunakan listrik
kalau tidak perlu
Ayo
Lakukan
Ayo kita bermain permainan kartu
Sebelumnya kita buat
beberapa buah kartu
Membuat kartu
permainan
Alat
dan bahan
Karto manila putih
Gunting
Pensil
Penggaris
Cara
membuat
1.
Buat 12 buah kartu dari karton
2.
Tulis masing masing kartu dengan kata berikut
Malam,
gelap, bulan
Langit,
terbenam, mengantuk
Matahari,
kelap kelip, bintang
Sabit,
tidur, hari
Cara
bermain
1.
Mainkan permainan ini bersama seorang teman
2.
Balik semua kartu hingga tertutup
3.
Acak kartu pada meja
4.
Setiap pemain mengambil tiga kartu
5.
Buka kartu, amati kata kata pada kartu
6.
Susun dua kartu menjadi kata yang memiliki arti
Contoh:
malam hari
7.
Pemain yang dapat menyusun 2 kata mendapat nilai 1
8.
Semua kartu diacak kembali
9.
Pilih kembali 3 kartu
10.
Lakukan seperti langkah sebelumnya
11.
Pemain yang mengumpulkan nilai terbanyak adalah
pemenang
Ayo Berkreasi
Agi memeriksa tugas membuat kolase
Agi merapikan beberapa bagian
Agi membuat kolase dari biji bijian
Perhatikan cara agi membuat tugasnya
Membuat Kolase
Alat dan bahan
1. lem
2. kacang hijau dan kacang kedelai
3. gambar hewan
4. karton tebal
Cara Membuat
1. Tempelkan biji bijian pada kertas yang bergambar hewan gunakan lem yang kuat
2. Mulailah menempel biji bijian dari tepi gambar
3. Perhatikan contoh hasil kolase berikut
Hari/Tanggal: Kamis, 03
Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui
penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata
yang berhubungan dengan malam hari.
2.
Setelah
mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang
berhubungan dengan malam hari.
Materi Pembelajaran:
1.
Mengenal konsep pengurangan dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Membuat
cerita berdasarkan urutan gambar
MATERI
Ayo Mengamati
Bacalah cerita berikut
Kebiasaan
sebelum tidur
Hari semakin malam
Bela mulai mengantuk
Sebelum tidur bela
menggosok gigi
Sisa makanan akan terbawa
Sewaktu menyikat gigi
Sisi makanan tempat kuman
hidup
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Apakah bela menggosok gigi sebelum tidur
2.
Apakah kebiasaan yang dilakukan bela adalah
kebiasaan baik
3.
Apa yang terjadi jika tidak menggosok gigi sebelum tidur
4.
Aoa yang hidup pada sisa sisa makanan
5.
Apa saja yang kamu lakukan sebelum tidur
Ayo Berlatih
Lani dan papanya sedang
menonton televisi
Mama datang membawa biskuit
dan teh manis
Lani menghitung ada 15
biskuit di piring
Papa memakan 3 biskuit
Lani menghitung biskuit
yang belum dimakan
Ditulis sebagai berikut 15
– 3 = 12
Jadi sekarang banyak
biskuit tinggal 12
Kemudian lani makan 4
biskuit
Lani menghitung kembali
biskut yang masih ada
Jadi banyak biskuit
sekarang tinggal 8
Kemudian ibu membagikan 8
biskuit itu kepada 8 teman lani. Sisa biskuit adalah............
8 – 8 = 0
Hari/Tanggal: Jumat, 04 Oktober 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui
arahan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata
terkait kegiatan malam hari dengan tepat
2.
Dengan
membuat narasi siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kosa kata-kosa
kata terkait kegiatan malam hari menjadi suatu cerita narasi.
3.
Dengan
bermain peran siswa mampu mengidentifikasi kegiatan malam hari yang sesuai
aturan di rumah
4.
Dengan
bermain peran siswa mampu menunjukkan kebiasaan di malam hari yang sesuai
dengan aturan di rumah
Materi Pembelajaran:
1.
Melakukan
bermain peran yang menggambarkan kebiasaan yang baik di malam hari.
2.
Menulis
cerita pengalaman terkait kegiatan di malam hari.
MATERI
Ayo
Bermain Peran
Bacalah dialog berikut ini!
Lalu mainkan peran seperti
pada dialog tersebut!
Guru : Anak-anak, siapa yng
sebelum tidur sikat gigi?
Udin : Saya bu!
Edo : Saya juga, Bu guru!
Guru : Wah, pintar sekali.
Mengapa kita harus sikat gigi sebelum tidur?
Dayu : Supaya giginya tidak sakit
Bu.
Siti : Iya, bu. Supaya
giginya tidak rusak.
Guru : Benar sekali, anak-anak.
Sekarang Ibu guru mau tanya. Siapa yang
berdoa sebelum tidur?
Semua : Sayaaaa..........!
Guru : Bagus sekali. Kita harus
melakukan kebiasaan baik di rumah. Itu tandanya anak tertib.
Semua : Baik, Bu Guru!
Ayo Mendengarkan
Dengarkan dongeng yang dibacakan guru
Kucing yang kikir
Seekor kucing sedang makan di pinggir sungai
Datang seekor bebek menghampiri kucing
Bebek sangat lapar, bebek meminta sedikit makanan
Namun kucing tidak mau membagi makanan dengan bebek
Bebek tetap memohon kepada kucing
Kucing marah lalu mengusir bebek
Bebek lari ketakutan
Bebek berlari meyebrangi jembatan
Kucing jatuh tergelincir ke sungai
Itulah akhir bagi kucing yang kikir
Ceritakan kembali isi dongeng di atas,
Gunakan kata katamu sendiri
Ayo Berlatih
Selesaikan soal berikut
1.
Ibu
membeli 10 sendok, saat membeli mie ibu mendapat hadiah 2 sendok.
Berapa jumlah sendok sekarang?
....... + ....... = .......
2.
Ada 4
mangkuk di rumah, ayah membeli lagi 11 mangkuk.
Berapa jumlah mangkuk sekarang?
......... + ....... = .........
3.
Ibu
membawa 17 piring untuk disimpan di rak piring, piring itu pecah 4 buah.
Berapa sisa piring yang tidak pecah?
........ - ........ = .........
4.
Ibu
mempunyai 17 gelas, di meja makan ada 4 gelas kotor.
Berapa jumlah gelas yang bersih?
........ - ......... = ........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar