Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 1 Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
·
Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi
bentuk dan memeragakan pola irama sederhana dengan benar.
·
Setelah mengamati, siswa dapat
membuat pola irama sederhana dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar,
siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·
Setelah kegiatan
membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan
tepat.
·
Setelah bermain mencari pasangan
nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000
sampai dengan 10.000 dengan benar.
·
Setelah mengamati contoh, siswa
dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang
(sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
Materi Pembelajaran:
·
Menyanyi lagu yang
memiliki pola irama sederhana dan membaca pola irama
·
Membaca dan menjawab pertanyaan
sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi dan menulis ciri-ciri
makhluk hidup.
·
Menulis nama, lambang dan
mengurutkan bilangan.
Makhluk Hidup di Sekitar
Kita
Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita.
Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan
ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita
syukuri. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar
makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas,
berkembang biak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsang. Mari kita pelajari
lebih lanjut makhluk hidup di sekitar kita.
AYO BERNYANYI
Bagian mana dari lagu di
atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup?
Perhatikan kembali syair
lagu “Cicak di Dinding”.
Berdasarkan syair lagu
tersebut cicak memiliki ciri-ciri dapat bergerak dengan cara merayap di dinding
dan memerlukan makanan.
Makanan cicak adalah
nyamuk.
Bagaimana perasaanmu
setelah menyanyikan lagu tersebut?
Lagu “Cicak di Dinding”
mudah untuk diikuti, bukan?
Perhatikan kembali tanda
dan pada lagu “Cicak di Dinding”.
Tunjukkan baris lagu yang
memiliki pola yang sama.
Tunjukkan pula bagian
lagu yang memiliki pola yang berbeda.
AYO MENGAMATI
Ikan juga makhluk hidup.
Ikan memiliki beberapa ciri yang sama dengan cicak.
Tuliskanciri-ciri ikan sebagai
makhluk hidup yang kamu ketahui.
Media/alat
peraga:
Teks lagu
Cicak dan Video lagu Cicak di dinding
Buku Tema 1
Gambar
pertumbuhan makhluk hidup
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Penilaian
Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis
a. Membuat pola irama menggunakan simbol bunyi
panjang dan pendek.
Skor maksimal 100.
Skor setiap baris 25.
Nilai = Banyaknya pola/baris × 25
Jawaban dapat beragam sesuai imajinasi
siswa.
Kunci jawaban/contoh pola
Latihan soal
1.
1.000, 2.000,
. . . . ., 4.000
a. 3.000 b.
5.000
2.
1.000, 1.500,
. . . ., 2.500
a.
2.000 b. 3.000
3.
Makhluk
hidup adalah manusia, hewan dan . . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar