Hari/Tanggal : Rabu 22 September 2021
Kelas : 3D
Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D..
Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar
Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini ! 👇
https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9
Tema 3 : Benda Disekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 4
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi
informasi tentang benda yang terbuat dari plastik dengan benar.
2.
Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan
sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan
dengan tepat.
3.
Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas,
siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat
4.
Dengan proses pengamatan, siswa dapat
mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet
dengan tepat.
5.
Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa
dapat mengenal konvensi satuan panjang.
Ayo Membaca
Kalian sudah mengetahui bermacam – macam benda yang terbuat dari kertas
dan kayu, namun tidak semua benda terbuat dari kertas dan kayu. Ada juga benda
yang terbuat dari plastik, mari kita pelajari bersama – sama.
Plastik: Solusi dan Masalah
Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kema san dan botol air minum juga terbuat dari plastik.
Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.
Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus
dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban,
balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet?
Diskusikan bersama orang tua mu
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda.
Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dansekolahmu!
Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah!
Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium
dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan
tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah
tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya
mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai
kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat
penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam)
adalah bahan yang dapat digunakan untuk
membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak
digunakan untuk membuat penggaris?
Coba perhatikan satuan yang tertera pada
penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu
satuan panjang.
Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan
milimeter (mm)
Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:
1. Tuliskan benda – benda yang terbuat dari plastik!
2. Untuk mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu: reduce, reuse, dan recycle. Recycle berarti . . .
3. Saat kamu bermusya warah bersama anggota keluargamu tentang cara mengurangi sampah pelastik di lingkungan rumahmu.bagaimana jika hasi musyawarah itu tidak sesuai dengan pendapatmu?
4. Tuliskan sifat bahan benda dari kaca!
5. 6 m = . . . cm
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar