Selamat pagi tabik pun
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI👇
Hari /Tanggal : Rabu 6 September 2023
Kelas : 1c
Mata Pelajaran :BAHASA INDONESIA ,MATEMATIKA DAN SENI MUSIK
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Mengenali abjad
- Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
- Mendeskripsikan benda di sekitar
- Lambang bilangan 1 sampai 10
- Membandingkan bilangan
- Urutan Bilangan
- Bilangan untuk menunjukkan posisi
- Mengurai dan menyusun bilangan
- Bernyanyi lagu daerah
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Peserta didik dapat mendeskripsikan benda di sekitar
- Peserta didik dapat menulis kalimat menggunakan huruf tegak bersambung
- Peserta didik dapat dapat menentukan banyak benda dari sekumpulan benda dengan cermat
- Peserta didik dapat membaca dan menulis lambang bilangan dengan tepat
- Peserta didik dapat menentukan banyak benda dari sekumpulan benda dengan cermat
- Peserta didik dapat membandingkan dua bilangan dengan cermat
- Peserta didik dapat mengurutkan bilangan dengan tepat
- Peserta didik dapat menentukan posisi urutan benda dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan bilangan sebelum, sesudah, dan diantara dengan tepat
- Peserta didik dapat menunjukkan keterlibatan aktif dengan cara menyanyi sendiri maupun bersama-sama
Capaian Pembelajaran (CP):
- Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
- Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
- Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
- Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
- Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan
- kegunaan musik yang dimainkan.
BAHASA INDONESIA
Dengarkan deskripsi benda yang dibacakanSebutkan nama benda tersebutAku berbentuk segiempatAku terbuat dari kertas atau plastikAku dimainkan menggunakan tenaga anginAku adalah . . .Aku adalah benda bulatAku berisi udaraAku digunakan untuk bermain dan berolahragaAku adalah . . .Ayo berlatih mendeskripsikan benda di sekitarPerhatikan dulu contoh berikut!Benda ini disebut sepedaSepeda terbuat dari logamSepeda memiliki dua rodaSepeda ini berwarna merahKita bisa mengendarainyaSepeda bergerak saat pedal dikayuhCoba deskripsikan benda dibawah ini!MATEMATIKA
PENJUMLAHAN BILANGAN SAMPAI 10
Ada 4 anak bermain lompat tali.
Datang lagi 2 anak untuk ikut bermain.Sekarang ada 6 anak yang bermain.
Mereka bermain bergantian.
SENI MUSIK
Lagu Daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide penciptaan berdasarkan atas budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Didalam lagu tersebut terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat serta suasana/keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat.
Yuk, dengarkan melalui link video dibawah ini !
Dengarkan sambil nyanyikan ya 😊
Lirik Lagu Kicir-KicirKicir kicir ini lagunyaLagu lama ya tuan dari JakartaSaya menyanyi ya tuan memang sengajaUntuk menghibur menghibur hati nan dukaBurung dara burung merpatiTerbang cepat ya tuan tiada taraBilalah kita ya tuan suka menyanyiBadanlah sehat ya tuan hati gembiraBuah mangga enak rasanyaSi manalagi ya tuan paling ternamaSiapa saya ya tuan rajin bekerjaPasti menjadi menjadi warga bergunaLagu “Kicir-Kicir” adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari Betawi. Lagu daerah ini sendiri sangat populer dan banyak dinyanyikan oleh anak-anak, maupun orang dewasa.Lagu ini jadi populer karena liriknya yang berima a-b-a-b, dan menggambarkan masyarakat Betawi zaman dulu yang sangat gemar berpantun. Dimana tradisi berbalas pantun disebut diadaptasi dari budaya Melayu dan China.Selain mudah diingat, lagu ini juga sangat menghibur, selain itu, lagu “Kicir-Kicir” ini juga memiliki makna yang baik buat kita semua, nih.Makna Lagu “Kicir-Kicir” ini memberi nasihat sekaligus menyemangati dan mengingatkan pendengarnya untuk berbahagia dalam menjalani kehidupan meski nggak selalu mudah.Lagu ini juga berpesan agar seseorang rajin bekerja sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dua pesan utama dari lagu ini adalah ‘hidup bahagia dan berguna’, lagu ini bisa jadi penghibur buat kamu yang sedang bersedih.Lagu ini sendiri awalnya tercipta dan dinyanyikan oleh para masyarakat Betawi zaman dulu sebagai pengingat agar tidak bersedih dan tetap bekerja keras.Kesimpulannya,Alhamdulillah peserta didik dapat menyanyikan lagu "Kicir-kicir" secara aktif selain itu peserta didik mengetahui lagu “Kicir-Kicir” ini memiliki makna bahwa kita harus senantiasa bersenang hati dan melihat sisi positif, serta hidup bahagia di dunia ini apa pun yang terjadi.Latihan SoalJawablah sesuai isi lagu Kicir-kicir!- Dari daerah mana lagu "Kicir-kicir" berasal?
- Bahasa apa yang digunakan dalam lagu?
- Bagaimana perasaan saat menyanyikan lagu tersebut?
- Apa nasihat yang terdapat pada isi lagu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar