Kamis, 22 Mei 2025

 

Selamat pagi tabik pun


Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini ? semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—

MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal             : Jumat 23  Mei 2025

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran.            : Seni Rupa

Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

  1. peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.

πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Mengenal bentuk buatan manusia

πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang mencampur warna ya. Hari ini kita akan melanjutkan materi mengenai Warna.



πŸ“ŒMateri Seni Rupa



  • Pencampuran warna adalah salah satu konsep dasar dalam seni dan sains yang dapat diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Memahami bagaimana warna-warna dasar dapat dicampurkan untuk menciptakan warna baru tidak hanya membantu anak-anak dalam kegiatan seni tetapi juga mengembangkan keterampilan kognitif mereka.

    1. Mengenal Warna Dasar

    Warna dasar adalah warna-warna utama yang tidak dapat diperoleh dengan mencampurkan warna lain. Ada tiga warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Warna dasar tersebut merupakan fondasi untuk menciptakan berbagai warna lain. Dengan memahami warna dasar, anak-anak dapat lebih mudah menguasai teknik pencampuran warna.

    2. Proses Pencampuran Warna Dasar

    Pencampuran warna dasar untuk menciptakan warna campuran adalah aktivitas yang menarik dan edukatif. Berikut adalah beberapa contoh pencampuran warna dasar untuk menghasilkan warna baru:

    • Merah + Kuning = Oranye: Campuran merah dan kuning menghasilkan warna oranye. Ini karena oranye adalah warna sekunder yang dihasilkan dari pencampuran dua warna dasar.
    • Biru + Kuning = Hijau: Campuran biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Warna hijau juga merupakan warna sekunder yang muncul dari pencampuran dua warna dasar.
    • Merah + Biru = Ungu: Ketika merah dicampurkan dengan biru, warna yang dihasilkan adalah ungu. Ungu adalah warna sekunder lainnya yang diperoleh dari pencampuran dua warna dasar.


    Latihan Soal!

    1. Warna primer terdiri dari: …, …, dan …
    2. Warna hijau berasal dari campuran warna … dan …
    3. Campuran warna merah dan kuning akan menjadi warna …
    4. Ungu adalah warna … (primer/sekunder)
    5. Warna kuning termasuk warna … (primer/sekunder)

    (Kerjakan dibuku tulis Seni Rupa ya nak)
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar