Minggu, 27 April 2025

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini ? semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal             : Senin 28  April 2025

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran.            : Bahasa Indonesia dan

                                            Pendidikan Pancasila

C
CCapaian Pembelajaran (CP)
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

  πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP)
  1. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
  2. Peserta didik dapat menuliskan kata – kata sederhana tentang arah dan letak

πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Memahami  kata – kata sederhana tentang arah dan letak
  2. Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.

πŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: Konstekstual, Diskusi kelompok
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar, LKPD
 

πŸ“Œ  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat serta kita juga sudah mempelajari cara untuk mengetahui afah dan letak. NAh pada pembelajaran hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 4 pelajaran pendidikan pancasila dan bahasa Indonesia. Oke mari kita kerjakan soal sumatif di bawah ini dengan baik dan mandiri yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^



πŸ“Œ Materi Pendidikan Pancasila





πŸ“Œ Materi Bahasa Indonesia



   


πŸ“ŒREFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Kamis, 24 April 2025


 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini ? semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal             : Jumat 25  April 2025

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran.            : Seni rupa 

# Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran dan buku cetak

 #.  Capaian Pembelajaran (CP):



Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.


#. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Mengenal bentuk natural (daun)



    #.  Tujuan Pembelajaran (TP):

- Peserta didik mengidentifikasi karya seni dari bentuk natural daun.


#. Aperspsi

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah belajar manfaat gotong royong. Nah, pada hari ini kita akan melanjutkan kembali belajar Seni Rupa yaitu bentuk natural daun.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini



πŸ“ŒMateri Seni Rupa
Bentuk daun tanaman berbeda-beda. Semua bentuk daun tampak indah. Disekitar kita banyak tanaman. Ada tanaman hias, tanaman buah dan tanaman sayur. 

Bentuk daun termasuk bentuk natural. 
Bentuk daun memiliki nilai keindahan. Keindahan bentuk daun dapat dibuat karya seni.
Latihan!

Rabu, 23 April 2025


  

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini ? semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah yaπŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal          Kamis 24 April 2025

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran.            : Project Penguatan  profil Pelajaran Pancasila ( P5 )

 TUJUAN 

Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:

  1. Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
  2. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
  3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal

πŸ“Œ  ALUR

1.    Tahap pengenalan

Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.

2.      Tahap Kontekstual

Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

3.      Tahap Aksi

Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.

4.      Tahap Evaluasi dan Refleksi

     Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

 TARGET

Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.

πŸ“Œ Metode Pembelajaran:

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
  •        Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama

πŸ“Œ  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



πŸ“Œ Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 10

 

Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan      : Kamis, 10 April 2025

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                      : Berlatih menyanyikan lagu seminung dan cangget agung, berlatih drama dengan naskah

Peran Pendidik                        : Fasilitator dan Narasumber

AKTIVITAS 1

(Kelompok lagu daerah Lampung)

 

Alat dan bahan            : video lirik lagu cangget agung dan seminung

Tujuan                         : Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya

  dan kearifan lokal Lampung

 

Pelaksanaan:

1.      Pendidik memulai projek dengan membuat kelompok menjadi 2 yaitu kelompok lagu seminung, dan kelompok lagu cangget agung

2.      Pendidk mengajak peserta didik untuk bernyanyi Bersama

Video lagu seminung: https://youtu.be/Ma_ZNEyoJcI?si=FLWg3yAGqdu-Q4ud

3.      Pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait kegiatan p5 khususnya terkait lagu daerah

4.      Pendidik mengajak peserta didik untuk bertlatih menyanyikan lagu cangget agung Bersama

Video lagu cangget agung: https://youtu.be/ClsfrygufFc?si=MdIAhnSud-AfrdAY

5.      Peserta didik mengerjakan latihan yang telah disiapkan oleh pendidik

 

Refleksi oleh pendidik

Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

1.      Kendala apa yang dihadapi ketika berlatih?

2.      Apakah lirik lagu sulit untuk dipelajari?

3.      Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


AKTIVITAS 2

(Kelompok drama dan properti)

 

Pelaksanaan :

1.      Peserta didik diminta untuk memperhatikan video tentang cerita rakyat Lampung yaitu Asal Usul Provinsi Lampung

Video asal usul provinsi Lampung: https://youtu.be/qPg2L8nTqQ8?si=JfzT9r47YHbPMX9O

2.      Pendidik meminta beberapa peserta didik untuk berlatih dialog dan ekspresi mengikuti tokoh di cerita asal usul Lampung

3.      Setelah berlatih drama, pendidik menentukan peran yang akan dibawakan oleh peserta didik

4.      Peserta didik berlatih drama sesuai dengan perannya (naskah drama terlampir)

5.      Pendidik melakukan evaluasi terkait hasil latihan dan memberikan masukan untuk latihan di pertemuan selanjutnya.

 

Persiapan drama:


·         Tokoh:

-          1: Ompung Silampongah

-          2: Ompung Silitongah

-          3: Ompung Silaitoah

-          4: Ompung Sintalangah

-          5: Kepala Desa

-          6.7.8: warga desa (memasak + memanen sayur)

-          9.10.11: warga desa (berbincang +beternak)

-          12,13,14: Warga Desa (bangun rumah +memancing ikan)

-          15: Narator


·         Properti:

-          Gunung berapi: 1

-          Bukit:3

-          Awan:3

-          Pepohon: 4

-          Gelombang laut:2

-          Rakit:2

-          Dayung:3

-          Tongkat: 1

-          Rumah:3

-          Matahari: 1

-          Hiasan bunga-bunga

-          Peta provinsi Lampung

 Refleksi oleh pendidik

Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

1.      Kendala apa yang dihadapi ketika berlatih drama dan lagu daerah?

2.      Apakah lirik lagu sulit untuk dipelajari?

3.      Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?

 

 

RUBRIK PENILAIAN AKTIVITAS 2:

 

No

Nama Siswa

Peserta didik sepenuhnya mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan lancar

Peserta didik sudah mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan lancar

Peserta didik cukup mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan lancar

Peserta didik belum mampu menghafal dan menyanyikan lagu daerah dengan baik dan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SB

B

C

PB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB (Perlu Bimbingan), C (Cukup), B (Baik), SB (Sangat Baik

Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran

 Berdasarkan pembelajaran hari ini Alhamdulillah peserta didik sudah sapat berlatih drama lebih baik sesuai dengan karakter dan narasinya masing-asing, serta untuk kelompok lagu daerah juga sudah berlatih dengan baik dan percaya diri.


Tidak ada komentar: