Mata Pelajaran. : Matematika dan Seni Rupa
Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
#. Capaian Pembelajaran (CP):
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
#. Tujuan Pembelajaran (TP):
- Peserta didik dapat menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret dengan cermat
- Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.
#. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret
- Mengenal bentuk buatan manusia
Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang waktu dan bentuk dari kota bangunan. Nah, pada hari ini kita akan mempelajari tentang nilai tempat dan bentuk natural.
Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^
#. Materi Matematika
M
- Menunjukkan bahwa suatu kelompok benda memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan kelompok benda lainnya.
- Contoh: Jika ada 5 apel dan 3 jeruk, maka apel "lebih dari" jeruk.
- Menunjukkan bahwa suatu kelompok benda memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan kelompok benda lainnya.
- Contoh: Jika ada 3 jeruk dan 5 apel, maka jeruk "kurang dari" apel.
- Menunjukkan perbedaan jumlah antara dua kelompok benda.
- Cara mencari selisih: Kurangkan jumlah benda yang lebih banyak dengan jumlah benda yang lebih sedikit.
- Contoh: Jika ada 5 apel dan 3 jeruk, selisihnya adalah 5 - 3 = 2.
📌Materi Seni Rupa
Model bentuk Bangunan
- Bangunan memiliki berbagai bentuk dan ukuran, seperti rumah, sekolah, gedung, atau tempat ibadah.
- Setiap bangunan memiliki ciri khas dan fungsi yang berbeda.
- Bangunan seringkali tersusun dari bentuk-bentuk geometri dasar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, kubus, balok, limas, kerucut dan tabung.
- Memahami bentuk-bentuk dasar ini membantu siswa mengenali struktur bangunan.
- Model bangunan adalah representasi tiga dimensi dari sebuah bangunan.
- Model dapat dibuat dari berbagai bahan sederhana seperti kardus, kertas, plastisin, atau bahan daur ulang.
Ayo Berlatih!
#. REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini, Alhamdulillah peserta didik sudah mengenal konsep lebih dari, kurang dari, dan selisih, hanya saja dalam penulisan tanda atau lanbang lebih dari dan kurang dari peserta didik masih suka terbalik, dan membutuhkan lebih banyak latihan agar mampu mengingat lambangnya. serta untuk pelajaran tentang bentuk dan model bangunan, Alhamdulillah peserta didik sudah mampu mengenal dan menyebutkan berbagai macam bentuk bangun dan fungsinya dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar