Kelas : 1.B Guru : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd Mapel : PAI dan Bahasa Indonesia
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai SAS Semester Ganjil semoga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin, sebelumnya jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu yaa...
Jadwal SAS SENIN : Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Indonesia
Berikut Kisi-kisi Bahasa Indonesia:
1. Menyebutkan 5 Panca indra ( memahami fungsi mata, telinga, hidung, lidah dan kulit)
2. Menyebutkan dan melengkapi Huruf vokal & konsonan
3. Melengkapi Suku kata dari; ha,hi,hu,he,ho , Ca, ci, cu, ce, co , Ka, ki, ku,ke, ko
4. Memahami danmenentukan cara hewan bergerak dengan benar. ( Contoh; burung bergerak dengan cara terbang, kelinci dengan cara terbang dll)
5. Memahami dan menentukan huruf kapital dengan benar, (penggunaan huruf kapital pada nama, awal kalimat dll)
6. Menemukan informasi dalam teks bacaan terkait merawat anggota tubuh agar tetep sehat, bugar bebas dari kuman dan penyakit.
7. Menentukan contoh kegiatan yang disajikan dalam bentuk gambar pada teks cerita (contohnya kegiatan membantu orang tua, dll)
8. Memahami isi cerita dari teks bacaan yang disajikan (menentukan tokoh pada cerita)
9. Memahami arti Tanda baca tanya & tanda seru
10. Membedakan kalimat tanya dan kalimat seru
Contoh soal !
1. Kucing bergerak dengan cara…
a. Terbang b. Berjalan dan berlari c. Melompat dengan dua kaki
2. Ikan dapat bergerak dengan cara… a. Berenang b. Terbang di udara c. Merangkak
3. Bagian tubuh yang digunakan untuk mencium bau adalah …
a. mulut
b. hidung
c. kaki
4. Kita menggunakan tangan untuk …
a. berlari
b. menggambar
c. melihat
Bacalah cerita berikut!
“Di taman sekolah, Beni dan Sisi sedang menyiram bunga. Mereka bekerja sama agar bunga tetap tumbuh subur. Bu Guru tersenyum melihat mereka rajin merawat tanaman.”
5. Siapa saja tokoh pada cerita di atas?
a. Beni, Sisi, dan Bu Guru b. Beni, Sisi, dan kucing c. Sisi, Bu Guru, dan Ayah
6. Tokoh yang menyiram bunga adalah … a. Bu Guru b. Beni dan Sisi c. Beni dan Ayah
7. Siapa yang tersenyum melihat Beni dan Sisi? a. Ibu b. Bu Guru c. Beni
(Kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana)
📌 Capaian Pembelajaran (CP): Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 AlurTujuan Pembelajaran (ATP): Murid dapat mengenali unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.
📌Tujuan Pembelajaran (TP): Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran mengulang materi pancasila. Nah pada pertemuan kali ini ulang kembali materi memahami garis melalui bentuk karena sebentar lagi akan Sumatif Akhir Semester. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!
Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.
Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat:
Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.
📌 AlurTujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat dapat menyebutkan contoh aturan sederhana di rumah dan di sekolah (misalnya: bangun pagi, merapikan mainan, memakai seragam).
📌Tujuan Pembelajaran (TP): Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari kalimat tanya dan kalimat perintah. Nah pada pertemuan kali ini kita akan belajar pendidikan pancasila yaitu mengenal aturan di sekolah. Oke mari sama-sama kita lihat dan pahami soal di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^
📌 Materi Pendidikan Pancasila
Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa,
Let's chek it out!! ^^
Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:
Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.
Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibuat untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.
Selain aturan di rumah kita juga bisa menemukan aturan yang ada di sekolah
Contoh aturan disekolah
- Datang kesekolah tepat waktu
- Memakai seragam sekolah
- Menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan
📌 Metode dan Media ajar Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning Media ajar: Gambar, Kartu Soal, LKPD 📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis pemula dengan benar di atas kertas dan melalui media digital. Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Murid mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga dan/ atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.
📌 AlurTujuan Pembelajaran (ATP)
Murid dapat mengenal bentuk benda dilingkungan sekitar
Murid dapat memahami kalimat tanya dan kalimat menggunakan tanda seru
📌Tujuan Pembelajaran (TP):
mengenal bentuk benda
memahami tanda tanya dan tanda seru
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah meriview materi Pancasila dan Unsur seni rupa. Nah pada pertemuan kali ini kita akan melaksanakan melanjutkan materi mengenal bentuk benda dan meriview kembali materi tanda tanya dan tanda seru . Oke mari sama-sama kita simak pembelajaran hari ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Materi Matematika
Materi Bahasa Indonesia
mari kita mengenal tanda baca pada kalimat yaitu tanda tanya dan tanda seru.. Lihat video berikut ini..
Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
- Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?"
- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian.
Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat.
📌 Metode dan Media ajar Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning Media ajar: Gambar, Kartu Soal, LKPD 📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
📌 AlurTujuan Pembelajaran (ATP)
Murid dapat memberi contoh kalimat matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret
Murid dapat memahami kata dari suatu gambar
📌Tujuan Pembelajaran (TP):
memberi contoh kalimat matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret
Murid dapat memahami kata dari suatu gambar
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah meriview materi Pancasila dan Unsur seni rupa. Nah pada pertemuan kali ini kita akan melaksanakan meriview materi hubungan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dan menyimak cerita . Oke mari sama-sama kita simak pembelajaran hari ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Materi Matematika
Setelah melihat video pembelajaran bu guru bertanya :
- Ada berapa jumlah semua buah? Bagaimana cara menulis kalimat matematika nya?
4 + 5 = 9
Contoh Soal :
Fatih memiliki 8 kelereng lalu Fatih memberikan 2 kelereng kepada Nabil. Berapa kelereng Fatih sekarang?
·Bagaimana cara kita menuliskan ini dalam kalimat matematika?
Materi Bahasa Indonesia
Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Menyimak cerita adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan kegiatan menyimak cerita, kita dapat meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, dan pengetahuan.
Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?
Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?
📌 Capaian Pembelajaran (CP): Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 AlurTujuan Pembelajaran (ATP): Murid dapat mengenali unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.
📌Tujuan Pembelajaran (TP): Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran mengulang materi pancasila. Nah pada pertemuan kali ini ulang kembali materi memahami garis melalui bentuk karena sebentar lagi akan Sumatif Akhir Semester. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!
Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.
Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat:
Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.
📌 AlurTujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat dapat menyebutkan contoh aturan sederhana di rumah dan di sekolah (misalnya: bangun pagi, merapikan mainan, memakai seragam).
📌Tujuan Pembelajaran (TP): Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari kalimat tanya dan kalimat perintah. Nah pada pertemuan kali ini kita akan belajar melaksanakan sumatif harian 2 pendidikan pancasila tentang aturan di rumah dan sekolah. Oke mari sama-sama kita lihat dan pahami soal di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^
📌 Materi Pendidikan Pancasila
Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa,
Let's chek it out!! ^^
Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:
Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.
Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibuat untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.
Selain aturan di rumah kita juga bisa menemukan aturan yang ada di sekolah
Contoh aturan disekolah
- Datang kesekolah tepat waktu
- Memakai seragam sekolah
- Menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan
- Mendengarkan guru dengan baik
- Tertib di kelas
- Tidak saling mengejek dengan teman
Tata tertib adalah peraturan yang dibuat sekolah agar murid lebih disiplin. Tata tertib juga memiliki tujuan sebagai bentuk bahan pendidikan agar murid lebih bisa bertanggung jawab menanggung kesalahan apabila melanggar. Berikut adalah manfaat tata tertib :
1. - Muriddilatih lebih bertanggung jawab
Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Salah satu manfaat tata tertib sekolah adalah mengajarkan murid agar lebih bertanggung jawab. Murid juga belajar menghadapi konsekuensi apabila melanggar aturan yang telah berlaku. Sama seperti ketika guru memberikan tugas rumah untuk murid. Tentu tugas rumah tersebut wajib dikerjakan oleh murid. Jika murid tidak mengerjakan, maka akan ada konsekuensi yang diterima. Dari pengalaman ini, murid akan belajar namanya memegang tanggung jawab.
2. - Murid berlatih disiplin
Tujuan utama dibuatnya tata tertib sekolah yakni mendisiplinkan murid agar proses belajar berjalan lancar. Hal ini juga merupakan manfaat tata tertib sekolah bagi murid. Tata tertib membuat proses mengajar berjalan lancar, efektif, dan aman.
Murid berlatih untuk jujur
Manfaat tata tertib sekolah lainnya adalah siswa dilatih untuk bersikap jujur. Sifat jujur mungkin memang kedengaran sangat mudah dilakukan. Namun, pada kenyataannya, sikap jujur tak selamanya mudah dilakukan. Salah satu cara untuk melatih siswa bersikap jujur yakni dengan adanya tata tertib sekolah. Ketika murid tidak bisa masuk sekolah, maka mereka diwajibkan membuat surat izin. Peraturan ini membuat siswa diharuskan bertindak jujur. Tata tertib dapat mencegah murid melakukan bolos dan melakukan tindakan yang tidak diinginkan.
4. - Murid dilatih agar mandiri
Tata tertib sekolah membuat murid lebih mandiri di sekolah. Membentuk karakter murid yang mandiri merupakan manfaat tata tertib sekolah lainnya. Karakter mandiri ini nantinya sangat diperlukan murid saat mereka lulus dari sekolah.