Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 3
Kegiatanku
Subtema 3
Kegiatan Sore Hari
Sore hari saat yang menyenangkan
Kita bisa menyiram tanaman di halaman
Membantu Ibu membuat kue di dapur
Bisa juga bermain bersama teman atau
mengulang pelajaran
Tapu mandi sore jangan dilupakan
Mandi sore baik untuk kesehatan
Hari/Tanggal: Senin, 23 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan
oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan sore hari
dengan tepat
2.
Dengan permainan mencari kata pada tabel huruf
siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat.
3.
Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi
kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.
Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan
kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
5.
Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru
siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens,
mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
6.
Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
7.
Dengan arahan guru, siswa mampu merancang pembuatan
karya kolase dari kertas.
8.
Setelah merancang, siswa mampu membuat karya kolase
berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
Materi Pembelajaran:
1.
Mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan sore
hari
2.
Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di sore
hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
3.
Mengenal dan merancang karya kolase sebagai karya
ekspresi 2 dimensi
MATERI
Ayo
Mengamati
Simaklah
Cerita ini!
Matahari mulai condong ke barat
Tanda hari mulai sore
Udara pun terasa semakin sejuk
Anak-anak bermain di halaman
Siti sedang mengulang pelajaran
Ayah Siti menyiram tanaman
Mereka melakukannya dengan senang hati
Sebagai rasa syukur atas nikmat sore
hari
Simak
cerita di atas!
Pelajari kata-kata berikut ini
Bacalah dengan nyaring
Sore
matahari condong udara
Sejuk mengulang pelajaran bermain
Ayo
Berdiskusi
Setiap orang memiliki kegiatan di sore
hari
Antara satu dengan yang lain bisa
berbeda
Contoh kegiatan yang baik antara lain:
1.
Mengulang
pelajaran di rumah
2.
Menyiram
tanaman di halaman
3.
Membereskan
kamar tidur
4.
Membantu
ibu di dapur
5.
Mandi
sore
6.
Berolah
raga
Kebiasaan baik berguna bagi diri sendiri
dan orang lain
Ayo
Berkreasi
Sore ini Beni bersantai di ruang
keluarga
Beni bersantai sambil membuat karya
kolase
Kolase adalah contoh karya ekspresi dua
dimensi
Berikut contoh karya kolase
Beni membuat kolase menggunakan kertas
origami
Awalnya kertas origami disobek
kecil-kecil
Selanjutnya, kertas origami ditempelkan
pada bentuk yang sudah disiapkan
Beni membuatnya dengan hati gembira
Nah, sekarang buatlah karya kolase
Buatlah kolase bertema kegiatan sore
hari
Hari/Tanggal: Selasa, 24 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa
kata yang berhubungan dengan sore hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
2.
Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu
menyusun kata-kata yang berhubungan dengan sore hari dengan tepat.
Materi Pembelajaran: Bermain
huruf menjadi kata terkait kegiatan sore hari
MATERI
Udin dan teman-teman suka bermain
lempar dan tangkap bola di sore hari
Sore ini mereka bermain tangkap
bola di lapangan
Perhatikan gambar cara Udin
menangkap bola
Usai bermain tangkap bola Udin
pulang ke rumah
Udin segera mandi sore
Setelah rapi Udin mengulang
pelajaran membaca
Udin belajar menyusun huruf menjadi
kata
Ayo bantu Udin menyusun huruf
menjadi kata!
S r o e .........................
R u a d a .........................
H m a l n a a .........................
T n a a m n a .........................
M e a r b i n .........................
Ayo
Mendengarkan
Dengarkan gurumembaca cerita berikut
Bermain
Gebok
Hari sudah sore
Bela dan teman teman akan bermain di
taman
Bela pun berpamitan kepada ibu
Di taman bela dan teman teman bermain
bersama
Mereka bermain gebok
Semua anak bermain dengan riang gembira
Ketika hari semakin sore permainan pun
berakhir
Bela dan teman teman segera pulang ke
rumah
Ayo
Menjawab
Jawablah
dengan lisan
1.
Pada
siapa bela pamit untuk bermain
2.
Di
mana bela dan teman teman bermain
3.
Apa
nama permainan yang dimainkan bela dan teman teman
4.
Apakah
anak anak gembira saat bermain
5.
Pernahkah
kamu bermain gebok
Hari/Tanggal: Rabu, 25 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu memahami
kalimat-kalimat yang menggunakan kosa kata berhubungan dengan kegiatan sore
hari dengan tepat.
2.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu melengkapi
kalimat rumpang dengan kosa kata yang terkait dengan kegiatan sore hari dengan
tepat.
3.
Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa mampu
mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di
rumah.
4.
Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan
yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
5.
Dengan menyimak penjelasan guru dengan menggunakan
benda-benda konkret siswa mampu mengidentifikasi perbedaan banyaknya kumpulan
benda-benda tersebut.
Materi Pembelajaran:
1.
Membaca pemahaman tentang kegiatan sore hari yang
sesuai dengan aturan di sekolah
2.
Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang
tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan
MATERI
Ayo
Membaca
Bacalah
dengan nyaring!
Sore Yang Menyenangkan
Sore hari ayah Beni pulang dari kantor
Beni dan ibunya sangat gembira
Ayah Beni membawa oleh-oleh
Betapa senang hati Beni
Ibu menyambut ayah dengan senyum
Beni membawakan tas ayahnya ke dalam
Ibu menyiapkan the manis
Beni membantu ibunya membawa kue
Ayah Beni merasa senang
Mereka merasa gembira dan bersyukur
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini!
1.
Siapakah
yang baru pulang dari kantor?
2.
Mengapa
Beni sangat gembira?
3.
Apa
yang dibuatkan ibu untuk Ayah Beni?
4.
Apa
yang dibawa ayah untuk Beni?
5.
Di
mana ayah Beni beristirahat?
Ayo
Berlatih
Lengkapilah kalimat berikut ini!
Pilihlah kata-kata dalam kotak!
Membuka pintu bermain bekerja mandi
1.
Setelah
……………….. bela pulang
2.
Bela
segera…………….. agar badan segar
3.
Terdengar
suara orang mengetuk…………….
4.
Bela
segera …………… pintu
5.
Di
pintu ada ayah pulang……………..
Ayo
Berlatih
Saat di rumah sore hari, kita harus
menunjukkan kebiasaan baik
Setiap keluarga mempunyai aturan yang
harus dipatuhi
Jika setiap anggotanya mematuhi aturan,
rumah terasa tenang dan nyaman
Nah, perhatikan gambar di bawah ini!
Sampaikanlah pendapatmu
Apakah gambar tersebut menunjukkan
kebiasaan baik atau bukan?
Sampaikan alasanmu!
Ayo
Belajar
Setelah mandi sore, Beni bermain di
kamarnya
Sambil bermain, Beni belajar berhitung
Dia menghitung benda-benda yang ada di
kamar
Kelereng ada 15 spidol warna ada 12
Mobil-mobilan ada 11 buku tulis ada 12
Beni membandingkan banyak benda-benda
itu
Kelereng Beni lebih banyak daripada mobil-mobilan
15 lebih dari 11
11 kurang dari 15
Mobil-mobilan Beni lebih sedikit dari buku tulis Beni
11 kurang dari 12
12 lebih dari 11
Kerjakan
soal-soal berikut!
Tentukanlah dengan “kurang dari”atau
“lebih dari”
16 14
16 ……………….. dari 14
14………………… dari 16
Perhatikan bilangan di atas!
Bilangan yang lebih dari 18 adalah
………………
Bilangan yang kurang dari 18
adalah……………..
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan permainan mengacak kartu siswa mampu
mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan sore
hari
2.
Melalui permainan merangkai kata siswa mampu
menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan sore hari.
3.
Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru
siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimensi,
mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
4.
Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu
mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kolase.
5.
Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
6.
Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan
karya kolase dari kertas.
7.
Setelah merancang pembuatan kolase, siswa mampu
menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
8.
Setelah menyiapkan alat dan bahan, siswa mampu
membuat karya kolase sesuai rancangan yang telah dilakukan.
Materi Pembelajaran:
1.
Bermain menyusun kata menjadi kalimat
2.
Membuat karya kolase sesuai tema
MATERI
Ayo Mencoba
Siti mengajak teman-teman
bermain tangkap bola
Dalam permainan ada aturan
bagi penangkap bola
Ia harus membuat kalimat
sebelum melempar bola ke teman lain
Mereka membentuk dua
barisan yang saling berhadapan
Mereka melempar bola kepada
teman di barisan depannya
Anak yang dapat menangkap bola dengan
baik akan mendapat nilai 1
Kalau dia bisa membuat kalimat mendapat
nilai tambahan lagi 1 lagi
Yang paling banyak mendapat nilai itulah
pemenangnya
Mereka bermain dengan gembira
Susunlah
kata berikut ini menjadi sebuah kalimat
Mulailah
dari kata yang dicetak tebal
1.
Sore
– bermain – hari – menyenangkan –
pada
……………………………………………………….......
2.
Bermain
– umpet – petak – bela
............................................................................................
3.
Ular
naga – bermain – bernyanyi – sambil – mereka
…………………………………………………………….
4.
Terbuat
– bambu – dari – engrang
…………………………………………………………….
5.
Diah – melompat –
sedang – tali – di atas
Ayo
Berkreasi
Membuat kolase dari kertas warna
Alat
dan bahan
1.
Pensil
2.
Kertas
gambar
3.
Gunting
4.
Lem
5.
Kertas
origami aneka warna
Cara
membuat
1.
Gambar
bentuk atau benda pada kertas gambar
2.
Robek
kecil-kecil kertas origami dengan menggunakan gunting
3.
Tempelkan
pada gambar yang sudah disiapkan
4.
Perhatikan
garis tepi gambar
5.
Mulailah
menempel dari bagian tepi gambar
Hari/Tanggal: Kamis, 26 September 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui
penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata
yang berhubungan dengan sore hari.
2.
Setelah
mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang
berhubungan dengan sore hari.
Materi Pembelajaran: Membuat cerita berdasarkan urutan gambar
MATERI
Ayo Berlatih
Ibu sedang memasak di dapur
Siti membantu ibu menyiapkan peralatan makan
Siti mencoba menghitung banyaknya peralatan
dapur ibu
Siti menghitung jumlah piring, sendok, dan
garpu
Siti juga menghitung mangkuk dan gelas yang
ada di rak piring
Inilah hasil hitungan siti
Mangkuk ada 14
Piring ada 16
Sedangkan garpu berjumlah 16
Gelas berjumlah 19
Dan sndok berjumlsh 20
1.Mana yang lebih banyak sendok atau piring?
2.Mana yang lebih sedikit mangkuk atau gelas
3.Peralatan apa saja yang sama banyaknya?
4.Peralatan apa yang lebih banyak dari gelas?
5.Peralatan apa yang lebih sedikit dari piring?
6.Tuliskan 1 bilangan yang lebih dari 13
7.Tuliskan 1 bilangan yang kurang dari 19
8.Tuliskan 1 bilangan yang lebih dari 15, tapi
kurang dari 18
Ayo Bercerita
Burutkanlah gambar di bawah ini. Lalu susunlah cerita berdasarkan gambar
yang kamu susun
Ayo Menulis
1. Buatlah kalimat dari kata berikut
Bermain
…………………………………………………………………
Senja
………………………………………………………………….
2.Carilah sebuah gambar , buatlah kalimat
berdasarkan gambar tersebut
3.Carilah beberapa gambar gambar itu sehingga
membentuk cerita
Ceritakanlah
secara lisan
Hari/Tanggal : Jumat, 27 September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui
tanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata
tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan
tepat.
2.
Dengan
menulis cerita, siswa mampu menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam
menyusun kalimat/cerita
3.
Melalui
tanya jawab dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan sore hari yang
sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
4.
Melalui
bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan
yang berlaku di rumah
Materi Pembelajaran:
1.
Bercerita
tentang kegiatan sore hari di rumah
2.
Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan aturan di rumah di sore hari
MATERI
Ayo
Mendengarkan
Dengarkan gurumu membaca cerita berikut
Menyiram Tanaman
Di belakang rumah bela banyak tanaman
Tanaman tumbuh subur
Ayah mengajak bela menyiram tanaman
Ayah mengatakan pada bela bahwa tanaman butuh air
Tanaman kembali segar setelah disiram
Ayo
Jawab
1.
Siapa
yang mengajak bela menyiram tanaman
2.
Di
mana bela menyiram tanaman
3.
Alat
apa yang digunakan untuk menyiram tanaman
4.
Bagaimana
tanaman setelah didiram
5.
Tanaman
apa saja yang ada di rumahmu
Ayo
Mencoba
Kita harus bersikap baik ketika di rumah
Kita harus mengikuti aturan di rumah
Kita harus menghormati dan menyayangi orang tua
Orang tualah yang membiayai hidup kita
Mereka bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga
Mereka bekerja dengan penuh semangat
Oleh karena itu, kita harus menghormati orang tua
Ketika orang tua pulang kerja, kita menyambutnya dengan sikap yang santun
Tunjukkanlah
gambar mana yang baik saat menyambut orang tua
Berilah
tanda (x) pada cara yang kurang baik
Bertengkar dengan adik membawakan
tas kerja ibu
Menyambut ayah dengan riang marah-marah
karena ayah telat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar