Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
·
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan
sederhana dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar, siswa
dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Setelah mengamati gambar, siswa
dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam
menjalankan satu kegiatan di sekolah
Materi Pembelajaran:
·
Bermain adu kecepatan berjalan
merangkak dan berlari.
·
Menuliskan sikap baik dalam
menerima perbedaan.
Ayo Mencoba
Ikuti
langkah-langkah kegiatan seperti berikut!
1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan
garis start dan finish terlebih dahulu.
2. Berbarislah di
depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
3. Setelah diberi
aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah
sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
4. Siswa yang paling cepat sampai di garis
start adalah pemenangnya.
Selain tinggi dan
berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga
dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan
otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.
Ayo Mengamati
Menghargai
Perbedaan
Perubahan tinggi
dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbedabeda.
Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan
perkembangan manusia.
Pertumbuhan dan
perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang
diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup
berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai
dan menghormati perbedaan. Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat
beberapa hal seperti berikut!
Kamu melihat teman
yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi.
Sikap yang akan
kamu lakukan adalah...
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati contoh, dari vidio siswa
dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya
diri.
· Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi makanan dan mnjelaskan pengaruh makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan
.
· Setelah mengamati contoh,
siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
Materi Pembelajaran
·
Menari dengan gerakan
kuat dan lemah pada tangan.
·
Mengidentifikasi makanan yang
baik untuk dikonsumsi.
·
Menuliskan syarat makanan yang
baik untuk dikonsumsi.
·
Menyelesaikan soal
penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Ayo
Menari
Masih ingatkan
kamu dengan gerakan kuat dan lemah tangan pada gerakan tari yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya? Cobalah mempraktikkan gerakan tersebut
sambil bernyanyi lagu Tepuk Tangan.
Simak vidio pada link di bawah ini ya nak
Ayo Mengamati
Manusia merupakan salah satu makhluk
hidup. Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah
satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan
perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah
lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah
dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran
manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa
faktor.
Adapun
faktor - faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang manusia adalah :
1. Makanan
2. Olahraga
3. Rekrasi
4. Istirahat cukup
atau tidur
5. Keturunan
Makanan sangat berpengaruh terhadap
pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang penting untuk pertumbuhan
dan perkembangan adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan
bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima sempurna. Makanan empat sehat
lima sempurna terdiri dari:
1. Makanan pokok, misalnya nasi,
kentang, jagung, roti, ubi, mie, dan sagu
2. Lauk-pauk misalnya daging, ikan,
tahu, tempe, telur, dan cumi
3. Sayur-sayuran, misalnya kangkung,
bayam, wortel, dan buncis
4. Buah-buahan misalnya jeruk, apel,
anggung, pisang, dan jambu
5. Susu
Makanan-makanan tersebut mengandung
gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari dua jenis, ada
protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk yang berasal
dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur. Protein nabati adalah
protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.
Vitamin banyak terdapat pada
sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan, sayuran, dan
susu.
TUGAS
Anak anak buatlah vidio menirukan gerakan tari yg ada pada contoh vidio di atas, dan durasinya tidak lebih dari 30 detik
Untuk absensi jangan lupa menulis nama pada kolom komentar ibu guru ya nak
k
Devani Audreliya Ramadhani
BalasHapusDianny Ayudhia PS
BalasHapusAnnisa Nur Azizah
BalasHapusSyaqila Nandita Putri
BalasHapus3B
Abdillah Nur Rachman (absen 1 ) hadir
BalasHapusAlifa Ayu Rahmadhiya
BalasHapusYuki Naomi
BalasHapusSALSABILA FARAHANI HERMAN.HADIR IBU
BalasHapusNaira afiifah putri Hadir bu
BalasHapusKayyisah Qiyam Rahimah Hadir
BalasHapusKarenina m Ayudya kls 3b
BalasHapusDinasty putri widana 3b hadir
BalasHapusRadhika razqa putranto
BalasHapusM.ghadafi ekina Prasetya
BalasHapusHadir
Muhammad favio pracanda
BalasHapus3b
Alika Keiko.s
BalasHapusGustiawan Kusuma Jaya 3 B
BalasHapusNo absen 11 hadir
Irfan Yusuf Mahardika 3 B (hadir)
BalasHapusFadhil Arsifa 3B
BalasHapusMasayu Soraya Janeeta 3B
BalasHapusMalvino rakha putra
BalasHapusAssyifa putri ramadhani 3b
BalasHapusM.rayhan ramadhan
BalasHapusAisha putri fedric hadir bu
BalasHapus