Hari/Tanggal : Senin/30 Agustus 2021
Kelas : 3D
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Subtema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran 3
Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D..
Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar .
Baik , hari ini kita lanjutkan untuk pembelajaran daring nya. Yaitu Tema2 subtema 2 ya nak pembelajaran 3
Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini !
https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Subtema 1 :
Pembelajaran. : 4 dan 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dapat memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang tepat
2. Dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
3. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat
4. Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat
Ayo Bermain Peran
Hari ini Beni akan ada kegiatan bermain peran. Mereka akan memerankan dongeng Anak Gembala dan Serigala. Anak gembala bertugas menjaga domba-domba yang diternakkan. Jika domba sudah besar dapat dijual ke pasar.
Bacalah dongeng pada buku Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 82 - 85 dan bermain peranlah bersama temanmu atau bersama anggota keluargamu di rumah!
Tahukah kamu?
Domba adalah hewan yang masih satu keluarga dengan kambing.
Domba mirip kambing, namun memiliki bulu yang tebal. Bulunya biasa dijadikan benang wol. Daging domba dapat diambil manfaatnya. Biasanya diolah menjadi gulai, satai, dan sebagainya. Jika kalian sudah membaca dan memperagakan dongeng kisah Anak Gembala dan Serigala. Coba temukan pesan moral yang terdapat dari dongeng tersebut dengan menyusun kata - kata berikut ini!
Ayo Menulis
Hewan di sekitar kita memiliki ciri khas masing-masing.
Kucing berkaki empat, berbulu, dan bersikap manja pada tuannya.
Kelinci berkaki empat, jalannya lompat, dan suka makan sayuran.
Bukan hanya hewan yang memiliki ciri-ciri.
Manusia juga memiliki ciri-ciri, baik fisik maupun sifatnya.
Misalnya, Beni memiliki sifat penyayang binatang.
Edo bersifat penolong karena suka membantu teman.
Sekarang mari kita sebutkan sifat-sifat Edo pada tabel/bagan di bawah ini.
Bagian tengah diisi nama teman.
Bagian luar diisi dengan sifat-sifat dari teman.
Contoh:
Setiap hari Beni memberikan makanan kepada ayam-ayamnya. Beni juga membantu ayah membersihkan kandang ayam. Ayam-ayamnya
Sudah menghasilkan telur, daging, dan suara yang indah. Beni berpikir ayam akan senang jika kandangnya bersih.
Cara merawat dan memelihara hewan:
Untuk memelihara hewan, kita harus mengetahui kebiasaan hidup hewan tersebut , misalnya jenis makanan dan tempat hidup yang disukainya. Yang perlu diperhatikan adalah :
1. kandang hewan
2. makanan dan minuman
3. kebersihan tubuh hewan
4. pemberian vaksin dan membawa ke dokter hewan.
Di sekolah, Beni juga selalu berbuat baik. Ia sering membantu teman yang terjatuh supaya berdiri kembali. Kita perlu bersikap baik kepada sesama manusia. Kita akan merasa senang jika ada orang lain yang menolong kita. Orang lain pun akan merasakan senang jika kita membantu mereka. Bersikap baik kepada sesama manusia adalah bentuk pengamalan Pancasila. Tepatnya pengamalan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Pengamalan sila kedua Pancasila diantaranya sebagai berikut.
- menghormati orang lain
- saling menolong sesame teman
- tidak membeda-beda suku dalam berteman
Beni sedang mengerjakan PR matematika. Ternyata soal-soalnya tentang perkalian.
Ia teringat tentang cara menyimpan anak ayamnya di kandang. Ia bisa membaginya dalam beberapa kelompok. Tentunya kalian masih ingat ya nak dengan materi sifat pertukaran pada penjumlahan juga pada perkalian yang disebut juga Sifat Komutatif
Contoh:
3 x 5 = 15
5 x 3 = 15
Jadi, 3 x 5 = 5 x 3
Setelah kalian mengerjakan soal jangan lupa untuk mengirimkan bukti foto ya nak, Seperti:
1. Foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah (boleh dalam bentuk kolase)
2. Bukti telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugas
3. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak
Bu Guru akhiri kegiatan hari ini Wassalamualaikum.wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar