Hari/Tanggal :Kamis 22 September 2022
Kelas : 3D
Tema 3 : Benda di sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 5
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca wacana, siswa dapat mengindentifikasi informasi dengan tepat
2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
3. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
4. Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
5. Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.
6. Dengan melakukan pengukuran, siswa dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.
Ayo membaca
Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!
Bacalah informasi berikut ini
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.
Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dansekolahmu!
Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah! Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan untuk membuat tempat sampah!Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?
Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut! Ingatlah kembali saat kamu melakukan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?
2. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah?
3. Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat?
4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah?
5. Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah.Apakah menurutmu musyawarah sudah
berjalan lancar?
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm)
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
1)
200 cm = ... m
2)
500 cm = ... m
3)
6 m = ... cm
4)
400 cm = ... m
5)
2 m 45 cm = ... cm
6)
4 m 32 cm = ... cm
7)
8 m 79 cm = ... cm
8)
4 m 8 cm = ... cm
9)
7 m = ... cm
10)
70 m 9 cm = ... cm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar