Kamis, 29 Agustus 2024

 

Projek:

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Kamis 29 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran       : PEROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5)


  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    πŸ“Œ Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.                 Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

πŸ“Œ Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi

8.             Peserta didik mencoba berinteraksi langsung dengan mahkota siger yang dibawa dan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait mahkota kepada narasumber

9.             Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencoba memberikan kesimpulan dari penjelasan narasumber

10.         Setelah dirasa sudah cukup memahami materi, pendidik membagikan lembar aktivitas untuk digunakan    bercerita tetntnag “mahkota adat Lampung”

11.         Secara bergiliran peserta didik bersama kelompoknya menampilkan cerita dari “mahkota adat Lampung

12.         Tanya jawab mengenai hasil cerita yang dipresentasikan

13.         Peserta didik mendengar penjelasan pendidik mengenai pesan moral dan kegaitan di jumat depan.


LAMPIRAN

 

Tugas 1

LEMBAR CERITAKU

 

 NAMA KELOMPOK:

Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik suda mampu untuk memahami materi tentang aksesoris adat lampung dan mengenal nama-nama dari aksesoris adat lampung. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan kontekstual P5 yang dilaksanakan di Aula SD Al Azhar Bandar Lampung





Tidak ada komentar:

Posting Komentar