Rabu, 21 Agustus 2024

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah 🤗


MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal           : Rabu 21 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran          : Pendidikan Pancasila dan Matematika 

#.   Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10

  2. Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.

    #.  Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10
  2. Peserta didik dapat mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

#.  Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

#.  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah  belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta contoh-contoh pengamalam nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.Adakah yang bisa menjawab, berapa hasil dari 4+3? yaa benar angka 4 ditambah angka 3 adalah 7,

Nah, untuk hari ini kita akan belajar masih akan belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta mengenal aturan aturan yang ada di lingkungan rumah kita.  Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



#. Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^




Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.

Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibut untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.


Perhatikan gambar berikut ini!



Setelah kamu memeprhatikan gambar di atas,  cobalah kamu bandingkan dengan keadaanmu saat ini. Apakah kamu melakukan hal yang sama dengan nisa? Apakah kamu sudah mengucapkan salam ketika memasuki rumah? serta merapikan sepatumu di rak sepatu?


Kegiatan yang dilakukan nisa tersebut merupakan salah satu contoh menaati aturan di rumah.


Berikut ini adalah contoh aturan yang ada di lingkungan rumah:

  • Menjaga kebersihan, membantu ibu menyapu, mengepel lantai, mencuci piring, dan membersihkan kaca jendela 
  • Bangun pagi dan merapikan tempat tidur 
  • Meminta izin sebelum menggunakan barang milik anggota keluarga lain 
  • Belajar dengan rajin 
  • Tidur tepat waktu 
  • Berbicara sopan dan tidak boleh berbicara dengan nada tinggi dan kasar 
  • Tidak boleh menghina sesama anggota keluarga lain 
  • Merapikan mainana dan kembalikan barang ke tempat semula 

Materi Matematika



Menghitung maju adalah menghitung angka mulai dari 1 sampai 10. Menghitung maju biasa dilakukan ketika kita melaukan operasi hitung jumlahan. 



Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang aturan yang ada di lingkungan rumah, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang dibantu karena belum lancar dalam membaca soal, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. Untuk materi operasi hitung pejumlahan Alhamdulillan peserta didik sudah memahaminya dan mengerjakan latihan soal dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar