Minggu, 06 Oktober 2019

Kisi-kisi Soal PTS Tema 1 Subtema 1 dan 2 (Senin, 7 Oktober 2019)


YAYASAN AL – AZHAR LAMPUNG
Th. 2019 - 2020
SD AL AZHAR  BANDAR LAMPUNG
Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester         : I/ I
Tema/Sub Tema        : Diriku /1-2
Jumlah Soal               : 40 Soal 
Tahun Pelajaran       : 2019/2020

KISI-KISI TEMA 1 SUBTEMA 1 DAN 2
SUBTEMA 1
Mata Pelajaran : PPKN, B.INDONESIA, MTK, SBDP
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu

Indikator :
3.2.3 Menggali informasi hal- hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan dirumah
3.2.4 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan nya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh dirumah
3.2.5 Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah
3.3.1 Menunjukan hurup vacal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2 Menunjukan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.9.1 Menunjukan kosakata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
3.9.2 Mengenal kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,keluarga,dan orang-orang ditempat tinggalnya secara  lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
3.1.5 Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat(1 sampai 10)
 3.2.5 Membaca nama bilangan 1 sampai 10
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia

Mata Pelajaran : PJOK
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami prosedur gerak dasar sesuai dengan konsep tubuh, ruang usaha, dan keterhubungan dan berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional.

Indikator :
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dan berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional



SUBTEMA 2
Mata Pelajaran : PPKN, B.INDONESIA, MTK, SBDP
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.1 Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa   daerah
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari

Indikator:
3.2.6 Meyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan nya dengan menjaga kesehatan tubuh dirumah
3.1.3 menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca

3.1.4 menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca

3.3.1 Menunjukan hurup vacal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2 Menunjukan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.3 Menyusun huruf vocal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan aku dan teman baru huruf vocal dan konsonan
3.3.4 menunjukkan huruf vokal  pada suatu kata yang terkait dengan anggota tubuh
3.3.5 menunjukkan huruf konsonan  pada suatu kata yang terkait dengan anggota tubuh
3.4.1 menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan benar
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda kongkrit
3.2.1 Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai 10
3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala,badan,tangan,dan kaki) dalam suatu tarian

Mata Pelajaran : PJOK
Kompetensi Dasar:
3.8 memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh disentuh orang lain, cara me njaga kebersihannya dan pakaian
Indikator:
3.8.1 mengidentifikasi bagian-bagian tubuh


Kamis, 03 Oktober 2019

Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 5 MATERI (3 Oktober 2019)

Hari/Tanggal: Kamis, 03 Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan malam hari.
2.      Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kalimat yang berhubungan dengan malam hari.
Materi Pembelajaran:
1.      Mengenal konsep pengurangan dalam kehidupan sehari-hari
2.      Membuat cerita berdasarkan urutan gambar

MATERI

Ayo Mengamati
Bacalah cerita berikut
               Kebiasaan sebelum tidur
Hari semakin malam
Bela mulai mengantuk
Sebelum tidur bela menggosok gigi
Sisa makanan akan terbawa
Sewaktu menyikat gigi
Sisi makanan tempat kuman hidup

Jawablah pertanyaan berikut!
1.      Apakah bela menggosok gigi sebelum tidur
2.      Apakah kebiasaan yang dilakukan bela adalah kebiasaan baik
3.      Apa yang terjadi jika tidak menggosok gigi sebelum tidur
4.      Aoa yang hidup pada sisa sisa makanan
5.      Apa saja yang kamu lakukan sebelum tidur

Ayo Berlatih
Lani dan papanya sedang menonton televisi
Mama datang membawa biskuit dan teh manis
Lani menghitung ada 15 biskuit di piring
Papa memakan 3 biskuit
Lani menghitung biskuit yang belum dimakan
Ditulis sebagai berikut 15 – 3 = 12
Jadi sekarang banyak biskuit tinggal 12
Kemudian lani makan 4 biskuit
Lani menghitung kembali biskut yang masih ada 

 Ditulis sebagai berikut 12 – 4 = 8
Jadi banyak biskuit sekarang tinggal 8
Kemudian ibu membagikan 8 biskuit itu kepada 8 teman lani. Sisa biskuit adalah............
8 – 8 = 0



Rabu, 02 Oktober 2019

Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 3,4 MATERI (2 Oktober 2019)

Hari/Tanggal: Rabu, 02 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kaya-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
2.      Setelah mengidentifikasi siswa mampu mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.
3.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
4.      Setelah mengidentifikasi kalimat siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan kegiatan malam hari.
5.      Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
6.      Dengan menyampaikan pendapat berdasarkan gambar/situasi yang diamati siswa mampu menunjukkan kebiasaan baik yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
1.      Membaca pemahaman tentang kegiatan malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah
2.      Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan

MATERI

Ayo Membaca
Bacalah cerita berikut ini dengan nyaring!

Siti Rajin Belajar
Setelah Shalat Magrib Siti membaca Al-Quran
Ayah menyimak bacaan Siti
Ibu pun mendengarkan dari ruang tamu
Siti anak yang taat beribadah
Setelah mengaji Siti membuka buku pelajaran
Siti mengerjakan tugas matematika dari Bu Guru
Siti belajar dengan tekun
Agar kelak menjadi orang yang berguna

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai isi cerita!
1.      Apa yang dilakukan Siti setelah solat Magrib?
2.      Di mana ibu mendengarkan Siti mengaji?
3.      Apa yang dilakukan Siti setelah mengaji?
4.      Mengapa Siti rajin belajar?
5.      Apa judul cerita di atas?
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tepat!
a.      Tekun             b. Bersinar     c. Mengulang             d. Malam        e. Beribadah

1.Matahari terbenam hari mulai...................
2.Bintang nampak ............. di malam hari
3.Siti anak yang taat ....................................
4.Setiap malam Siti ......................... pelajaran
5.Siti belajar dengan ......................................

Ayo Berlatih
Siti sedang menyiapkan buku-buku untuk esok hari
Siti menghitung bukunya
Di tas ada 4 buku
Di rak buku ada 7 buku
Jadi berapa ya banyak buku Siti seluruhnya?
Ayo, coba kita hitung bersama!

Banyak buku seluruhnya adalah...............
4 buku + 7 buku = 11 buku
Siti juga menghitung pensil warnanya
Di tangan siti ada 4. Di kotak pensil ada 8

Jika dijumlahkan
4 pensil + 8 pensil = 12 pensil

Nah, sekarang bantu siti menyelesaikan soal berikut ini
1.      Di piring ada 6 potong pisang goreng. Lalu obu siti meletakkan 6 potong pisang goreng lagi di piring itu. Berapa banyak pisang goreng di piring sekarang?
.......... + ........... = ............
2.      Di rak piring ibu ada 12 gelas. Lalu ibu memasukkan lagi 6 gelas yang baru dicuci. Berapakah banyak gelas di rak piring ibu sekarang?
......... + ........... = .............


Kegiatan Berhitung 




Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan permainan catur kata siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan malam hari
2.      Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan malam hari.
3.      Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam berupa biji-bijian dalam membuat karya kerajinan.
4.      Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kerajinan dengan bahan biji-bijian.
5.      Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan alam berupa biji-bijian.
6.      Setelah merancang siswa mampu membuat karya kerajinan yang menggunakan bahan alam berupa biji-bijian
Materi Pembelajaran:
1.      Membuat kalimat dari kosa kata yang terkait kegiatan malam hari
2.      Membuat karya kerajinan dari biji-bijian

MATERI



Ayo Membaca
Malam ini malam minggu
Beni boleh bermain di luar rumah karena besok sekolah libur
Beni bermain bersama teman-teman
Mereka bermain di halaman rumah Beni
Mereka berlomba memantulkan bola
Bola dipantulkan dari garis awal ke garis akhir
Bola tidak boleh terlepas atau jatuh
Yang paling cepat sampai dialah pemenangnya
Ayo, bermain bersama mereka!
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
               Listrik
Pada malam hari langit gelap
Setiap rumah membutuhkan listrik
Listrik untuk penerangan
Listrik itu mahal
Kita harus hemat memakai listrik
Jangan gunakan listrik kalau tidak perlu

Ayo Lakukan
Ayo kita bermain permainan kartu
Sebelumnya kita buat beberapa buah kartu
               Membuat kartu permainan
Alat dan bahan
Karto manila putih
Gunting
Pensil
Penggaris
Cara membuat
1.      Buat 12 buah kartu dari karton
2.      Tulis masing masing kartu dengan kata berikut
Malam, gelap, bulan
Langit, terbenam, mengantuk
Matahari, kelap kelip, bintang
Sabit, tidur, hari
Cara bermain  
1.      Mainkan permainan ini bersama seorang teman
2.      Balik semua kartu hingga tertutup
3.      Acak kartu pada meja
4.      Setiap pemain mengambil tiga kartu
5.      Buka kartu, amati kata kata pada kartu
6.      Susun dua kartu menjadi kata yang memiliki arti
Contoh: malam hari
7.      Pemain yang dapat menyusun 2 kata mendapat nilai 1
8.      Semua kartu diacak kembali
9.      Pilih kembali 3 kartu
10.  Lakukan seperti langkah sebelumnya
11.  Pemain yang mengumpulkan nilai terbanyak adalah pemenang

Ayo Berkreasi
Agi memeriksa tugas membuat kolase
Agi merapikan beberapa bagian
Agi membuat kolase dari biji bijian
Perhatikan cara agi membuat tugasnya
Membuat Kolase

Alat dan bahan
1.      lem
2.      kacang hijau dan kacang kedelai
3.      gambar hewan
4.      karton tebal
Cara Membuat
1.      Tempelkan biji bijian pada kertas yang bergambar hewan gunakan lem yang kuat
2.      Mulailah menempel biji bijian dari tepi gambar
3.      Perhatikan contoh hasil kolase berikut




Pekerjaan Rumah 
menulis tegak bersambung di buku halus kasar 


Selasa, 01 Oktober 2019

Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 2 MATERI (01 Oktober 2019)

Hari/Tanggal: Selasa, 01 Oktober 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan menyimak teks yang dibacakan guru siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan malam hari
2.      Melalui permainan menyusun kartu huruf siswa mampu membentuk kosa kata yang berhubungan dengan malam hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
3.      Dengan menyimak contoh yang diberikan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang disusun dari kosa kata terkait kegiatan malam hari.
4.      Melalui permainan menyusun kata siswa mampu membuat kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan benar.
Materi Pembelajaran: Menyusun kalimat yang berhubungan dengan kegiatan malam hari

MATERI

Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca cerita berikut

Menjaga Keamanan Rumah

Setiap senja ayah menutup jendela
Ayah juga memeriksa pintu pintu
Ayah mengunci pintu dan jendela
Kata ayah menjaga keamanan itu penting
Pintu dan jendela dikunci agar hewan malam tidak masuk ke rumah
Juga pencuri tidak masuk ke rumah

Ayo jawab!
Jawablah pertanyaan berikut
1.      Apa yang dilakukan ayah setiap senja
2.      Kenapa pintu dan jendela dikunci pada malam hari
3.      Apakah pintu pagar juga harus dikunci
4.      Siapakah yang mengunci pintu jendela di rumahmu
5.      Pernakah kamu mengunci pintu atau jendela rumahmu

Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tersedia

Bintang           keluarga         malam hari                mendengarkan          makan
1.      Keluarga bela bercakap cakap di ruang ..........................
2.      Ayah bercerita tentang bulan dan ................................
3.      Bela dan kak Hadi ................................. cerita ayah
4.      Mereka ............................. malam bersama sama
5.      Semua anggota keluarga bela berkumpul pada .....................

Ayo Mendengarkan
Bela bertanya pada ayah
Ayah menjawab pertanyaan bela
Simaklah percakapan bela dan ayah
Bela        : kenapa bela  bersekolah tidak malam hari saja ayah
Ayah      : malam hari waktu istirahat jadi bela tidak ke sekolah
Bela        : kenapa kita harus istirahat ayah
Ayah      : tubuh kita telah digunakan semenjak pagi, tubuh butuh istirahat
Bela        : terimakasih ayah atas penjelasannya
Ayah      : sama sama bela
Ayo Lakukan
Peragakanlah percakapan di atas dengan teman sebangkumu!

Ayo Berlatih
Malam ini ayah ibu edo sedang asik membaca
Ayah membaca koran
Ibu membaca majalah
Biasanya saat seperti ini Edo sedang belajar
Malam ini edo tidak seperti biasanya
Dia sedang asyik latihan memantulkan bola
Bola adalah salah satu alat untuk melakukan gerakan memantulkan
Perhatikan cara-cara memantulkan bola berikut ini!

 Setelah latihan memantulkan bola edo belajar membuat kalimat
Kalimat itu berhubungan dengan kegiatan malam hari
Edo membuat kalimat dari kata-kata berikut ini
1.      Malam
........................................................................................
2.      Bulan
........................................................................................
3.      Bintang
.........................................................................................
4.      Gelap
.........................................................................................
5.      Terbenam
.........................................................................................
6.      Terpejam


.........................................................................................