Kamis, 29 September 2022

 Hari/Tanggal         : Kamis 28 September 2022

Kelas                                 : 3D


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,

Apa kabar ayah dan bunda yang Sholih/Sholiha? salam sehat dan semangat alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT dan anak anak kita diberikan ilmu yang berkah pada hari ini Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi anak anak hari ini👇

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan mengamati aneka jenis timbangan, siswa dapat menyesuaikan jenis timbangan dengan benda yang diukur dengan tepat.

2.  Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat memahami arti penting bergotong royong.

Ayo Mengamati 

Mengenal Benda Gas Lebih Dekat 

Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Benda gas mempunyai sifat antara lain:

  • Terdapat di segala tempat
  • Mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  • Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  • Menekan ke segala arah
  • Gerakan antar partikel bebas
  • Memiliki massa atau berat
  • Susunan partikel benda gas tidak teratur
  • Gaya tarik menarik benda gas lemah
Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat. 

Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut! 

Ayo Mencoba 

Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahanbahan

yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas. Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

  

Ayo Mengamati 

Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya

asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu? 

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditan dai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukur an sangat kecil.

                                     

Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015.Kondisi ini mengakibatkan asap menutupi berapa wilayah di Indonesia

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak dapat memahaminya. Bu guru akhiri wassalamuallaikum

Selasa, 27 September 2022

WUJUD BENDA


Simak Hari/Tanggal         : Selasa 27 September 2022

Kelas                                 : 3D


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,

Apa kabar ayah dan bunda yang Sholih/Sholiha? salam sehat dan semangat alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT dan anak anak kita diberikan ilmu yang berkah pada hari ini Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi anak anak hari ini yaitu


Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 2 dan 3

Tujuan Pembelajaran :

1.     Dengan membaca wacana percakapan, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud benda dengan benar

2.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan arti penting menolong.

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?

Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin : Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram  atau kilogram.

Massa diukur dengan alat di bawah ini.



Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?

Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.

Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.



Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.

Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.

Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.

Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

Demikian lah penjelasan materi pada hari ini semoga anak anak dapat memahaminya.

Latihan Soal 1

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

2.        Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m

   = ... m

3.        Dalam sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .

4.        Ciri – ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .

5.        Mengapa kita perlu menolong orang lain?


latihan soal 2

1.     Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!

A.    Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!

B.    Tuliskan sifat benda padat berdasarkan  pengamatanmu!



2.    Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?


Jumat, 23 September 2022

TEMA 3 BENDA DI SEJTARKU

 Hari/Tanggal         : Jumat 23 September 2022

Kelas                      : 3D


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,

Apa kabar ayah dan bunda yang Sholih/Sholiha? salam sehat dan semangat alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT dan anak anak kita diberikan ilmu yang berkah pada hari ini Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi anak anak hari ini yaitu

Tema  3                           :  Benda Disekitarku

Subtema  1       :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran                : 6

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2.        Dengan menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara lisan dengan rinci.
3.        Dengan menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.

4.        Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

Kamu sudah  sudah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu

Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan temanteman mu harus melaksanakan musyawarah.

Kamu dan teman mu telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk benda tersebut!

Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.

Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela?

Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?



Pilih satu benda yang telah kamu selidiki.

Tulislah secara lengkap hasil penyelidikan mu

Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.

1.  Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan  bentuk).

2.   Fungsi benda.,Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
4.   Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.

5.  Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.


Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

Siti akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

 Bantulah Siti menemukan ukurannya!

 a.  254 cm = ...m + .. cm

 b.  390 cm  = .. m + .. cm

               


Demikian materi yang bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak kita dapat memahami materi pelajaran hari ini dengan baik serta selalu dilimpahkan kesehatan oleh Allah SWT..Aamin 🤲

Kamis, 22 September 2022

TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

 Hari/Tanggal         :Kamis 22 September 2022

Kelas                      : 3D



Tema  3                    :  Benda di sekitarku

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran   

1. Dengan membaca wacana, siswa dapat mengindentifikasi informasi dengan tepat 

2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

3. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

4.  Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah       

5. Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

 

6. Dengan melakukan pengukuran, siswa dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.

Ayo membaca

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya! 

Bacalah informasi berikut ini


Benda dari kaca
                       
 
Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain gelas,piring,mangkuk ,kaca mata, akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.
   
Benda dari logam 


Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

 Benda dari Karet



 Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dansekolahmu! 

Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah! Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan untuk membuat tempat sampah!Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya? 

Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut! Ingatlah kembali saat kamu melakukan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!

1.  Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?

 

2.  Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah?

 

3.  Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat?

 

4.  Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah?

 

5.  Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah.Apakah menurutmu musyawarah sudah

berjalan lancar?


Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?  Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm)





Ubahlah sesuai satuan yang diminta!

1)      200 cm = ... m

2)      500 cm  = ... m

3)      6 m  = ... cm

4)      400 cm  = ... m

5)      2 m 45 cm = ... cm

6)      4 m 32 cm = ... cm

7)      8 m 79 cm = ... cm

8)      4 m 8 cm = ... cm

9)      7 m  = ... cm

10)   70 m 9 cm = ... cm

SELMAT BELAJAR