Senin, 05 Agustus 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Senin 5 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyimak cerita
  2. Mendengarkan cerita
  3. Menjelaskan hubungan simbol dan sila pancasila dalam lambang negara

    #. Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat dapat menceritakan gambar yang diamati
  2. Peserta didik dapat menjelaskan hubungan symbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.
    #. Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
  • Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

#. Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

#.   Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar  mengenal huruf vokal dan huruf konsonan dan mengenal makna simbol dan sila-sila Pancasila. Adakah yang masih ingat simbol pancasila pertama? okay lambang pancasila  pertama adalah bintang.  Nah, untuk hari ini kita akan belajar menyimak sebuah cerita dan mengel makna warna pada simbol pancasila. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



# Materi Bahasa Indonesia


Nah anank-anak, setelah itu marilah kita amati cerita "Pagi yang Sibuk" berikut ini.


Setelah selesai menyimak cerita, cobalah diskusikan dan jawab pertanyaan berikut.
  1. Binatang dan bunyi apa aja yang terdapat pada gambar?
  2. Sebutkan huruf depan dari setiap bunyi-bunyian yang terdapat pada gambar?
  3. Peserta didik mencocokkan dan menirukan bunyi binatang


#. Materi Pendidikan Pancasila

Yuk kita nyanuikan lagu "Pelangi-Pelangi" bersama sebelum memulai pembelajaran. Bernyanyilah dengan penuh semangat ananda sholeh sholehah^^


Warna pada lambang Garuda Pancasila merupakan suatu keunikan/karakteristik bagi bangsa Indonesia yang mengandung makna. Hal ini dalam rangka mengenalkan makna filosofis warna dan komponen sebagai simbol lambang Garuda Pancasila.

  1. Warna Merah: Warna merah bisa kita lihat pada bagian kanan atas dan kiri bawah perisai garuda pancasila. Warna ini melambangkan keberanian.
  2. Warna Putih: Di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai garuda pancasila kita bisa melihat ada warna putih pada dasarnya. Warna putih pada perisai ini melambangkan kesucian, kebenaran, dan juga kemurnian.
  3. Warna Kuning Emas: Kita bisa melihat warna kuning emas pada lambang bintang, rantai, dan padi. Tak hanya itu, seluruh warna burung garuda pancasila juga berwarna kuning emas. Warna ini memiliki arti keagungan bangsa dan keluhuran megara Indonesia.
  4. Warna Hitam: Warna hitam bisa kita lihat terdapat pada bagian tengah perisai dan warna banteng lambang pancasila. Warna ini diartikan sebagai siklus hidup manusia dari mulainya diciptakan hingga mencapai akhir kehidupan. Hitam juga dimaknai sebagai keabadian.
  5. Warna Hijau: Pada lambang pohon beringin dan kapas, ada warna hijau yang melambangkan warna alam. Ternyata warna hijau pada burung garuda pancasila memiliki arti kesuburan, kemakmuran, dan kehidupan di alam semesta.

Ayo berlatih!


#. Refleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi menyimak sebuah cerita dan mengel makna warna pada simbol pancasila, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran besok depan ananda sholeh sholehah^^

 

 

#.  Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

Jumat, 02 Agustus 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—


MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal           : Jumat 2 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran          : Seni Rupa


 # #Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Membaca dan menulis bilangan sampai 10 melalui kegiatan menghitung jumlah benda secara satuan dengan benar

  2. Membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis
    atau rapat, renggang)
    # Tujuan Pembelajaran
P.  Peserta serta didik dapat membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang)

    # Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta mengenal dan menggunakan aneka jenis garis berdasarkan bentuknya(lurus, bergelombang, zigzag, melengkung,putus-putus) dan arahnya (vertikal, horisontal, dan diagonal.

Materi Seni Rupa


Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.

Macam-macam garis dalam seni rupa terbagi menjadi 5, yaitu:

  1. Garis lurus adalah garis yang menghubungkan dua titik dengan jarak terdekat.
  2. Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok. Beberapa jenis garis lengkung antara lain mengapung, garis lengkung busur, dan garis lengkung kubah.
  3. Garis patah-patah adalah garis yang tidak berkaitan dengan goresan lainnya.
  4. Garis zig-zag merupakan jenis garis yang berkelok-kelok di arah yang berlawanan.
  5. Garis gabungan dalam seni rupa sering kali digunakan dengan mengkombinasikan dua atau lebih jenis baris.

Siswa membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis
atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan
tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis
sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

Amatilah video berikut ini!





Kamis, 01 Agustus 2024

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah πŸ€—

MATERI HARI INIπŸ‘‡

Hari /Tanggal          : Kamis 1 Agustus 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran          :projek penguatan profil Pelajar Pancasila.( P5)


Tujuan Projek:

  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, projek “Keberagaman Budayaku” bertujuan mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaan terhadap keberagaman etnik, agama, dan budayaHal ini dimaksudkan untuk membangusikap toleransi peserta didik dalam keberagaman di lingkungan sekolah dan rumah, serta menjunjuntinggi nilai Bhinneka Tunggal Ikdengan menuangkan ide dan kreativitas peserta didik dalam mencintai keberagaman melaluberbagai karya  seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    πŸ“Œ Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tahap:

1.     Tahap Pengenalan

Peserta didik diajak mengenal dan mengidentifikasi konsep kebhinnekaan dengan melakukan eksplorasi materi.

2.     Tahap Kontekstualisasi

Peserta didik diberikan ruang untuk berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selanjutnya, peserta didik mengeksplorasi keberagaman yang addi kelasnya dan lingkungan sekolahkemudian menuliskan keberagaman yang ada dilingkungan sekitarnya.

3.     Tahap Aksi

Peserta didik didampingi guru membuat salah satu karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah tempat tinggalnya, seperti membuat kolase mahkota adat Lampung dari bahan bubur kertas.. Selanjutnya, peserta didik diajaberkreasi melalui pembuatan mahkota siger yang di hias sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta didik.

4.    Tahap Refleksi dan Evaluasi

Selama proses projek ini berjalan, peserta didik tidak hanya membentupengetahuan, tetapjuga membangun kesadaran dan melakukan observasiPada akhirnya, peserta didik dapat menentukan sikap yang baik dalam menghadapi keberagaman budaya yang ada di lingkungan sekitarnya.


πŸ“Œ Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Bernalar Kritis, khususnya elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengelompokkan banyak benda yang berjumlah 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang profil pelajar Pancasila atau yang biasa disebut dengan P5. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^

TAS 1 

(Asesmen Diagnostik)

KEBERAGAMAN AGAMA

 


 

Rubrik Penilaian

 

 

 

 

 

No.

 

 

 

 

Nama

Dapat menyebutkan agama

,tempat ibadah dan hari Raya agama yang dianutnya

 

Dapat menyebutkan tempat ibadah agama yang dianutnya

 

Dapat menyebutkan hari raya agama yang dianutnya

 

Belum dapat menyebutkan agama ,tempat ibadah dan hari besar agama yang dianutnya.

SB

B

C

PB

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik

 


AKTIVITAS 2

MENGENAL BERAGAM SUKU

Persiapan :

1.  Guru menyiapkan video pembelajaran Beragam Suku di Indonesia, video lagu satu nusa satu bangsa

 

Pelaksanaan :

1.          Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” Bersama-sama dengan penuh semangat.

2.          Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi beragam suku, seperti:

a.          Apakah kalian tahu bahwa Indoensia memiliki beragam suku?

b.          Apakah kalian tahu suku orangtua kalian?

3.          Guru menjelaskan tentang beragam Suku yang ada di nusantara. Guru menampilkan video tentang beragam suku. 


4.          Peserta didik mengamati contoh contoh suku di Nusantara

5.          Peserta didik melakukan diskusi Bersama teman kelompoknya terakait suku dari tiap anggota kelompok.

6.          Peserta didik mengerjakan tugas kelompok yaitu membuat data asal daerah (suku) dari anggota kelompoknya.

7.          Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk menyebutkan nama suku yang sudah di kenalnya.  Contoh gambar


kenalnya.  Contoh gambar


 

LEMBAR KERJA AKTIVITAS 2

Mengenal Beragam Suku

 

Nama Kelompok   : ……………………….

Kelas                     : ……………………….

Hari, tanggal         : ……………………….

 

Petunjuk:

Peserta didik menuliskan asal daerah anggota kelompoknya.

 

No.

Nama Anggota Kelompok

Asal Daerah

Makanan daerah

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

Jumlah soal keseluruhan ada 10 soal

Pedoman penilaian = Nilai akhir = Jumlah soal

Penilaian



Refleksi Pertemuan 1



Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

  1. Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
  2. Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


πŸ“ŒRefleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi tentang keberagaman agama dan suku di Indoensia, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjtnya ananda sholeh sholehah^^

 

 

πŸ“Œ Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^