Senin, 11 Agustus 2025

MATERI AJAR SELASA, 12 AGUSTUS 2025

 

Hari, Tanggal       : Selasa, 12 Agustus 2025
Kelas                  : 1 B
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Pancasila 
Guru Kelas          : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.


📌 Metode dan Media ajar

     Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD


📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila. 


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):     

  1. Murid dapat menjelaskan makna simbol dan sila


📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami tentang hubungan jumlah bulu Garuda Pancasila dengan hari kemerdekaan Negara Indonesia.


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^ 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran membandingkan banyak benda. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk pada pelajaran pendidikan pancasila yaitu Hubungan jumlah bulu pada burung Garuda. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^

📌 Materi Pendidikan Pancasila
Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa, 
Let's chek it out!! ^^

Burung Garuda Pancasila, sebagai lambang negara Indonesia, memiliki makna yang mendalam di setiap detailnya. Salah satu simbolisme yang menarik adalah jumlah bulu pada tubuh burung garuda. Setiap jumlah bulu tersebut ternyata memiliki korelasi langsung dengan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Rincian Jumlah Bulu dan Maknanya:

  • 17 helai bulu sayap kanan dan kiri: Melambangkan tanggal 17 Agustus, hari di mana Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.
  • 45 helai bulu leher: Merujuk pada tahun kemerdekaan, yakni 1945.
  • 19 helai bulu pangkal ekor: Juga melambangkan tahun kemerdekaan, 1945.
  • 8 helai bulu ekor: Menunjukkan bulan Agustus, bulan kedelapan dalam setahun ketika kemerdekaan Indonesia diraih.

Tentu, berikut rangkuman materi tentang hubungan jumlah bulu pada burung Garuda Pancasila dengan tanggal kemerdekaan Indonesia:

Hubungan Jumlah Bulu Garuda Pancasila dengan Tanggal Kemerdekaan

Burung Garuda Pancasila, sebagai lambang negara Indonesia, memiliki makna yang mendalam di setiap detailnya. Salah satu simbolisme yang menarik adalah jumlah bulu pada tubuh burung garuda. Setiap jumlah bulu tersebut ternyata memiliki korelasi langsung dengan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Rincian Jumlah Bulu dan Maknanya:

  • 17 helai bulu sayap kanan dan kiri: Melambangkan tanggal 17 Agustus, hari di mana Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.
  • 45 helai bulu leher: Merujuk pada tahun kemerdekaan, yakni 1945.
  • 19 helai bulu pangkal ekor: Juga melambangkan tahun kemerdekaan, 1945.
  • 8 helai bulu ekor: Menunjukkan bulan Agustus, bulan kedelapan dalam setahun ketika kemerdekaan Indonesia diraih.

Pemilihan jumlah bulu dengan makna yang begitu spesifik ini bertujuan untuk:

  • Mengabadikan momen bersejarah: Dengan menyisipkan tanggal kemerdekaan dalam detail lambang negara, maka peristiwa penting tersebut akan selalu diingat oleh generasi penerus.
  • Menghubungkan lambang negara dengan sejarah bangsa: Burung Garuda Pancasila tidak hanya menjadi simbol negara, tetapi juga menjadi representasi perjuangan dan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia.
  • Memperkuat nilai-nilai nasionalisme: Simbolisme yang begitu kuat ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada seluruh warga negara Indonesia.

📌 REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Minggu, 10 Agustus 2025

 MATERI AJAR SENIN, 11 AGUSTUS 2025

 

Hari, Tanggal       : Senin, 11 Agustus 2025
Kelas                  : 1 B
Mata Pelajaran    : Matematika dan Bahasa Indonesia 
Guru Kelas          : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.

📌 Metode dan Media ajar
     Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
     Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
  1. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
  2. Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
  1. Murid dapat mengurutkan bilangan sampai 10
  2. Murid dapat menulis benda yang berawalan huruf B.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Mengurutkan bilangan sampai 10

  2. Menulis kata yang di awali suku kata Ba-, Bi-, Bu-, Be-, dan Bo-


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
 
Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari jenis garis pada suatu gambar. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

Materi Matematika

Mengurutkan benda sampai 10

Perhatikan gambar berikut.

Gambar di atas merupakan balok dengan warna yang berbeda-beda. Urutkanlah balok tersebut dari yang paling sedikit jumlahnya ke yang paling banyak jumlahnya.

Kemudian setelah itu cobalah mengurutkan balok di atas dari urutan sebaliknya. 

Nah anak-anak setelah kita melakukan percobaan mengurutkan benda 
berupa balok di atas, dapat disimpulkan bahwa mengurutkan adalah 
proses merangkai benda dalam urutan tertentu, Beberapa bilangan 
dapat diurutkan dari yang terkecil (paling sedikit) dan dari yang terbesar 
(yang paling banyak)


Materi Bahasa Indonesia


LKPD Bahasa Indonesia

REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa seluruh murid sudah mampu mengurutkan bilangan sampai 10 namun ada beberapa murid yang memerlukan bimbingan dalam mengurutkan dari bilangan atas ke bawah. 

Kamis, 07 Agustus 2025

 MATERI AJAR JUM'AT, 08 AGUSTUS 2025

 

Hari, Tanggal       : Jum'at, 08 Agustus 2025
Kelas                  : 1 B
Mata Pelajaran    : Seni Rupa 
Guru Kelas          : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.

📌 Metode dan Media ajar

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, LKPD


📌 Capaian Pembelajaran (CP): Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): Murid dapat mengenali unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.   


📌 Tujuan Pembelajaran (TP): Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.


    Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran makna warna simbol Pancasila. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk pada pelajaran Seni Rupa yaitu memahami garis melalui bentuk. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!

Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.

Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat: 


REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh murid sudah mampu memahami bentuk dari garis.

Rabu, 06 Agustus 2025

 MATERI AJAR KAMIS, 07 AGUSTUS 2025

  

Hari, Tanggal       : Kamis, 7 Agustus 2025
Kelas                  : 1 B
Mata Pelajaran    : Pendidikan Pancasila dan PAK
Guru Kelas          : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.


📌 Metode dan Media ajar

     Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD


📌 Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

        Murid dapat mengenal simbol sila Pancasila 


📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

Menjelaskan hubungan simbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


Selamat pagi ananda sholeh sholehah.  Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran mengenal suku kata Ba, Bi, Bu, Be, Bo. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk pada pelajaran pendidikan pancasila yaitu memahami makna warna simbol pancasila. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊

Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan seluruh murid dikelas.
Amatilah gambar di bawah ini!
Warna pada lambang Garuda Pancasila merupakan suatu keunikan/ karakteristik bagi bangsa Indonesia yang mengandung makna. Hal ini dalam rangka mengenalkan makna filosofis warna dan komponen sebagai simbol lambang Garuda Pancasila.

  1. Warna Merah: Warna merah bisa kita lihat pada bagian kanan atas dan kiri bawah perisai garuda pancasila. Warna ini melambangkan keberanian.
  2. Warna Putih: Di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai garuda pancasila kita bisa melihat ada warna putih pada dasarnya. Warna putih pada perisai ini melambangkan kesucian, kebenaran, dan juga kemurnian.
  3. Warna Kuning Emas: Kita bisa melihat warna kuning emas pada lambang bintang, rantai, dan padi. Tak hanya itu, seluruh warna burung garuda pancasila juga berwarna kuning emas. Warna ini memiliki arti keagungan bangsa dan keluhuran megara Indonesia.
  4. Warna Hitam: Warna hitam bisa kita lihat terdapat pada bagian tengah perisai dan warna banteng lambang pancasila. Warna ini diartikan sebagai siklus hidup manusia dari mulainya diciptakan hingga mencapai akhir kehidupan. Hitam juga dimaknai sebagai keabadian.
  5. Warna Hijau: Pada lambang pohon beringin dan kapas, ada warna hijau yang melambangkan warna alam. Ternyata warna hijau pada burung garuda pancasila memiliki arti kesuburan, kemakmuran, dan kehidupan di alam semesta.

  1. kehidupan di alam semesta.


📌 REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh murid sudah mampu memahami makna warna dari simbol Pancasila dan seluruh murid sudah mampu mengenal makna jujur melalui video pembelajaran tetang jujur.

Senin, 04 Agustus 2025

 MATERI AJAR SELASA, 05 AGUSTUS 2025

 

Hari, Tanggal       : Selasa, 5 Agustus 2025
Kelas                  : 1 B
Mata Pelajaran    :  Seni Rupa dan Pendidikan Pancasila 
Guru Kelas          : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.


📌 Metode dan Media ajar

     Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD


📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
  2. Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila. 


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.      
  2. Murid dapat menjelaskan makna simbol dan sila


📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.
  2. Menjelaskan hubungan simbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^ 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran membandingkan banyak benda. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk pada pelajaran pendidikan pancasila yaitu simbol pancasila dan seni rupa mengenal garis. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Materi Seni Rupa 
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!

Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.

Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat: 

Tugas Seni Rupa :
Buatkan gambar bidang di dalam buku gambar kalian dengan baik.
 Materi Pendidikan Pancasila
Yuk kita nyanuikan lagu "Pelangi-Pelangi" bersama sebelum memulai pembelajaran. Bernyanyilah dengan penuh semangat ananda sholeh sholehah^^

Amatilah gambar di bawah ini!


Perhatikan Simbol-simbol Pancasila di bawah ini.

     

       

Warna pada lambang Garuda Pancasila merupakan suatu keunikan/karakteristik bagi bangsa Indonesia yang mengandung makna. Hal ini dalam rangka mengenalkan makna filosofis warna dan komponen sebagai simbol lambang Garuda Pancasila.

  1. Warna Merah: Warna merah bisa kita lihat pada bagian kanan atas dan kiri bawah perisai garuda pancasila. Warna ini melambangkan keberanian.
  2. Warna Putih: Di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai garuda pancasila kita bisa melihat ada warna putih pada dasarnya. Warna putih pada perisai ini melambangkan kesucian, kebenaran, dan juga kemurnian.
  3. Warna Kuning Emas: Kita bisa melihat warna kuning emas pada lambang bintang, rantai, dan padi. Tak hanya itu, seluruh warna burung garuda pancasila juga berwarna kuning emas. Warna ini memiliki arti keagungan bangsa dan keluhuran megara Indonesia.
  4. Warna Hitam: Warna hitam bisa kita lihat terdapat pada bagian tengah perisai dan warna banteng lambang pancasila. Warna ini diartikan sebagai siklus hidup manusia dari mulainya diciptakan hingga mencapai akhir kehidupan. Hitam juga dimaknai sebagai keabadian.
  5. Warna Hijau: Pada lambang pohon beringin dan kapas, ada warna hijau yang melambangkan warna alam. Ternyata warna hijau pada burung garuda pancasila memiliki arti kesuburan, kemakmuran, dan kehidupan di alam semesta.

Minggu, 03 Agustus 2025

 MATERI AJAR SENIN, 04 AGUSTUS 2025

 

Hari, Tanggal       : Senin, 04 Agustus 2025
Kelas                  : 1 B
Mata Pelajaran    : Matematika dan Bahasa Indonesia 
Guru Kelas          : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.

📌 Metode dan Media ajar
     Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
     Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
  1. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
  2. Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
  1. Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
  2. Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10

  2. Menceritakan dan menirukan gambar yang diamati

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
 
Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari jenis garis pada suatu gambar. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Materi Matematika

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 4

LKPD Matematika

Materi Bahasa Indonesia


Bunyi adalah suara yang kita dengar. Bunyi bisa berasal dari alam, benda, hewan, dan manusia. Kita bisa belajar dengan mendengarkan bunyi di sekitar kita.

Contoh:

  • Bunyi ayam: "kukuruyuk"

  • Bunyi kucing: "meong"

  • Bunyi lonceng: "ting-tong"

  • Bunyi angin: "whoosshhh"

  • Bunyi hujan: "tik-tik" 

LKPD Bahasa Indonesia


📌 REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh murid sudah mampu membandingkan banyak benda namun pada saat penulisan beberapa masih dalam bimbingan guru dikarenakan masih ada yang belum bisa menulis dan membaca serta seluruh murid sudah mempu mengenal bunyi di sekitar dengan baik.