Senin, 22 Februari 2021

Materi ajar kls 3B

Senin, 22 Februari 2021

 Penilaian Harian Tema 6 Subtema 3

Hari/Tanggal        : Senin, 22 Februari 2021

Kelas                    : 3 A

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahannya)

Subtema               : 3 ( Energi Alternatif )

Pembelajaran        : Penilaian Harian (PH)

Alat Peraga           : Google Forms

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

                         رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا  وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَاجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Aalamin.

Alhamdulillah kita telah melaksanakan pembelajaran ini dengan baik dan lancar. Dalam minggu lalu kita telah belajar banyak materi pembelajaran, dari Menemukan informasi terkait energi alternatif, Briket pengganti BBM, Energi alternatif Biogas serta belajar tentang Hak dan kewajiban dalam menjaga lingkungan sekolah dan sekitar rumah.

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian pada Tema 6 subtema 3 ini. Baiklah sebelum kita melanjutkan kegiatan, jangan lupa anak-anak untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak

Kunci Jawaban latihan soal Cerdas Halaman 50 -52 

PPKN             B.INDO
1. A                1. B
2. B                2. D
3. D                3. B
4. A                4. D
5. A                5. B

MTK              SBDP
1. B                1. B
2. B                2. A
3. B                3. B
4. B                4. A
5. D                5. B

Yuk untuk hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian  

Untuk Penilaian Harian dapat dikerjakan pada link berikut ini.👇

https://forms.gle/R8iqEhBYdrYPeNsj6


Tugas Menghafal Perkalian 

Setelah anak-anak mengerjakan PH, Yuk anak-anak dapat mengirimkan hafalan perkalian 5 

Pengiriman berupa video saat anak sedang menghafal perkalian 5 dan ibu minta saat melaksanakan hafalan untuk anak-anak MEMEJAMKAN MATA TIDAK BOLEH MEMBUKA MATA.

Jika belum hafal dapat konfirmasi sehingga ibu guru akan memberikan waktu lebih dalam pengumpulan tugas. 

Semoga ananda semua dapat membaca perintah ibu guru dengan baik dan benar ya nak 👍💪

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan PH (grup Wa /Chat Pribadi)
3. Pengumpulan Video perkalian dapat langsung Chat Pribadi ibu guru. 
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Teimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 

Jumat, 19 Februari 2021

 

Jumat, 19 Februari 2021 ( Energi Alternatif Biogas)

Bahan Ajar Tema 6 Subtema 3 PB  6

Hari/Tanggal        : Jum,at, 19 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 3 (Energi Alternatif)

Pembelajaran        :  6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
2. Siswa dapat menemukan informasi tentang Biogas
3. Siswa dapat mengetahui dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung. 


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪  

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut secara nyaring dengan intonasi yang tepat!

BIOGAS


Ada banyak hewan di sekitar kita. Hewan di sekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi
makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat  digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.  Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan. 
Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi  bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.
Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk.

Ayo Berdiskusisi

Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu atau bersama anggota keluarga! 
Sekarang yuk kita jawab bersama-sama. 

1. Berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi aternatif!
Jawab: 
a. Sumber daya yang tidak terbatas karena biogas dihasilkan dari reaksi gas metan yang berasal dari kotoran binatang
b. Harga yang lebih terjangkau sehingga memenuhi kebutuhan harian masyarakat. 

2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan!
Jawab: 
Energi biogas termasuk ramah lingkungan karena terbuat dari bahan dasar kotoran ternak dan aneka limbah yang diolah sedemikian rupa, seperti limbah peternakan, limbah pertanian, limbah perairan, limbah industri, dan sampah organik. 

3. Berikan 2 contoh keuntungan menggunakan biogas!
Jawab: 
a. Lebih ramah lingkungan
b. Proses penggunaan tidak mengeluarkan asap. 

4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas!
Jawab:
a. Karena memerlukan biaya tinggi untuk peralatan instalasi biogas.
b. Kurangnya tenaga trampil dalam proses produksi biogas. 

Ayo Berlatih

Disuatu desa masyarakat memilih menggunakan biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang digunakan untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jika kegiatan memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka memiliki satu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

Jawab: 8 : 4 = 2 

Jadi, biogas dapat digunakan selama 2 hari. 

2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

Jawab: 16 : 4 = 4 

Jadi, biogas dapat digunakan selama 4 hari. 

Memilih menggunakan energi alternatif termasuk  sikap peduli kepada lingkungan. Menjaga  lingkungan harus terus diupayakan. Agar kehidupan dapat terus berlangsung dengan baik.

Perhatikan gambar berikut! Berikan saran dan alasan!

Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?

Sebaiknya jangan membuang sampah disungai. 

Mengapa? Jelaskan!

Membuang sampah di sungai dapat menyebabkan banjir dan pencemaran lingkungan. 

Sekarang cobalah anak-anak dapat mengamati lingkungan daerah Rumahmu. Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di Rumahmu!


Tugasmu!

Kerjakanlah latihan Tematik di buku Cerdas Tema 6 Subtema 3 Energi Alternatif.

Halaman 50 - 52. Kerjakan bagian I : PPKN, B.INDO, MTK, SBDP. 

Kerjakan saja di buku Cerdas. Bagi yang tidak memiliki kerjakan di latihan tema dengan menulis jawaban yang benar saja. 

 



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 11.00 jika telat dapat konfirmasi. 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Kamis, 18 Februari 2021

 



Kamis, 18 Februari 2021 (Briket Pengganti BBM)

Bahan Ajar Tema 6 Subtema 3 PB  5

Hari/Tanggal        : Kamis, 18 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 3 (Energi Alternatif)

Pembelajaran        :  5

Alat Peraga           : Gambar dan Vidio

Kompetensi Dasar : 

PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
2. Siswa dapat menemukan informasi tentang Briket Pengganti BBM
3. Siswa dapat mengetahui dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung. 
 

Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪  

Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. 

Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:

 Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji

 Kanji

 Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan

 Korek api 

Cara kerja:

1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).

2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.

3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.

4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus.  Kemudian disaring atau diayak.

5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.

6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.

7.  Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa   hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar  matahari.

Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briket mudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.

Setelah membaca mari kita menjawab pertanyaan di bawah ini dengan menonton vidio pembelajaran di bawah ini !

https://www.youtube.com/watch?v=DkUo9NvMQ7w

1.Sebutkan Fungsi briket?

- Fungsi briket adalah sebagai penganti bahan bakar minyak.

2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!

- Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji 

- Kanji ( tepung sagu)

- Potongan bambu/pipa paralon/setinggi 7-10 cm untuk cetakan

- Korek api

3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak ( BBM)!

 - Kelebihan briket dari bahan bakar minyak antara lain briker dapat mengurangi pencemaran akibat     bahan bakar fosil    
 - Briket mudah terbakar ,namun briket cepat habis

4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?
 
-Briket dapat dijadikan energi arternatif karena dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

5.Briket dapat mengurangi sampah.Bagaimana menurut pendapatmu? jelaskan alasannya!

-Briket dapat mengurangi sampah karena briket terbuat dari bahan sisa seperti serbuk gerjaji dan tempurung batok.

Penggunaan briket dapat mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan. Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.



Ayo Berlatih

Siti dan teman-teman sedang berkemah. Selama berkemah mereka memasak makanan sendiri. Selama berkemah mereka juga memasak air sendiri. Mereka memasak menggunakan bahan bakar briket.

Selesaikan masalah berikut ini!

Contoh Soal:

Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?

Jawab: 2 jam = 02.00


Jadi, Briket akan habis pada pukul 16.30 

Sekarang yuk kita berlatih soal berikut ini.

Tugasmu !

Selesaikanlah masalah berikut ini!
Tulis menggunakan tulisan tegak bersambung.

1. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak.
Setiap  briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akan habis?
Jawab : ..................

2. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket dapat digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa lama briket kelompok tersebut dapat digunakan?
Jawab : ..................

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪















Rabu, 17 Februari 2021

 

Rabu, 17 Februari 2021 (Kewajiban dan Hak Menjaga Lingkungan)


Bahan Ajar Tema 6 Subtema 6 PB  3  dan 4

Hari/Tanggal        : Rabu, 17 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 3 (Energi Alternatif)

Pembelajaran        :  3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
2. Siswa dapat menemukan informasi tentang sumber energi
3. Siswa dapat mengetahui dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung. 
 

Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪  

Ayo Belajar!

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan  diagonal.

Ibu menemukan 8 kata yang ada di kotak :

1.Listrik            5.Minyak

2.Angin            6.PLTA

3.Air                7.Generator

4.Turbin           8.Matahari

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif.  Semakin kuat gerak air, semakin besar pula  energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.  Pernahkah kamu melihat kincir air?

Perhatikan gambar berikut!


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan
juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. 
Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.  
Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan. 



Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa. Perhatikan gambar berikut! Lihatlah tanda 18/07/08.  Artinya, minuman .

sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.

Ayo Berlatihh

Amati contoh berikut!


 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 12/17

 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 24/11/18

Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya.
Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tubuh.

Air merupakan  sumber energi alternatif. Energi  air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.  Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak.  
Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi  kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. 
Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Ayo Membaca

Kamu sudah mengetahui bahwa tenaga air merupakan salah satu energi alternatif. Air milik bersama. Meskipun tinggal di tempat berbeda. Namun bumi kita satu. Kita semua tinggal di bumi yang sama. Kita semua harus menjaga bumi kita. Kita bersama-sama menjaga kelestarian sumber  energi yang ada di bumi.

Perhatikan gambar berikut ini!

Berikan penjelasan tentang kegiatan pada gambar! pada gambar di atas terlihat rusa dan ayam sedang minum air.

Berikan contoh kewajiban yang harus kamu lakukan pada kegiatan tersebut!
kewajiban yang harus kita lakukan adalah menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi, yaitu salah satunya adalah air. 

Baiklah ini adalah jawaban ibu guru, sekarang yuk anak-anak dapat mengerjakan latihan pada soal berikut ini. 

Tugasmu!

Tulislah kewajiban apa yang harus kalian lakukan pada kegiatan pada gambar berikut.
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung serta buatlah gambarnya.

1. 

2. 

3. 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪










Selasa, 16 Februari 2021

 

Selasa, 16 Februari 2021 (Energi Alternatif)

  

Bahan Ajar Tema 6 Subtema 3 PB  1 dan 2

Hari/Tanggal        : Selasa  , 16 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahannya)

Subtema               : 3 (Energi Alternatif)

Pembelajaran        :  1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

SBdP : 3.2 Membuat karya dekoratif.

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui informasi tentang sumber dan bentuk energi
2. Siswa dapat menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
3. Siswa dapat membuat karya dekoratif


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Baiklah disini sebelum mempelajari materi selanjutnya, ibu guru akan membahas penilaian harian kemarin. Pada hari senin, penjelasan sebagai berikut: 

PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 2

PPKN: KD 3.2

1.   Contoh sikap bersyukur kepada tuhan adalah ...

a. memanfaatkan energi dengan sebaik-baiknya

b. membeli bahan bakar sebanyak-banyaknya

c. menggunakan sumber energi sesuka hati

d. menggunakan dengan boros

2. Kewajiban dalam pemanfaatan energi listrik adalah ...

a. menggunakan listrik sebanyak-banyaknya

b. membayar tagihan listrik lebih mahal

c. mematuhi aturan pemakaian energi listrik

d. menghambur-hamburkan

B.INDO: KD 3.2

3. Energi tidak akan punah, melainkan ... menjadi energi lain.

a. menyatu                   c. berubah

b. mengumpul             d. tetap

4. Energi listrik berubah menjadi ... pada setrika.

a. energi gerak c. energi panas

b. energi cahaya          d. energi bunyi

MTK: KD 3.6

5. Murid-murid berolahraga dari pukul 08.30 - 09.30. Mereka berolahraga selama ...

a. 30 menit                  c. 60 menit

b. 45 menit                  d. 90 menit

6. Lama waktu 1 jam 30 menit ditunjukkan rentang waktu ...

a. 07.30 - 09.00           c. 09.30 - 10.30

b. 08.00 - 09.15           d. 10.00 - 11.00

7. Pukul 06.00 Dayu bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 06.30. Lama kegiatan tersebut adalah ...

a. 30 menit                  c. 50 menit

b. 40 menit                  d. 60 menit

8. Ibu mulai memasak pukul 09.00. Lamanya ibu memasak adalah 60 menit. Maka, ibu selesai memasak pada pukul ...

a. 08.00                       c. 10.00

b. 09.00                       d. 11.00

SBDP: KD 3.2

9. Ciri-ciri tarian dengan gerakan lemah adalah ...

a. gerakannya cepat

b. gerakannya lambat

c. gerakannya lincah

d. gerakannya sesuka hati

10. Seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari, karena menari merupakan salah satu kegiatan yang menguras ..

a. kekuatan                  c. keringat

b. gerakan                    d. energi

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪 

Energi Alternatif

Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. 
Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya
semakin sedikit. 
Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak.  Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!

Ayo Membaca

Apakah energi alternatif itu?
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.

Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut! 

 
Pemanfaat energi surya                            Pemanfaatan energi air


    
Pemanfaatan energi angin

Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi 
gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah. 

Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan. 

Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin  ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan
pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.

Ayo Berkreasi!

Kalian dapat bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layanglayang. Perhatikan jenis layang-layang berikut!

                                 
Layang-layang digambar dan diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan untuk menghias layanglayang. Bidang juga digunakan untuk hiasan tersebut. Layang-layang tersebut memiliki warna  yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi  motif dalam gambar layang-layang. 


Ayo Berlatihh
Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!   


Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.

Ayo Membaca

Gerak Angin sebagai Energi Alternatif 

Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Merekamemilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup. 
Angin diperlukan untuk menerbangkan layang- layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain . layang-layang.  Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang. 
Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.  

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.  
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin. 
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam. Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang.  Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang menggunakan tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan untuk permainan lainnya.

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar  dengan benar. 
Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.

                                                               
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.


Tugasmu!

Kamu sudah belajar tentang gambar dekoratif. 
Cobalah menghias gambar layang-layang berikut! Gunakan garis, bidang, dan warna sesuai keinginanmu!
Anak-anak dapat melihat contoh gambar layang-layang pada buku Tema 6 Subtema 3 halaman 109.
Atau boleh menghias gambar layang-layang sesuai imajinasi anak-anak.

Kerjakan di buku gambar ya nak dan diberi warna sesuai imajinasi kalian. Selamat mencoba..

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪