Selasa, 10 September 2024

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangka


MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal           : Selasa 10 September 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran       : Matematika dan Seni rupa

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel


    #. Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat Bentuk dengan Potong & Tempel

  #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.


#.  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang manfaat dari mematuhi aturan serta pengunaan tanda tanya dan tanda seru pada kalimat. Nah untuk hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan penjumlaahan 1-10, serta bagaiamana membuat bentuk dengan tempel dan potong. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.


Materi Matemtika


Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok bilangan menjadi satu kelompok yang lebih besar. Hasil dari penggabungan ini disebut jumlah.

Perhatikan gambar berikut:

Ada berapa burung di pohon? 

Ada berapa burung yang datang? (2)

Berapa jumlah semua burung? (6)


Berdasarkan gambar tersebut kita dapat mengetahui bahwa jumlah burung yang ada di pohon yaitu 4 ekor, sedangkan jumlah burung yang sedang terbang yaitu 2 ekor. Lalu berapakah jumlah semua burung?

untuk menjawabnya kita bias menuliskannya ke dalam operasi hitung penjumlahan yaitu:





LATIHAN SOAL



Materi Seni Rupa


MEMBUAT BENTUK DENGAN POTONG DAN TEMPEL






Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.

Contoh Bentuk Geometris Dasar:


LATIHAN



Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan latihan soal operai hitung penjumlahan dengan baik, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang menuliskan bentuk angka terbalik, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. untuk materi seni rupa yaitu tentang membuat bentuk dengan teknik potong dan tempel. Alhamdulillah semua peserta didik sudah mampu memotong dan menempel kertas dengan mandiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar