Senin, 23 Maret 2020

Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1,2 (Senin, 23 Maret 2020)

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam

Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam

Siang hari langit terang
Cahaya matahari menerangi bumi
Udara terasa panas
Kita dapat lakukan berbagai kegiatan
seperti bersekolah pada siang hari
Malam hari langit gelap
Terlihat bulan dan kerlip bintang di langit
Udara terasa dingin
Kita beristirahat pada malam hari



Hari/Tanggal : Senin, 23 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
·         Dengan membaca teks dan menyanyi lagu “Matahari Terbenam”, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
·         Dengan berdiskusi siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
·         Dengan percaya diri, siswa mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.
·         Dengan gembira, siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
·         Dengan kegiatan menyanyi bersama, siswa dapat menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.

Materi Pembelajaran:
·         Membaca teks tentang peristiwa siang dan malam hari
·         Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
·         Menuliskan kosakata tentang peristiwa malam hari yang siswa temukan dalam teks
·         Mengamati gambar sila kelima Pancasila
·         Menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila

Ayo Mendengarkan

               Peristiwa Siang dan Malam
Peristiwa siang dan malam terjadi setiap hari
Pada siang hari sekitar kita tampak terang
Pada malam hari sekitar kita tampak gelap
               Siang hari tampak terang karena ada cahaya matahari
               Malam hari tampak gelap karena tidak ada cahaya matahari
               Cahaya matahari tidak ada karena matahari telah terbenam
Siang hari terasa ramai
Semua orang melakukan aktivitasnya
Malam hari terasa sepi
Semua orang kembali ke rumah untuk beristirahat.

Ayo Lakukan
Tulislah keadaan alam pada tempat yang tersedia!
Pilihlah dari kata-kata yang tersedia
Gelap              terang             sepi                  hangat                        sejuk
Bulan              tidur                ramai              bersekolah      matahari

.......................................................................
.......................................................................

.........................................................................
.........................................................................

Ayo Bernyanyi

Matahari mulai terbenam
Tandanya hari mulai malam
Saatnya malam hari kita berada dirumah
Kita berkumpul bersama keluarga
Nenek ingin membacakan cerita
Membaca cerita sambil mendengarkan lagu
Udin, Beni dan Edo tak sabar mendengarkan
Mereka duduk di teras rumah
Bintang dan bulan tampak terang di langit
Suasana malam terasa lebih sepi
Nenek mulai bercerita dan mendengarkan lagu.

                        Matahari Terbenam
                                    Ciptaan: N.N

Matahari terbenam
Hari mulai malam
Terdengar burung hanta
Suaranya merdu
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuu...
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuuu...

Ayo Belajar
Padi dan kapas melambangkan kemakmuran,
karena menggambarkan kebutuhan pokok yaitu,
sandang dan pangan.
Padi dan kapas adalah lambing sila kelima Pancasila
Bunyi sila kelima Pancasila:
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
·      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
·     Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
·   Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
·      Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.

Materi Pembelajaran:
·         Membaca teks tentang tamasya ke pantai saat hari cerah
·         Melakukan aktivitas air saat hari cerah
·         Membaca cerita bergambar tentang Indahnya Suasana Pantai
·         Menuliskan kosakata tentang peristiwa siang hari dari gambar tentang aktivitas air

Ayo Membaca
Hari ini matahari bersinar cerah
Ayah mengajak Dayu tamasya ke pantai
Dayu senang sekali
Angin bertiup sepoi-sepoi
Di pantai banyak pohon kelapa
Burung-burung terbang di sekitar pantai
Dayu mengajak ayah bermain di pingir pantai
Bermain dan membuat rumah-rumahan dari pasir
Dayu ingin belajar berenang
Berenang di pantai sangat menyenangkan
Saat ombak dating, Dayu berpegangan pada ayah
Mereka tertawa gembira.

Jenis-jenis Cuaca

1.    Cuaca Cerah: Matahari bersinar terik, siang hari udara terasa panas.
2.    Cuaca Berawan: Awan putih tampak menebal, matahari tertutupi awan, udara menjadi lembab.
3.  Cuaca Mendung: Langit gelap karena awan hitam, matahari tidak terlihat, cuaca mendung pertanda akan hujan.
4.      Cuaca Hujan: Udara terasa dingin, titik titik air hujan mulai turun, terkadang disertai petir dan Guntur.

Tugas Senin, 23 Maret 2020
kerjakan latihan Tematik di buku latihan tema nomor 1, soal ditulis menggunakan tegak bersambung. 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.      Kapan kamu dapat melihat petir dan mendengar Guntur?
2.      Saat cuaca apa kamu merasa panas?
3.      Apa perbedaan siang dan malam saat cuaca cerah?
4.      Saat cuaca apa terlihat awan hitam menggumpal?
5.      Saat cuaca apa udara terasa lembab?



                                                            - GOOD LUCK -

Jumat, 20 Maret 2020

PH Tema 7 Subtema 4

PH Tema 7 Subtema 4

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah materi tema 7 Subtema 4 sudah selesai.
Untuk itu pada hari ini kita akan melaksanakan ulangan tema atau Penilaian Harian..

Sebelum mengerjakan soal ulangan, saya berharap agar semua pertanyaan di jawab dengan benar dan JUJUR tanpa melihat buku Tema/Modul tematik.
Untuk itu mohon bimbingan orang tua dalam mengawasi anak-anak dalam mengerjakan soal. Karena sifat kejujuran lebih diutamakan. 💪

Soal ulangan di tulis menggunakan tulisan tegak bersambung dengan benar dan rapih. 
Ditulis di buku Latihan Tema nomor 1 dan jangan lupa diberi tanggal dan hari yaa...) 



Sebelum mengerjakan jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu yaa... 😇


Ppkn = kd: 3.2 (1-2)
B.Indo = kd: 3.8 (3-4)
Mtk= kd: 3.4 (5-8)
Sbdp= kd: 3.4 (9-10)

1. Menaati peraturan merupakan perbuatan yang.....
2. Sebutkan contoh kegiatan tertib di rumah....
3. Kita dapat mengetahui permukaan benda dengan cara....
4. Meja digunakan untuk menulis
    Kursi digunakan untuk.......
5. Jam dinsing berbentuk lingkaran
    Buku berbentuk.......
6. Hasil penjumlahan dari 35 + 24 adalah....
7. Badi memiliki 45 telur ayam.
    Badi memberikan 32 telur ayam kepada.      Bela.
    Berapa teluar ayam Badi sekarang?
8. 26 + 62 = 88
    37 - 22 = .....
9. Pasir merupakan contoh benda yang memiliko permukaan yang....
10. Sebutkan alat dan bahan untuk mbuat pasir warna.....

~ Good Lock 🔐  ~

Jika sudah mengerjakan soal ulangan segera untuk mengirimkan Hasil ulangan beserta dokumentasi saat anak-anak saat mengerjakan PH dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan sholat wajib dan sunnah yaa 💪💞
Terimakasih atas kerjasama antara wali murid semuanya 🙏🙏

Kamis, 19 Maret 2020

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 6 (19 Maret 2020)



Hari/Tanggal : Kamis, 19 Maret 2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi 
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda

Ayo Mengamati

Benda memiliki kegunaan yang berbeda beda
Amatilah berikut.

Ayah sedang bekerja di ruang kerja
Banyak benda yang digunakan
Coba sebutkan kegunaan benda benda itu.

1. Meja digunakan untuk............(menaruh alat tulis atau perlengkapan lainnya)
2. Pulpen digunakan untuk........(untuk menulis )
3. Buku digunakan untuk...........(untuk membaca ilmu pengetahuan dan dapat untuk menulis sesuatu yang penting)
4. Kursi digunakan untuk..........(untuk duduk)

Ibu sedang memasak di dapur
Banyak benda yang digunakan
Coba sebutkan kegunaan benda benda itu.

1. Pisau digunakan untuk...........
2. Timbangan digunakan untuk............
3. Panci digunakan untuk...........
4. Sendok digunakan untuk........

Isilah nama benda sesuai keterangan!

ember        tas           pisau          

1. benda ini terbuat dari kulit
ayah membawanya ke kantor
benda ini untuk membawa alat tulis
benda ini adalah ............... (tas)

2. ibu memotong dengan benda ini
benda ini terbuat dari besi
benda ini berguna saat memasak
benda ini adalah............ (pisau)

3. aku berbentuk tabung
aku berguna menampung air
aku terbuat dari plastik
aku adalah ............ (ember)


Ayo Berlatih

Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain, atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.

  
Ayo Berlatih
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas. 
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42

Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30

Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12

Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30

Rangkuman !

1. Setiap benda memiliki bentuk, warna, ukuran dan permukaan masing-masing
2. Bentuk bangun ruang benda di antaranya balok, tabung, bola dan kerucut
3. Benda dibuat dari bahan yang sesuai kegunaannya
4. Benda harus digunakan sesuai dengan kegunaannya
5. Soal pengurangan dikerjakan dengan mengurangkan bilangan satuan terlebih dulu

Tugas Tema hari ini adalah belajar dari subtema 4 pembelajaran 1 sampai 6 saja 
Untuk berlatih di rumah bisa mengerjakan evaluasi 4 sambil tanya jawab antara anak dan orang tua dirumah.

Pada hari Jumat, 20 Maret 2020 akan diadakan ulangan harian Tema 7 Subtema 4 untuk itu mohon bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak-anak dirumah ..
Terimakasih dan selalu semangat dalam belajar yaa... :)
Dan selalu ingat untuk melaksanakan sholat wajib dan sunah yaa 

 " GOOD LUCK "


Rabu, 18 Maret 2020

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5 dan Bahasa Lampung (18 Maret 2020)

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda


Hari/Tanggal : Rabu, 18 Maret 202
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis 
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99) dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda 
konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain tebak-tebakan benda
2. Mengenal berbagai bentuk benda
3. Berlatih menulis
4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan

Cara mengenali benda dapat dari permukaan atau bentuknya.
Ada benda yang memiliki permukaan halus.
Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar.
Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda.
Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat.
Ada juga yang berbentuk lingkaran.

Ayo Berlatih
1. perhatikan gambar berikut.
Sebuah toko bola memiliki 62 buah bola. 20 bola tersebut kempis.
Ada berapa bola yang tidak kempis?
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
2. Perhatikan gambar berikut. 
Sebuah toko buku memiliki 48 buah penggaris.
20 penggaris tersebut telah terjual.
Ada berapa penggaris yang belum terjual?
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...


Bahasa Lampung 

Membahas anak huruf yang terletak di samping huruf.
anak huruf yang terletak disampaing ada; Tekelingai, Keleniah dan Nengen.

Hari ini kita membahas anak huruf yang ada disamping dalam Bahasa Lampung yaitu;

1. Tekelingai
Tekelingai merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di samping induk huruf dan memiliki bunyi (ai).

Contoh :


Sekarang anak-anak sudah dapat memahami anak huruf Tekelingai yang memiliki bunyi (ai)

Agar dapat memahami lebih banyak, kerjakan soal-soal berikut dengan benar!
Kerjakan di buku latihan Bahasa Lampung, soal dapat ditulis dengan rapih dan benar!


Selamat Mengerjakan..........

Selasa, 17 Maret 2020

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 & 4 (Selasa, 17 Maret 2020)

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda



Hari/Tanggal : Selasa, 17 Maret 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan 
bantuan konkret dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan 
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan 
bantuan konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan

Ayo Bermain Peran

Bacalah percakapan berikut dengan cermat.
Ibu  : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu : Mungkin kamu lupa menyimpannya.

Tiba-tiba Udin datang.

Udin : Mengapa kamu sedih, Kakak?
Mutiara: Penggarisku hilang, Udin.
Udin : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna merah?
Mutiara : Iya, betul, warnanya merah.
Udin  : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi meminjamnya sebentar.
Ibu : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak, harus minta izin.
Udin : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.

Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang orang lain.

Ayo Berlatih

Siti anak yang rajin.
Siti merapikan kamar setiap hari.
Hari ini Siti ingin merapikan buku.
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai.
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain.
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku.
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku.
Ada berapa buku Siti yang tersisa?
Buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.

Coba selesaikan soal berikut ini.

1. Udin memiliki 54 buah mobil-mobilan.
Udin memberikan 23 buah mobil-mobilan kepada temannya.
Mobil-mobilan Udin sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
             ...
             ... -
             ...

2. Dayu membeli bunga mawar sebanyak 64 tangkai.
Dayu memberikan 34 tangkai bunga mawar kepada temannya.
Bunga mawar Dayu sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
            ...
            ... -
            ...

3. Lani mempunyai pepaya sebanyak 46 buah.
Lani memberikan 42 buah pepaya kepada temannya.
Buah pepaya Lani sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
             ...
             ... -
            ...

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama  (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan

Ayo Mencoba
Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.


Sekarang amati benda-benda yang ada di sekitarmu.
Adakah benda yang permukaannya kasar?
Adakah benda yang permukaannya halus?
Pasir merupakan contoh benda yang memiliki permukaan kasar.
Pasir dapat digunakan untuk bermain membentuk benda.
Pasir juga dapat digunakan untuk membuat hiasan.
Kertas adalah benda dapat digunakan untuk membuat karya.
Bentuknya juga dapat diubah-ubah.
Kertas dapat dilipat menjadi berbagai bentuk.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk segitiga.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk pesawat dan perahu.
Karet ada yang lentur dan ada yang kaku.
Karet yang lentur dapat ditarik.
Karet yang kaku tidak dapat ditarik.
Karet dapat digunakan untuk mengikat.
Benda memiliki permukaan yang berbeda.
Benda terbuat dari bahan yang berbeda.
Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya.

Tugas 1!
Kerjakan di buku latihan Tema nomor 1 dan tulis soal menggunakan tegak bersambung diberi tanggal dan hari.
bisa dilihat di buku Tema 1 G Halaman 138-139 nomor 1 sampai 5.








Jumat, 13 Maret 2020

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 1 & 2

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
                           Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda 
                                    
Manusia tidak hidup sendirian.
Manusia hidup bersama alam.
Ada berbagai benda di alam.
Bentuk dan warna benda berbeda-beda.
Ukuran dan permukaannya pun berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri tertentu
Gunakan benda sesuai fungsinya.
Peliharalah benda dengan baik.
Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?


Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang
benda-benda dengan benar.
5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi
pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.

Materi Ajar :

1. Mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat 

Udin dan Siti sedang bermain bersama.
Udin bermain mobil-mobilan.
Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka.
Boneka Siti berukuran besar dan halus.
Mereka senang bermain bersama.
Ada banyak benda di sekitar kita.
Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.
Kamar Lani bersih dan rapi.
Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.
Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan
kegunaannya.
Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.
Mari kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.


Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis  benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama  (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama  (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan

Benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran.
Ada benda yang berukuran besar.
Ada benda yang berukuran kecil.
Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda.
Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil.
Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.