Kamis, 19 Maret 2020

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 6 (19 Maret 2020)



Hari/Tanggal : Kamis, 19 Maret 2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di 
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi 
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda

Ayo Mengamati

Benda memiliki kegunaan yang berbeda beda
Amatilah berikut.

Ayah sedang bekerja di ruang kerja
Banyak benda yang digunakan
Coba sebutkan kegunaan benda benda itu.

1. Meja digunakan untuk............(menaruh alat tulis atau perlengkapan lainnya)
2. Pulpen digunakan untuk........(untuk menulis )
3. Buku digunakan untuk...........(untuk membaca ilmu pengetahuan dan dapat untuk menulis sesuatu yang penting)
4. Kursi digunakan untuk..........(untuk duduk)

Ibu sedang memasak di dapur
Banyak benda yang digunakan
Coba sebutkan kegunaan benda benda itu.

1. Pisau digunakan untuk...........
2. Timbangan digunakan untuk............
3. Panci digunakan untuk...........
4. Sendok digunakan untuk........

Isilah nama benda sesuai keterangan!

ember        tas           pisau          

1. benda ini terbuat dari kulit
ayah membawanya ke kantor
benda ini untuk membawa alat tulis
benda ini adalah ............... (tas)

2. ibu memotong dengan benda ini
benda ini terbuat dari besi
benda ini berguna saat memasak
benda ini adalah............ (pisau)

3. aku berbentuk tabung
aku berguna menampung air
aku terbuat dari plastik
aku adalah ............ (ember)


Ayo Berlatih

Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain, atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.

  
Ayo Berlatih
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas. 
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42

Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30

Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12

Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30

Rangkuman !

1. Setiap benda memiliki bentuk, warna, ukuran dan permukaan masing-masing
2. Bentuk bangun ruang benda di antaranya balok, tabung, bola dan kerucut
3. Benda dibuat dari bahan yang sesuai kegunaannya
4. Benda harus digunakan sesuai dengan kegunaannya
5. Soal pengurangan dikerjakan dengan mengurangkan bilangan satuan terlebih dulu

Tugas Tema hari ini adalah belajar dari subtema 4 pembelajaran 1 sampai 6 saja 
Untuk berlatih di rumah bisa mengerjakan evaluasi 4 sambil tanya jawab antara anak dan orang tua dirumah.

Pada hari Jumat, 20 Maret 2020 akan diadakan ulangan harian Tema 7 Subtema 4 untuk itu mohon bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak-anak dirumah ..
Terimakasih dan selalu semangat dalam belajar yaa... :)
Dan selalu ingat untuk melaksanakan sholat wajib dan sunah yaa 

 " GOOD LUCK "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar