Senin, 09 Maret 2020

Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 3 Tanaman di Sekitarku


Hari ini udara terasa segar sekali.
Tanaman hijau beraneka ragam menyejukkan suasana.
Rumput terhampar dan daun-daun melambai tertiup angin.
Bunga-bunga bermekaran menambah indah pemandangan.
Tuhan menganugerahkan alam yang indah bagi kita.
Kita wajib bersyukur atas karunia-Nya.
Aneka tanaman hidup berdampingan dengan hewan dan manusia.
Tanaman termasuk benda hidup.
Mari mengenal berbagai tanaman di sekitar kita.

Hari/Tanggal : Senin, 9 Maret 2020 
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewawancara, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat
tanaman di rumah dengan baik.
2. Setelah mewawancarai, siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara tertulis dengan baik.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada teks/gambar dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menulis ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik kolase dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk
membuat karya tiga dimensi dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
9. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai objek yang telah
ditentukan dengan benar.

Materi Ajar :
1. Membaca teks tentang cara merawat tanaman
2. Tata cara merawat tanaman Mewawancarai teman tentang cara merawat tanaman
3. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
4. Membuat karya tiga dimensi

Ayo Membaca


Merawat Tanaman
Udin sedang membantu Ibu merawat tanaman.
Setiap sore Udin bertugas menyiram tanaman.
Udin melaksanakan tugasnya dengan senang.
Udin merawat tanaman dengan baik.
Udin menyayangi tanamannya.
Tanaman di halaman rumah Udin tumbuh subur.
Tanaman tersebut berbunga warna-warni.
Halaman rumah Udin terlihat lebih indah.

Ayo Berlatih
Perhatikan kembali gambar dan teks di atas.

Udin selalu membantu Ibu merawat tanaman.
Ibu sangat senang dan bangga dengan Udin.
Ibu sering memberikan pujian kepada Udin.
Berikut ini contoh pujian yang diberikan Ibu.

Udin juga sangat bangga terhadap Ibunya.
Ibunya sangat rajin dan pintar dalam merawat
tanaman.
Udin sering memberikan pujian kepada ibu.

Tanaman hidup dapat menambah keindahan sekitar.
Tanaman buatan dapat dijadikan hiasan.
Mari berlatih membuat tanaman dari kertas
sebagai hiasan
Siapkan alat-alat berikut terlebih dahulu.
1. Gunting
2. Kertas atau karton berwarna
3. Lem
Lakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Gunting kertas atau karton warna sesuai
kebutuhan.

2. Lipat karton sepeti contoh.


3. Jiplak pola tanaman seperti contoh.

4. Gunting sesuai pola.

5. Lipat bagian kertas sesuai garis.

6. Cobalah membuat gambar tanaman tersebut berdiri.

Setelah berhasil, cobalah membuat pola tanaman sesuai imajinasimu.

Hari/Tanggal : Selasa, 10 Maret 2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
3. Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menyampaikan ungkapan pujian secara lisan  sesuai teks dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain peran
2. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
3. Mengenal bagian-bagian tanaman
4. Mengenal berbagai macam daun

Perhatikan percakapan di bawah ini.


Bacalah dan lakukan percakapan bersama temanmu.
Perhatikan kembali teks percakapan tersebut.
Temukan kalimat pujian yang ada pada teks.
1. Apa ungkapan pujian yang diberikan Siti kepada Dayu?
2. Apa ungkapan pujian yang diberikan Ibu Dayu kepada Siti?
3. Apa ungkapan pujian yang diberikan ibu Dayu kepada Dayu?
4. Apa yang sebaiknya kita katakan jika ada yang memuji kita?

Kita harus memelihara tanaman di sekitar kita.
Kita harus mengenal tanaman agar dapat merawat dengan baik.

Ayo Berdiskusi

Perhatikan kembali tanaman yang ada di sekitarmu.
Tunjukkan bagian-bagian tanaman yang kamu ketahui.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Pasangkan gambar dan tulisan dengan cara menarik garis.



Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan merawat tanaman di rumah dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempresentasikan kegiatan merawat tanaman dengan benar.
3. Setelah melakukan wawancara, siswa dapat menunjukkan ungkapan pujian dengan tepat.
4. Setelah berlatih menyampaikan ungkapan pujian, siswa dapat menanggapi ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.
5. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 100 
menggunakan benda konkret dengan benar.
6. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil 
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret 
dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mewawancarai teman
2. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
3. Mengenal berbagai jenis pohon buah
4. Praktik merawat tanaman
5. Mengenal buah dan pohon
6. Berlatih penjumlahan


Lani, Beni, Siti, dan Edo sedang merawat tanaman.
Lani sedang memberikan pupuk untuk tanaman.
Beni sedang membersihkan tanaman dari rumput liar.
Siti meletakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.
Edo sedang menyiram tanaman.
Semua kegiatan tersebut termasuk cara merawat tanaman.
Kegiatan merawat tanaman dilakukan agar tanaman tumbuh subur.

Ayo Berlatih
Di bawah ini ada gambar tanaman dan buahnya.
Cobalah memasangkan tanaman dan buah yang
dihasilkan dengan cara menarik garis.
Hitung banyaknya buah sesuai gambar.



Banyaknya buah jambu sebanyak ... buah


Hari/Tanggal :Rabu, 11 Maret 2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema, dan objek yang telah ditentukan dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
7. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama  (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Membuat karya tiga dimensi
2. Membuat kalimat pujian
3. Menirukan gerak tumbuhan

Ayo Mencoba


Ayo, mengikuti gerakan sesuai cerita.
Dengarkan ceritanya dan lakukan gerakan sesuai contoh.
Siti pergi ke rumah nenek saat liburan.
Rumah nenek Siti di daerah pantai.
Di tepi pantai yang indah berdiri pohon kelapa.
Daunnya bergoyang saat tertiup angin sepoi-sepoi.
Di depan rumah nenek Siti tumbuh pohon bambu.
Rumah nenek Siti menjadi lebih rindang dan sejuk.
Namun, saat pohon bambu terkena angin badai sangat menakutkan.
Angin yang sangat kencang membuat pohon bambu roboh.
Cobalah membuat cerita sendiri.
Cerita yang menunjukkan gerakan tanaman.
Lakukan gerakan sesuai cerita yang dibacakan.


Hari/Tanggal : Kamis, 12 Maret 2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian lisan atau tulis dengan rapi.
3. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara 
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret 
dengan benar.
4. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil 
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret 
dengan benar.

Materi Ajar :
1. Manfaat tanaman
2. Mengenal berbagai macam makanan
yang berasal dari tanaman
3. Berlatih menulis kalimat pujian
4. Menghitung banyak 

Perhatikan gambar berikut.
Tanaman terdiri atas beberapa bagian.


Ada akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga.
Setiap bagian tanaman memiliki manfaat.
Salah satu manfaat tanaman adalah sebagai makanan.
Ada yang dimakan bagian buahnya.
Contohnya jeruk dan pepaya.
Ada yang hanya dimakan bagian daunnya.
Misalnya bayam dan kangkung.
Ada yang hanya dimakan bijinya.
Misalnya kedelai dan kacang hijau.
Kita juga dapat memanfaatkan akar atau batangnya untuk dimakan.
Contohnya singkong dan tebu.
Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang menciptakan tanaman.

Ayo Berlatih
Pohon pepaya banyak manfaatnya.
Bagian buahnya dapat dimakan.
Bagian daunnya juga dapat dimakan.
Biji pepaya dapat ditanam kembali.
Biji pepaya tumbuh menjadi tanaman baru.
Petani menanam biji pepaya.
Petani rajin merawat tanaman pepaya.
Pohon pepaya tumbuh dan berbuah.
Buah pepaya dipanen dan dijual.
Seorang petani membawa hasil panen pepaya ke pasar.
Petani membawa dua keranjang buah pepaya.
Satu keranjang berisi 23 buah pepaya.
Satu keranjang lainnya berisi 26 buah pepaya.
Berapa banyak buah pepaya semuanya?
Banyak pepaya semuanya adalah 23 + 26 = 49
Cara penyelesaian lainnya dengan cara penjumlahan susun ke bawah.
23 
26 +
...
         
                                     

Hari/Tanggal : Jumat 13 Maret 2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan aturan merawat tanaman di rumah dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan merawat tanaman di sekitar sekolah dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
5. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal menggunakan benda konkret dengan benar.
6. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara 
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret 
dengan benar.
7. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan benar.
8. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil 
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret 
dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal cara merawat tanaman
2. Berlatih menulis kalimat pujian
3. Menghitung banyak penjumlahan

Ayo Mengamati


Ibu dan Dayu senang berkebun.
Mereka menanam sayuran dalam pot.
Pot yang digunakan terbuat dari kaleng bekas.
Ibu dan Dayu menyusun pot dengan rapi.
Ada pot yang disusun berjajar di atas rak.
Ada juga pot yang digantung.
Setiap hari Ibu dan Dayu merawat kebun sayuran.
Sayuran tumbuh subur dan hijau.
Keindahannya membuat suasana rumah tambah indah.
Hasil tanaman sayuran sangat bermanfaat.
Ibu dan Dayu memasak sayuran dari hasil berkebun.
Perhatikan kembali bacaan tersebut.
Apa saja yang dilakukan oleh Ibu dan Dayu untuk merawat tanaman sayuran?

Bagaimana cara mereka mengatur tanaman sayuran agar membuat rumah lebih indah?

Ayo Mencoba

Cobalah berlatih mempraktikkan cara merawat tanaman.
Berikan pujian untuk teman yang sudah dapat menata tanaman.
Mari, berlatih menulis pujian sesuai gambar.
Ikuti sesuai contoh.
Pandai sekali Dayu menata tanaman itu.
Tanaman terlihat lebih indah dan rapi.



Ayo Berlatih

1. Pedagang A memiliki 52 buah pepaya.
Pedagang B memiliki pepaya 7 buah lebih banyak dari pedagang A.
Berapa banyak buah pepaya yang dimiliki pedagang B?
2. Lani memiliki 25 tangkai bunga matahari.
Dayu memiliki bunga matahari 24 tangkai lebih banyak dari Lani.
Berapa banyak bunga matahari yang dimiliki Dayu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar