Selasa, 03 Maret 2020

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1&2

Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 2 Hewan di Sekitarku

Hewan merupakan benda hidup. Benda hidup disebut juga makhluk hidup. Ada banyak jenis
hewan di sekitar kita. Ada hewan peliharaan dan ada hewan liar.Tempat tinggalnya berbeda-
beda. Ukuran badannya berbeda. Cara bergeraknya pun berbeda. Hewan termasuk makhluk
hidup ciptaan Tuhan. Hewan peliharaan harus dirawat dan disayangi.



Hari/Tanggal : Selasa, 3 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis
dengan tepat.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis
dengan tepat.
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di
rumah dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan
benar.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan
gerak alam dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memperagakan gerak anggota tubuh menirukan gerak
alam dalam suatu tarian dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal aturan merawat hewan
2. Menulis aturan merawat hewan
3. Menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis
4. Menulis informasi tentang cara merawat hewan
5. Menirukan gerak hewan dalam sebuah tarian

Hewan Peliharaan Beni
Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita. Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah. 
Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah. Beni memiliki kucing peliharaan. Beni sangat 
menyayangi kucing tersebut. Beni selalu merawat kucingnya. Setiap hari Beni memberi makan 
dan minum. Beni juga membersihkan badan dan kukunya. Kucing Beni bersih dan sehat. Beni 
senang bermain bersamanya. Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.
Ayo Berlatih



Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis  
yang terdapat pada teks dengan tepat.
2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara 
tertulis dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak dasar melompat dan memutar 
sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal tempat tinggal hewan
2. Membuat ungkapan pemberitahuan secara tertulis
3. Mengenal gerak hewan



Tempat Tinggal Hewan
Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku
tentang hewan. Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. Hewan tinggal di tempat yang 
berbeda. Ada hewan yang tinggal di darat. Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. Ada hewan 
yang tinggal di air. Contohnya ikan. Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. 
Contohnya katak. Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera.Menurut Beni, 
kera tinggal di darat. Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. Bagaimana pendapatmu?
Ayo Berlatih

Perhatikan kembali gambar sebelumnya.
Adakah ungkapan pemberitahuan pada gambar
tersebut?
Ada berapa ungkapan pemberitahuan pada gambar
tersebut?
Sebutkan ungkapan pemberitahuan yang ada pada
gambar.
Cobalah menulis ungkapan pemberitahuan agar
pengunjung menjaga kebersihan kolam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar