Jumat, 24 September 2021

 Jumat 24  September 2021

/Tanggal         : Jumat 24  September 2021

Kelas                      : 3D  

Mata Pelajaran    : Tematik ( PH ) dan Lalisba

Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D.. 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar  .

Baik , hari ini kita lanjutkan untuk pembelajaran daring nya. Untuk hari kita akan melaksanakan penilaian harian ( PH ) Tema 3 subtema 1  ya nak. Dan latihan menulis ( Lalisba ).

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini๐Ÿ‘‡

                         https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9

Berikut link Soal PH hari ini ๐Ÿ‘‡

               

https://forms.gle/9cQgwckSZA1zJDYT9

Untuk latihan maenulis kalian kerjakan di buku Lalisba halaman 9

Jangan lupa kirimkan foto kegiatan dan tugas kalian hari ini ya nak

Tetap semangat ๐Ÿ’ชjangan lupa jaga kesehatan

Ibu Akhiri Wassalamu'alaikum.


Kamis, 23 September 2021

Tema 3 Sub Tema 1 PB 6

 Hari/Tanggal         : Kamis 23 September 2021

Kelas                      : 3D


Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D.. 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar  

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini ! ๐Ÿ‘‡

https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 6

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2.        Dengan menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara lisan dengan rinci.
3.        Dengan menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.

4.        Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

 

Kamu sudah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu.

Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan keluargamu harus melaksanakan musyawarah.

 

Kamu dan kelurgamu telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk benda tersebut!

Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.

Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela?

Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?


Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.

1.      Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan  bentuk).

2.      Fungsi benda.,Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
4.      Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.

5.    Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.


Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

Siti akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

Bantulah Siti menemukan ukurannya!

 a.  254 cm = .2. m + .54. cm

 b.  390 cm  = .3. m + .90. cm

               


   Bagaimana Shole/Sholeha Bu guru semoga materi hari ini dapat kalian pahami dengan baik ya nak berikut tugas kalian yaitu membuat video.

TUGAS MEMBUAT VIDEO!

Ceritakanlah hasil musyawarahmu dengan anggota keluarga dirumah sesuai dengan pertanyaan di bawah ini! atau sama dengan yang ada di buku tema 3 kalian halaman 50 dan 51.

1.Benda yang akan kamu seludiki adalah 

1....
2....
3....
4....
5.....

2 .Ceritakan keuntungan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama!

 3.Bagai mana cara menghormati  pendapat anggota keluargamu?

 4.Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat anggota keluargamu?                  
 
 5.Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain!                      

Semua pertanyaan di atas kalian muat dalam vidio ya nak!

Jika sudah selesai maka kirimkan video bercerita kalian tentang hasil musyawarah dengan anggota keluargamu yang sesuai dengan pertanyaan diatas! agar bu guru dapat menilai hasil video kalian. Terimakasih SHoleh/Sholeha Bu Guru tetap jaga kesehatan, semangat selalu dan jangan lupa shalat 5 waktu. Bu Guru Akhiri Wassalamualaikum.wr.wb






Rabu, 22 September 2021

Tema 3 Sub Tema 1 PB 4 dan 5

  Hari/Tanggal         : Rabu 22 September 2021

Kelas                      : 3D


Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D.. 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar  

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini ! ๐Ÿ‘‡

https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9


Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 4

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang benda yang terbuat dari plastik dengan benar.

2.        Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan dengan tepat.

3.        Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

4.        Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

5.        Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan panjang.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah mengetahui bermacam – macam benda yang terbuat dari kertas dan kayu, namun tidak semua benda terbuat dari kertas dan kayu. Ada juga benda yang terbuat dari plastik, mari kita pelajari bersama – sama.


Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kema san dan botol air minum juga terbuat dari plastik.

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda. 


Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik
membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.


Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. 
Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (meng   gunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.
Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.
Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. 
Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan.
Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah. 
Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

Lambang Reduce, Reuse


Ayo membaca

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 
Bacalah informasi berikut ini 

Benda dari kaca
                       

 
Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain gelas,piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.
   
Benda dari logam 


Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

 Benda dari Karet



 Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. 

Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dansekolahmu! 

Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium

dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan

tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah

tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya

mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai

kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?


Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat

penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam)

adalah bahan yang dapat digunakan untuk

membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak

digunakan untuk membuat penggaris?

Coba perhatikan satuan yang tertera pada

penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu

satuan panjang.

Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan

milimeter (mm)






Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:


Soal Latihan

1.      Tuliskan benda – benda yang terbuat dari plastik!
2.      Untuk mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu: reduce, reuse, dan recycle. Recycle berarti . . .
3.   Saat kamu bermusya warah bersama anggota keluargamu tentang cara mengurangi sampah pelastik di lingkungan rumahmu.bagaimana jika hasi musyawarah itu tidak sesuai dengan pendapatmu?
4.      Tuliskan sifat bahan benda dari kaca! 
5.      6 m = . . . cm 

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.


Selasa, 21 September 2021

Tema 3 Sub Tema 1 PB3

Hari/Tanggal         : Selasa 21 September 2021

Kelas                      : 3D


Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D.. 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar  

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini ! ๐Ÿ‘‡

https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9


Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 3

Tujuan Pembelajaran :

1.   Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks dengan tepat.

2.   Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat.

3.        Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.

4.    Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

Ayo Mengamati 


Banyak benda yang terbuat dari kertas.Seperti buku tulis yang biasa digunakan.conth lain tisu,kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.

Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu kayu besardipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu,kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut buburkartas atau pulp.

Peroses selanjutnya, ,pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan air nyahabis.Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait.Kemudian serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.

Cobalah kamu menulis diatas kaca.Apakah hasil tulisan mu di atas kaca seperti di kertas ?kertas memiliki sipat dapat menyerap air . Kertas dapat menyerap tintah pulpen dengan baik.Dengan demikian 'semua yang kamu tulis dikertas dapat dibaca dengan jelas.



Kertas dapat digunakan untuk menulis.Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? ternyata" tidak dapat .mengapa? 

karena" alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan .Contoh nya antara lain gendang . Cara memainkannya dengan dipukul.Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. 

Bahan dasar kertas adalah kayu. kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerta" perhatikan gambar di bawah ini 


pohon manakah yang paling tinggi  ? Bagaiamana caramu mengukur tinggi suatu pohon ?

Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu . Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan  alat ukur yang sama ?

Alat ukur panjang benda bermacam macam . Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.


Meteran Rol

Meteran Saku

Meteran Pita

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Tugasmu!

Isilah jenis alat ukur yang sesuai dengan bagian yang di ukur dengan tepat. 

Dengan pilihan; Meteran Rol, Meteran Saku dan Meteran Pita 


NO

Bagian Yang Di Ukur

Jenis Alat Ukur Yang Digunakan

1.

Tinggi Badanmu

….

2.

Panjang Lingkar Pinggang

….

3.

Panjang meja kelas

4.

Lebar papan tulis di kelasmu

Meteran Saku

5.

Panjang halaman Sekolah

….

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

Senin, 20 September 2021

Tema 3 Sub Tema 1 PB 1dan 2

 Hari/Tanggal         : Senin 20 September 2021

Kelas                      : 3D


Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D.. 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar  

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini ! ๐Ÿ‘‡

https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.

2.   Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

3.     Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

4.  Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

5.    Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.

6. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat. 

Jika di tema 2 kita sudah  belajar tentang menyayangi tumbuhan dan hewan ,di mana hewan dan tumbuhan ,manusia  disebut benda sementara batu, gelas,  dan buku  juga di sebut benda 

Benda-Benda di Sekitar Kita

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda

hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang. 

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.





Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.

Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,  plastik, dan lainnya.

Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khajika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.

Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat meng gunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu.

Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.


Benda Terbuat dari Kayu

Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat darkayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari.

Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinanMisalnya, patung dan piguraKayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambibagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda - beda.

Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusa penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai.

Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan. Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggulan. 

Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

Desa tempat tinggal Siti dan teman-teman mempu nyai hutan. Di dalam hutan tersebut terdapat beraneka jenis pohon. Fungsi hutan antara lain untuk menyerap air hujan. Hutan menyimpan air hujan tersebut dalam jumlah yang banyak. Namun, ketika hutan digunduli, membuat aliran air terganggu. Hal ini menyebabkan air menggenang. Akhirnya, terjadi banjir yang mengalir ke pemukiman penduduk.

Kebutuhan benda dari kayu yang terus meningkat, mengakibatkan kebutuhan akan bahan kayu terus meningkat.

Setiap tahun banyak pohon yang ditebang untuk mendapatkan kayu. Terka dang, ada sekelompok orang yang menebang pohon tanpa izin. Kegiatan ini disebut penebangan liar. Semakin lama jumlah pohon di hutan semakin berkurang.



Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:


Soal Latihan
1.      Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda.  lengkapilah tabel berikut ini!


2.      Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!

3.      Alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu disebut... 
4.      Musyawarah merupakan satu cara untuk mencari. . .

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.