Kamis, 18 November 2021

Tema 4 SubTema 4 PB 5 dan 6

 Hari/Tanggal         : Kamis, 18  Nopember 2021

Kelas                      : 3D  

Mata Pelajaran    :  Tematik

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3D, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


Tema  4                    :  Kewajiban dan Hakku

Subtema  4              :  Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran         : 5 dan 6

Tujuan Pembelajaran:

1.        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Siswa dapat menceritakan pengalamannya berkaitan dengan agama dalam melaksanakan kewajiban dan haknya dalam kehidupan sehari-hari.

3.        Siswa dapat membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui dengan tepat.

4.        Siswa dapat menceritakan pengalamannya berkaitan dengan agama dalam melaksanakan kewajiban dan haknya dalam kehidupan sehari-hari.

5.        Siswa dapat membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui dengan tepat.

 

 

Perayaan Hari Besar Agama

Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue. Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan.


Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun.

 

Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun?

Ayo Kita Saling Menghargai!

1.        Tidak membeda-bedakan agama atau keyakin teman

2.        Mau berteman dengan siapa saja meskipun berbeda agama

3.        Menghargai dan menghormati teman yang hendak melaksanakan ibadah

4.        Bekerja sama untuk melakukan perayaan peringatan hari besar keagamaan

5.        Memiliki sikap toleransi antar agama sendiri dengan teman

6.        Tidak memaksakan teman untuk meyakini dan memeluk agama kita

7.        Tidak mengejek agama lain yang berbeda dengan kita

8.        Menjalin silaturahmi yang baik meskipun ada perbedaan agama

Hak yang berkaitan dengan Agama

1.        Hak untuk meyakini dan memeluk agama tertentu

2.        Hak menjalankan syariat dan ibadah sesuai agama yang dipeluk dan diyakini

3.        Hak merayakan peringatan dan hari besar keagamaan

4.        Hak mendirikan dan melakukan ibadah di tempat ibadah sesuai agama

5.        Hak memakai atribut atau identitas keagamaan pada pakaian atau tempat tinggal

Selain hak di atas ada hak lain yang juga bisa diperoleh seseorang berkaitan dengan agama, yaitu

1.        Hak mendapat perlindungan dari pemerintah atau negara untuk memeluk, melaksanakan, dan menjalani agama tertentu

2.        Hak menjalani kehidupan beragama yang damai dan tentram.

 

Ibu Udin membuat kue untuk perayaan Maulid Nabi. Peserta pengajian ada 100 anak.  Berapa kue yang harus ibu buat? Berapa buah kue yang diterima setiap anak?

 

Sebentar lagi hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Edo juga ikut merayakan. Mereka akan menghias sekolah seindah mungkin. Edo dan teman-temannya juga ingin menghias kelas dengan indah. Edo dan teman-temannya menghias kelas dengan bendera Merah Putih. Sekolah menyediakan bendera Merah Putih plastik.  Jumlah kelas di sekolah Edo ada 12.

Tentukan Jatah setiap kelas!

Tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan!


Amati gambar berikut dengan cermat! Diskusikan dengan teman di sebelahmu!

Berasal dari manakah Edo? Dengan siapa ia berfoto? Dari mana asal mereka?


Edo bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Banyak hak telah ia peroleh. Ia juga telah melaksanakan kewajibannya.

 


Bangga Menjadi Orang Indonesia

Edo berasal dari Papua. Ia sangat senang menjadi warga negara Indonesia. Ia berbeda suku dengan teman-temannya. Ia juga berbeda agama, tetapi mereka selalu bersatu. Edo harus mencintai negaranya. Edo belum banyak tahu tentang Indonesia. Ia berusaha mengenal Indonesia. Ia banyak membaca buku  tentang Indonesia. Ia berwisata ke berbagai tempat. Ia juga mengunjungi museum. Ia menggunakan barang buatan Indonesia.  Edo sangat bangga menjadi orang Indonesia.

Bagaimana materi hari ini paham ya nak? Jika masih ada yang belum di pahami kalian dapat bertanya di grup WA kelas kita ya nak!

Untuk tugas kegiatan daring hari ini Bu Guru akan kirimkan melalui voicenote di grup WA kelas kita dan kalian dapat menjawab pertanyaan tersebut di grup juga. 

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.


Rabu, 17 November 2021

Tema 4 Sub Tema 4 PB 3 dan 4

Hari/Tanggal         : Rabu, 17  Nopember 2021

Kelas                      : 3D  

Mata Pelajaran    :  Tematik

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3D, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


Tema  4                    :  Kewajiban dan Hakku

Subtema  4              :  Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran         : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran:

1.        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui dengan tepat.

3.        Siswa dapat membuat karya sesuai dengan prosedur dan waktu yang ditentukan.

4.        Siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak sebagai warga negara dengan tepat.

 

Di Kantor Kelurahan

Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka  mengajukan permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah. Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak.

Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau. Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam. Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik.

Kalimat yang menunjukkan saran dari teks di atas adalah:

- Pak Lurah menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan

- Lingkungan harus bersih dan hijau.

- Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat

 

Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini?

Aku sangat sedih banyak sampah yang menutup saluran air dan banyak pohon yang ditebang.

 

Saran:

Pohon yang ditebang seharusnya pohon yang sudah tua, jadi tidak semua pohon yang ditebang.

Selain itu, seharusnya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi penyumbatan di saluran air.



Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah?

Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT?

Berikut lima kemungkinan jawaban dari soal di atas :


Siti dan teman-temannya sangat senang mendapat bibit pohon angsana. Mereka akan menanam bibit itu pada hari Sabtu. Mereka membuat topi untuk dikenakan pada saat menanam bibit pohon angsana.

Masih ingatkah kamu cara membuat topi?

 

Masalah apa yang kamu lihat pada gambar? Bagaimana pendapatmu? Sampaikan saranmu kepada teman-temanmu!

Jawaban:

Pendapat: Gambar tersebut mencerminkan kadaan lingkungan yang kotor karena sampah berserakan, menumpuk, dan tidak dirapikan.

Saran: Sebaiknya sampah dibuang pada tempat yang semstinya, sampah dirapikan supaya tidak berserakan, jika sampah sudah penuh di tempat sampah sebaiknya dibuang ke TPA.

 

Jalan yang Bersih

Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung. Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak teman - temannya peduli sampah.

 

Kewajiban berkaitan dengan jalan umum:

1.        Mematuhi peraturan lalu lintas

2.        Menghargai pengendara sebagai pengguna jalan lain

3.        Menghargai pejalan kaki yang hendak menyeberang

4.        Tidak mengebut di atas batas kecepatan yang sudah ditentukan

5.        Membawa surat kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK terutama kendaraan bermesin atau bermotor

6.        Memakai alat pengamanan berkendara seperti helm atau sabuk pengaman

7.        Tidak ugal-ugalan yang bisa menyelekakan pengendara lain

8.        Mendahulukan kendaraan emergensi seperti ambulan dan pemadam kebakaran

Hak berkaitan dengan jalan umum:

1.        Berkendara di jalan umum dengan bebas

2.        Berjalan di jalan umum dan menggunakan trotoar

3.        Mendapat perlakuan yang nyaman oleh pengendara lain saat berada di jalan umum

4.        Mendapat fasilitas jalan umum yang baik dna tidak berlubang atau membahayakan

5.        Menggunakan jalur khusus sepeda

6.        Menggunakan jalur khusus tuna netra

7.        Menggunakan dan menyeberang di jembatan penyeberangan atau zebra cross

Bagaimana materi hari ini paham ya nak? Jika masih ada yang belum di pahami kalian dapat bertanya di grup WA kelas kita ya nak!

Sebelum mengerjakan tugas hari ini kalian dapat simak video dari Bu guru berikut ini :


Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugas videonya kepada bu Guru dan Bu Guru menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.










Selasa, 16 November 2021

Tema 4 Sub Tema 4 PB 1 dan 2

 Hari/Tanggal         : Selasa, 16  Nopember 2021

Kelas                      : 3D  

Mata Pelajaran    :  Tematik

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3D, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!


Tema  4                    :  Kewajiban dan Hakku

Subtema  4              :  Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran         : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran:

1.         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan masalah dan penyelesaiannya dengan tepat.

2.         Siswa dapat mengidentifikasi teknik lipat dalam sebuah karya dengan tepat.

3.         Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui dengan tepat.

4.         Siswa dapat menemukan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara dengan tepat.

5.         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.


Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia.  Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara.

Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat.

Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.

 

Lingkungan Hijau

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar.  Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang. Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan  temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerjasama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

 

Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah. maka dia membuat topi sederhana dan murah menggunakan kertas koran atau karton dengan menggunakan teknik melipat.

Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!

1. Ambil selembar kertas koran.

2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian.  Sisi yang terbuka berada di bawah.

3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.

4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.

5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.

6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!

Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan

membagikan bibit pohon angsana. Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan.

Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan?





Siti Demam

Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas.  Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun

menyelimutinya dengan selimut tipis. Siti masih merasa demam saat

bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas. Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan. Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.

Amati kembali teks “Siti Demam”!

Yang ada di buku kalian halaman 147 dan bacalah dengan seksama teksnya!

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini;

Soal Latihan !

1.      Tuliskan salah satu permasalahan yang ada pada teks “ Lingkungan Hijau”!

2.      Tuliskan juga kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah dari teks “ Lingkungan Hijau”

  3  Banyak kelurahan yang ada di kecamatan Way Halim adalah 20. Tentukan 2 kemungkinan banyaknya bibit pohon dan jatah pohon yang akan dibagikan pada setiap kelurahan! Seperti contoh yang ada di materi!

4.      Temukan dan tuliskan Hak dan Kewajiban yang ada diteks yang berjudul “ Siti Demam”!

5.       Membuat topi sederhana dan murah dari kertas karton termasuk mengunakan teknik . . .

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.