Kamis, 06 April 2023

 Hari/Tanggal            : Jum'at, 6 April 2023

Kelas                         : 3D  

Mata Pelajaran          : Tematik

                                    

Selamat Pagi... Tabik pun...!!

MATERI AJAR KLS 3D HARI INI👇 

Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4            : Perkembangan Teknologi Transportasi  

Pembelajaran          : 5 dan 6

Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), Matematika (3.10), PPKn (3.3), SBdP (3.4)

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca  teks, siswa dapat menuliskan informasi yang diperoleh tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.

2. Dengan mencermati teks, siswa dapat menuliskan manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.

3. Dengan membaca tabel, siswa dapat menggambarkan perilaku yang harus dan tidak boleh dilakukan agar tidak terjadi konflik dalam keberagaman.

4. Dengan membaca uraian permasalahan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

AYO MEMBACA!

Bacalah dengan suara nyaring! 

Pergi dengan Alat Transportasi 

Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.  

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan.  Selain itu, asapnya membuat udara kotor. 

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta. 

AYO MEMBACA!

Setiap orang menggunakan alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda. Apa alat transportasi kesukaan temanmu? Tanyakan kepada teman-temanmu! Tuliskan jawaban mereka pada tabel berikut!

1. Amati kembali teks yang kamu baca! Informasi apa saja yang kamu dapatkan pada teks? Tuliskan pada bagan berikut! 


 

AYO MEMBACA!

Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya. 

Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat? 

Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.

Jawab: keliling televisi= 25 cm+ 20cm+ 25cm+ 20cm= 90cm  


AYO BERLATIH!

2. Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

a. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela

Jawab: ...................................................................

b. Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?

Jawab: ...................................................................

3. Tentukanlah keliling bangun datar berikut!

a. 

Setiap sisi panjangnya 8 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 

b. 

Setiap sisi panjangnya 6 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 

AYO MEMBACA! 

Alat Transportasi Khusus

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkutorang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju. 

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat. 

Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orangorang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.


AYO MENCOBA!

4. Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?



Rabu, 05 April 2023

Hari/Tanggal           Rabu 5 April 2023

Kelas                         : 3D  

Mata Pelajaran          : Tematik

                                    

Selamat Pagi... Tabik pun...!!

MATERI AJAR KELAS 3D HARI INI 

Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4            : Perkembangan Teknologi Transportasi  

Pembelajaran          : 4


Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
   2. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.

Apakah kamu pernah naik kereta api seperti Udin? Atau naik perahu seperti Beni? Kereta adalah salah satu kendaraan darat yang digemari. Apakah kamu tahu jenis kendaraan darat lainnya? Bagaimana dengan kendaraan air dan udara? 

Ayo, kita pelajari bersama-sama!

Bacalah dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat!

Alat Transportasi 

Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan dijalan raya dan di atas rel. 

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan diatas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh. 

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal. 

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara. 

Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Setiap orang memiliki alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga memiliki alat transportasi yang tidak disukai. 

AYO MENULIS! 

Apakah kamu dapat memaksa temanmu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya?

Apa yang akan terjadi jika kamu memaksa?

Apa yang akan terjadi jika kamu tidak memaksa?

3. tulislahlah kesimpulan tentang pentingnya menghargai perbedaan!


AYO MENGAMATI!

Udin menyampaikan perasaannya kepada kakek. Ia merasa aman menggunakan alat transportasi darat. Ia takut menggunakan alat transportasi air. Udin belum pandai berenang. Kakek sangat memahami perasaan Udin. Kakek mengajak Udin dan Mutiara berenang. Kakek ingin melatih Udin berenang.

Udin dan Mutiara sangat senang pergi ke kolam renang. Mereka menunggu kakek membeli tiket. Mereka membaca peraturan yang ada di dekat loket tiket. 




Kakek sangat senang bahwa Udin dan Mutiara membaca peraturan kolam renang. Kakek berpesan agar Udin dan Mutiara menaati peraturan itu. Dengan menaati peraturan di kolam renang, kita sudah menjaga keselamatan diri dan orang lain. 


Jadi untuk tugas kita hari ini ada 3 point ya sholih sholiha, silahkan dibaca dengan teliti material kita hari ini... 

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...


Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!

1. 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 25 cm + 25cm + 15cm + 15 cm = 80 cm

2. 
 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 52 cm + 52 cm + 25 cm + 25 cm = 154 cm

3. 
 
Keliling bangun persegi adalah : 10 cm + 10 cm + 10 cm + 10 cm = 40 cm

4. 
 

Keliling bangun persegi adalah : 15 cm + 15 cm + 15 cm + 15 cm = 60 cm


Kita lanjutkan materi Project hari ini ya nak 💪

Ayo Mengamati

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?
Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! 

Amati proses membuat mobil berikut ini! Peralatan yang dibutuhkan
 Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem.


Senin, 03 April 2023

 Hari/Tanggal            : Selasa 4 April 2023

Kelas                         : 3D  

Mata Pelajaran          : Tematik

                                    

Selamat Pagi... Tabik pun...!!


Materi Ajar kls 3D hari ini

Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4            : Perkembangan Teknologi Transportasi  

Pembelajaran          : 3 


Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi transportasi di lingkungan setempat dengan tepat.

2. Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi.

3. Dengan membaca uraian, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu

Beni senang menyeberang pulau dengan perahu. Namun, ia punya keinginan naik kereta. Beni teringat cerita Udin tentang asyiknya naik kereta. Bagaimana pengalaman Udin naik kereta? 

Mari kita cari tahu melalui kegiatan berikut ini!

AYO MEMBACA!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta 

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.



Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalulalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta. 

Udin sangat bersyukur dapat menikmatiperjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon.

AYO MENGAMATI!

Udin mengetahui jenis-jenis alat transportasi. Salah satunya kereta api. Udin mengingat kembali alat transportasi yang sudah ia ketahui.  

Bantulah Udin dengan mengisi tabel berikut ini! 


AYO MENULIS!

1. Bacalah kembali teks “Perjalanan dengan Kereta”. Temukan kata-kata baru pada teks! Tuliskan lima kata baru itu pada tabel!  Lalu, buatlah kalimat dengan kata-kata baru itu!

AYO MENCOBA!

Udin dan keluarganya menunggu kereta didekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?

Keliling kursi peron:  250 + 50  + 250 +  50  =    600 cm


AYO BERLATIH!

2. Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!



a. Keliling B= ... + ... + ... + ... =        

b. Keliling E= ... + ... + ... + ...=         .

Minggu, 02 April 2023

 Hari/Tanggal            : Senin 3 April 2023

Kelas                         : 3D  

Mata Pelajaran          : Tematik

                                    

Selamat Pagi... Tabik pun...!!

MATERI AJAR KELAS 3D HARI INI 

Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4            : Perkembangan Teknologi Transportasi  

Pembelajaran          : 1 dan 2

Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), Matematika (3.10), PPKn (3.3), SBdP (3.4)

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks

perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.

2. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.

3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar

dengan satuan baku tertentu dengan benar.

5. Dengan mengidentifikasi keberagaman pada teks, siswa dapat membuat daftar

keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

AYO MEMBACA!

Liburan yang lalu, Beni dan keluarganya berkunjung ke rumah paman. Apa saja yang mereka lakukan disana?

Ayo, kita cari tahu bersama! Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!





AYO MENGAMATI! 

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?

Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita

buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini! 

Peralatan yang dibutuhkan: 

- Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas 

kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar

kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem





AYO MENCOBA!

Amatilah bangun datar pada mobil kardus diatas! 

Bangun datar apa saja yang kamu temukan? Sebutkan! 

Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya?

Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk

menghias seluruh tepi kaca? Mari kita hitung:

20 cm + 10 cm + 20 cm + 10 cm = 60 cm

Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil. 


AYO BERLATIH!

2. Amati bangun datar berikut! Berapa kelilingnya?

Keliling Bangun A=...                             Keliling Bangun B=...


Paman mengajak Beni ke pulau Bunaken. Bunaken memiliki keindahan bawah laut yang terkenal di dunia. Saat bepergian ke Bunaken, Beni menggunakan perahu umum. Bagaimana suasana di dalam perahu yang Beni tumpangi?


AYO MEMBACA!

Bacalah teks berikut dengan suara nyaring!

Pergi ke Pulau

Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan perahu umum. Perahu umum dapat ditumpangi siapa saja. Perahu yang ditumpangi Beni dapat memuat 30 orang penumpang. Di perahu, Beni bertemu banyak orang. 

Perahu berisi penumpang yang beragam. Ada penumpang laki-laki dan perempuan. Ada anak anak, remaja, dan orang tua. Ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing.  Penumpang perahu mengenakan baju yang  beragam. Turis asing mengenakan celana pendek dan kaus tanpa lengan. Ada juga yang memakai pakaian seragam. Semua penumpang duduk bersama-sama di dalam perahu. Selama di perahu, paman menyapa penumpang. Paman juga berbincang-bincang dengan penumpang. Mereka tertawa bersama saat ada yang melucu. Mereka senang dengan suasana akrab di perahu.

Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing. Paman bercerita bahwa Indonesia adalah negara pelaut. Transportasi air sudah digunakan sejak zaman dahulu. Awalnya transportasi air hanya perahu kayu yang digerakkan tangan. Ada kano dan sampan. Sekarang, orang-orang menyeberang laut dengan perahu mesin. Ada kapal feri yang dapat menampung banyak orang. Ada speed boat yang dapat bergerak dengan cepat. Ada kapal pesiar untuk pergi jarak jauh. 


AYO BERCERITA!

Alat transportasi terus berkembang. Berikut adalah gambar alat transportasi zaman dulu dan sekarang.  Pasangkanlah alat transportasi dulu dan sekarang berikut ini dengan cara menarik garis! 




AYO MENGAMATI!

Amati kembali teks “Pergi ke Pulau”!

Perahu berisi penumpang yang beragam.