Rabu, 05 April 2023

Hari/Tanggal           Rabu 5 April 2023

Kelas                         : 3D  

Mata Pelajaran          : Tematik

                                    

Selamat Pagi... Tabik pun...!!

MATERI AJAR KELAS 3D HARI INI 

Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4            : Perkembangan Teknologi Transportasi  

Pembelajaran          : 4


Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
   2. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.

Apakah kamu pernah naik kereta api seperti Udin? Atau naik perahu seperti Beni? Kereta adalah salah satu kendaraan darat yang digemari. Apakah kamu tahu jenis kendaraan darat lainnya? Bagaimana dengan kendaraan air dan udara? 

Ayo, kita pelajari bersama-sama!

Bacalah dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat!

Alat Transportasi 

Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan dijalan raya dan di atas rel. 

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan diatas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh. 

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal. 

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara. 

Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Setiap orang memiliki alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga memiliki alat transportasi yang tidak disukai. 

AYO MENULIS! 

Apakah kamu dapat memaksa temanmu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya?

Apa yang akan terjadi jika kamu memaksa?

Apa yang akan terjadi jika kamu tidak memaksa?

3. tulislahlah kesimpulan tentang pentingnya menghargai perbedaan!


AYO MENGAMATI!

Udin menyampaikan perasaannya kepada kakek. Ia merasa aman menggunakan alat transportasi darat. Ia takut menggunakan alat transportasi air. Udin belum pandai berenang. Kakek sangat memahami perasaan Udin. Kakek mengajak Udin dan Mutiara berenang. Kakek ingin melatih Udin berenang.

Udin dan Mutiara sangat senang pergi ke kolam renang. Mereka menunggu kakek membeli tiket. Mereka membaca peraturan yang ada di dekat loket tiket. 




Kakek sangat senang bahwa Udin dan Mutiara membaca peraturan kolam renang. Kakek berpesan agar Udin dan Mutiara menaati peraturan itu. Dengan menaati peraturan di kolam renang, kita sudah menjaga keselamatan diri dan orang lain. 


Jadi untuk tugas kita hari ini ada 3 point ya sholih sholiha, silahkan dibaca dengan teliti material kita hari ini... 

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...


Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!

1. 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 25 cm + 25cm + 15cm + 15 cm = 80 cm

2. 
 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 52 cm + 52 cm + 25 cm + 25 cm = 154 cm

3. 
 
Keliling bangun persegi adalah : 10 cm + 10 cm + 10 cm + 10 cm = 40 cm

4. 
 

Keliling bangun persegi adalah : 15 cm + 15 cm + 15 cm + 15 cm = 60 cm


Kita lanjutkan materi Project hari ini ya nak 💪

Ayo Mengamati

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?
Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! 

Amati proses membuat mobil berikut ini! Peralatan yang dibutuhkan
 Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar