Kamis, 06 April 2023

 Hari/Tanggal            : Jum'at, 6 April 2023

Kelas                         : 3D  

Mata Pelajaran          : Tematik

                                    

Selamat Pagi... Tabik pun...!!

MATERI AJAR KLS 3D HARI INI👇 

Tema 7               : Perkembangan Teknologi

Subtema 4            : Perkembangan Teknologi Transportasi  

Pembelajaran          : 5 dan 6

Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), Matematika (3.10), PPKn (3.3), SBdP (3.4)

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca  teks, siswa dapat menuliskan informasi yang diperoleh tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.

2. Dengan mencermati teks, siswa dapat menuliskan manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.

3. Dengan membaca tabel, siswa dapat menggambarkan perilaku yang harus dan tidak boleh dilakukan agar tidak terjadi konflik dalam keberagaman.

4. Dengan membaca uraian permasalahan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

AYO MEMBACA!

Bacalah dengan suara nyaring! 

Pergi dengan Alat Transportasi 

Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.  

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan.  Selain itu, asapnya membuat udara kotor. 

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta. 

AYO MEMBACA!

Setiap orang menggunakan alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda. Apa alat transportasi kesukaan temanmu? Tanyakan kepada teman-temanmu! Tuliskan jawaban mereka pada tabel berikut!

1. Amati kembali teks yang kamu baca! Informasi apa saja yang kamu dapatkan pada teks? Tuliskan pada bagan berikut! 


 

AYO MEMBACA!

Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya. 

Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat? 

Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.

Jawab: keliling televisi= 25 cm+ 20cm+ 25cm+ 20cm= 90cm  


AYO BERLATIH!

2. Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

a. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela

Jawab: ...................................................................

b. Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?

Jawab: ...................................................................

3. Tentukanlah keliling bangun datar berikut!

a. 

Setiap sisi panjangnya 8 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 

b. 

Setiap sisi panjangnya 6 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 

AYO MEMBACA! 

Alat Transportasi Khusus

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkutorang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju. 

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat. 

Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orangorang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.


AYO MENCOBA!

4. Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar