Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuia dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.
Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.
MATEMATIKA
WAKTU
Yuk Simak Video di bawah ini terkait membaca jam
PENDIDIKAN PANCASILA
Karakter Fisik Di Sekitar Kita
Kita terlahir berbeda.
Bentuk Wajah berbeda.
Rambut berbeda.
Warna Kulit berbeda.
Kita tetap rukun walau berbeda.
Walau berbeda kita tetap satu bangsa.
Bentuk wajah kita tidak sama.
Ada yang bulat, oval, segitiga, dan kotak
Wajah yang berbeda adalah anugerah Tuhan.
Kita harus mensyukurinya.
Mencoba
Ayo bercermin
Lihat wajahmu di cermin!
Bagaimana bentuk wajahmu>
Lihatlah juga teman disampingmu!
Bgaaimanakah bentuk wajahnya?
Rabu, 24 Januari 2024
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI
Hari /Tanggal: Rabu 24 Januari 2024
Kelas : 1c
Mapel : Matematika dan Seni musik
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Membaca Jam
Bunyi Musikal
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai suara alat musik, ritmis maupun melodis
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda
menggunakan satuan tidak baku.
Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
MATEMATIKA
WAKTU
Yuk Simak Video di bawah ini terkait membaca jam
SENI MUSIK
B. BUNYI MUSIKAL
Bunyi musikal adalah bunyi yang berasal dari alat musik.
Contohnya sebagai berikut.
1. Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik yang gunanya mengahsilkan nada hingga menciptakan rangkaian nada lagu.
Contohnya: Suling, pianika, dan gitar yang memiliki nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do' .
AYO TEBAK INI SUARA DARI ALAT MUSIK APA YA ????
2. Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang gunanya menghasilkan ritme atau irama. Alat musik ini berguna untuk mengiringi tempo lagudan tidak memiliki nada
Contohnya: rebana, drum, dan gendang
Selasa, 23 Januari 2024
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI
Hari /Tanggal:Selasa 23 Januari 2024
Kelas : 1c
Mapel : Seni Musik dan Bahasa Indonesia
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Bermain bunyi
Menyebutkan kata yang berawalan suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-. dari teks bacaan
Melafalkan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-. dari teks
Menuliskan kata yang diawali suku kata ma-, mi-, mu-, me-, mo-.
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menemukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal, baik melodis dan non-melodis
Peserta didik dapat menyebutkan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, lo-. dari teks yang dibaca
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
SENI MUSIK
A. Bermain Bunyi
Banyak bunyi yang kamu dengar di sekitar.
Ada suara orang-orang yang bicara.
Di sekolah, tentu kamu mendengar bunyi bel.
Ada pula bunyi lembaran kertas buku dibuka atau bunyi pintu diketuk.
tet tet tet
srek srek srek
tok tok tok
Setiap bunyi terdengar berbeda.
Perbedaan suara pada bunyi di sebut warna bunyi.
Bunyi-bunyi di atas adalah bunyi nonmusikal.
Bunyi nonmusikal adalah bunyi yang berasal bukan dari alat musik.
Bunyi nonmusikal ada dua macam, yaitu bunyi nonmusikal nonmelodis dan bunyi nonmusikal melodis.
1. Bunyi Nonmusikal Nonmelodis
Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada.
Contohnya, seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk.
Cobalah kamu ingat bunyi nonmusikal dan nonmelodis lain yang ada di sekitar.
Ayo Lakukan!!!
Masih banyak suara dari benda-benda yang ada di sekitar kita.
Amatilah video berikut ini terkait bunyi benda di sekitar kita
Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu!
Tirukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan!
BAHASA INDONESIA
Amati gambar di atas.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?
2. Berada di mana mereka?
3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?
AYO SIMAK CERITA YANG DIBACAKAN IBU GURU!!!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Siapa nama teman baru Mimi?
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-teman barunya?
4. Apakah kalian pernah malu seperti Mimi?
5. Sebutkan nama teman-teman kalian.
AYO MEMBACA!!!
1. Ikuti guru membaca kata-kata ini, ya.
2. Apa bunyi huruf di awal nama-nama itu?
Ayo, lafalkan huruf berikut dengan benar.
Lalu, gabungkan bunyi huruf itu dengan bunyi huruf yang lain.
3. Bagaimana dengan ini?
Ikuti guru membacanya, ya.
4. Lalu, bacalah beberapa suku kata berikut.
Ikuti guru kalian.
Senin, 22 Januari 2024
Selamat pagi tabik pun
MATERI HARI INI
Hari /Tanggal:Senin 22 Januari 2024
Kelas : 1c
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengidentifikasi identitas diri sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf g
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang di awali dengan ga, gi, gu, ge, go
Membaca dan menulis kata yang di awali dengan huruf g
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuia dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
Peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang di awali dengan huruf g
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
PENDIDIKAN PANCASILA
Setiap orang punya identitas diri. kamu punya nama lengkap. kamu juga punya nama panggilan. Kamu punya alamat. Nama dan alamat itu identitas diri.
Identitas diri berkaitan dengan atribut kepribadian, fisik, dan minat Identitas diri mencakup atribut-atribut pribadi, termasuk kepribadian, aspek fisik, serta minat individu. Hal ini menunjukkan keragaman aspek yang membentuk identitas individu.
Berikut ini mari perhatikan cara memperkenalkan diri.
BAHASA INDONESIA
Amati gambar di atas.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?
2. Berada di mana mereka?
3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?
AYO SIMAK CERITA YANG DIBACAKAN IBU GURU!!!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Siapa nama teman baru Mimi?
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-teman barunya?