Rabu, 23 Februari 2022

TEMA 6 SubTema 4 Pembelajaran 2 dan 3

    

 Hari/Tanggal         :Rabu, 23 Februari 2022

Kelas                      : 3D  

Mata Pelajaran    :  Tematik

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3D, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak


setelah absen kita  mulai dengan berdoa terlebih dahulu ya nak! 

Tema 6                 : Energi dan Perubahannya

Subtema 4              : Penghematan Energi

Pembelajaran           : 2 dan 3 


Kode KD Bahasa Indonesia (3.2), PKn (3.2), SBdP (3.4) Matematika (3.8) 

Tujuan Pembelajaran   :

1. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

3. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

4. Setelah mengamati gambar dan membaca petunjuk atau cara, Siswa dapat Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

Ayo Mengamati

Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.

Perhatikan gambar berikut!

Apa pendapatmu tentang perilaku anak pada gambar tersebut?
Perilaku anak pada gambar tidak sesuai dengan  sila ke-5 Pancasila. Tuhan juga memerintahkan  manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati.  Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.

Dari gambar di atas ada saran perbaikan untuk perilaku tersebut, yaitu: 

Perilaku pemborosan : Bermain mainan yang menggunakan energi listrik
Saran perbaikan         : Bermain permainan yang tidak menggunakan energi listrik


Ayo Berkreasi!

Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas. Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan teman-teman memanfaatkan karton bekas untuk  membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat  listrik artinya menghemat energi. 
Dapatkah kalian membuat kipas seperti Udin? Buat kipas seperti contoh berikut!

Siapkan peralatan seperti berikut.
1. Karton bekas untuk cetakan kipas
2. Tali rafia/pita
3. Gunting
4. Lem
5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton yang lebih tebal untuk pegangan kipas
6. Pembolong kertas.

Tahap Membuar Kipas 
                      
1. Buatlah cetakan kipas karton sebanyak 2 buah.Buatlah dengan ukuran sama panjang.                                               
                                                                         
2.Lubang selurah pinggiran karton.
     
3. Tempelkan pegangan kipas pada salah satu permukaan karton.                                                                       
                                                                       

           
4.Tempelkan satu karton lainnya dengan cara dijahit, guanakan tali rafia atau pita.                                                               
Kipas buatan udin dan teman -teman.

Ayo Berlatih 

Udin dan teman teman telah selesai membuat kipas dari bahan karton.

Untuk mencari luas pada gambar berikut, Hitunglah semua jumlah kotak yang berwarna merah. 

 Luas kipas Edo adalah 14 persegi satuan  

 Luas kipas Beni adalah 11 persegi satuan.


Ayo Berlatih !

Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda lain termasuk sikap berhemat. 
Air yang digunakan secukupnya termasuk menghemat energi.

Perhatikan gambar berikut!


Jawablah pertanyaan berdasarkan gambar!

1. Apa yang sedang mereka lakukan?
Jawab : Mereka sedang mengantri untuk mendapatkan air bersih 

2. Mengapa mereka melakukannya?
Jawab: Kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari

3. Di mana kejadiannya? 
Jawab: Biasanya terjadi di desa-desa terpencil

Setelah memahami materi yang telah bu guru sampaikan, maka..

Tugasmu Hari ini!
1. Bagaimana caramu melakukan penghematan energi?
2. Sebutkan apasajakah alat dan bahan dalam pembuatan kipas!
3. Luas kipas dibawah ini adalah ..... persegi satuan.
4. Gambar manakah yang menunjukkan sikap menghemat energi? Jelaskan alasanmu!






Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar