Selasa, 26 September 2023

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal               : Selasa 26 September 2023

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran      :     BAHASA INDONESIA DAN SENI MUSIK 

Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP )

  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
  • Menulis huruf ‘K dan ‘k'
  • Ketukan dalam Musik
  • Penjumlahan Bilangan sampai 10

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
  • Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’ 
  • Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana

Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
  • .Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.

BAHASA INDONESIA 



Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apa yang kalian lihat pada gambar?
  2. Dapatkah kalian melihat kuman pada gambar?
  3. Apa yang terjadi pada kuman itu?


Sekarang, guru akan membaca cerita di bawah ini.

Simak baik-baik, ya. 





Diskusikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan guru ini.

Ingat, angkat tangan dulu sebelum berbicara. 

  1. Apa yang terjadi pada hidung Dilo saat ia pilek?
  2. Apa yang terjadi saat Dilo bersin?
  3. Apa yang teman Dilo lakukan terhadap apel yang akan dimakannya?
  4. Mengapa ia melakukannya?
  5. Apa yang Bu Guru pakaikan ke wajah Dilo?
  6. Mengapa Dilo harus memakainya saat pilek?


Dengarkan kalimat yang dibacakan guru.

Kemudian, selesaikan kalimat di bawah ini dengan menggambar jawaban kalian di dalam kotak.

Dengarkan petunjuk guru, ya.  

Lalu, ceritakan gambar itu kepada teman kalian.

  1. Agar segera sembuh dari pilek, aku ...
  2. Yang kulakukan agar temanku tak tertular ...


Huruf apa saja yang terdapat pada kata ‘kuman’?

Bacalah.


SENI MUSIK


Kita sering bertepuk dan hentakkan kaki saat sedang bernyanyi.

Tepukkan tangan atau hentakkan kaki membentuk irama atau pola Ritma musik.


yuk belajar bersama 😊


Ketukan dalam Musik


Dalam irama musik kita mendengar ketukan.

Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

Contoh ketukan berulang dan teratur seperti denyutan jantung, tetesan air dan detak arlogi atau jam dinding.


Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.


Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.


Jika digambarkan seperti gerakan berikut

CEPAT

Gambar sedang berlari


SEDANG
Gambar sedang berjalan


LAMBAT
Gambar sedang merangkak


Contoh lagu tempo lambat: Bagimu Negeri 



Contoh lagu tempo sedang: Kalau Kau Suka Hati



Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman




Ayo lakukan 😊

Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri

Apa yang kamu rasakan?

Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?

Seberapa cepat detak jantungmu?

Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.


Ayo Jawab 😊

Perhatikan gambar di bawah ini!

Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat








Tidak ada komentar:

Posting Komentar