Kamis, 23 Januari 2020

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 3

Hari/Tanggal : Kamis/23 Januari 2020
Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran :
·         Melalui kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
·         Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
·         Setelah menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
·         Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
·         Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
·         Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
   maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.

Ayo Mengamati
Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.

Ayo Mencoba
1.Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua. 
    Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan. 
    Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?Jawaban
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
    Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?Jawaban
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
    Berapa banyak sampah tersebut?Jawaban
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang. 
    Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam. 
    Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?

Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.

Sepulang dari kebun binatang Edo merasa baik-baik saja.

Edo dibawa ke dokter oleh ayah dan ibunya.

Edo sakit flu.

Ayah dan ibu memarahi Edo karena terlalu lelah main hujan dan pergi ke kebun
binatang.

Seluruh keluarga Edo bekerja sama merawat selama Edo sakit.

Ibu membuatkan sup untuk Edo.

Ayah membiarkan Edo lupa minum obat.

Ayah dan ibu menyayangi Edo.


Hari/Tanggal : Jumat/22 Januari 2020
Pembelajaran 4

Tujuan Pembelajaran :
·         Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan tepat.
·         Melalui kegiatan membaca puisi siswa dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam puisi dengan tepat.
·         Setelah menyimak teks, siswa mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur.
·         Siswa dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur

Ayo Membaca
Siti sangat menyayangi ibunya.
Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.
Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.
Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.
Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum
dan menghormati ibunya.
Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.
Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.

Ayo Mengamati
Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur
Siti ingin membingkai untuk puisinya.
Siti pernah melihat hiasan dari kulit telur milik Udin.
Hiasan itu indah sekali.
Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Siti menyiapkan:
1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.
2. Kardus bekas yang cukup tebal.
3. Lem kayu.
4. Penggaris. 
5. Pensil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar