Rabu, 06 Januari 2021

MATERI AJAR KLS 3B

 

MENEMUKAN KOSA KATA DAN BERNYANYI

Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Yuk untuk hari ini kita lanjutkan materi pembelajaran, yaitu : 

Tema 5 CUACA 

Subtema 1 Keadaan Cuaca

Pembelajaran 3 

Tujuan Pembelajaran hari ini:

1.  Dengan kegiatan membaca teks, siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar.

2. Dengan kegiatan menyanyi, siswa mampu menunjukkan pola irama yang sama pada sebuah lagu dan dapat menirukan nyanyian dengan benar.

Ayo Berlatihh

Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya.

  Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.

    Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.

   Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.


Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong. 

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

Ayo Membaca

Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.

Persahabatan Matahari dan Awan

Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah. 

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan. 
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah  aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca  cerah itu,” ujar Awan.

“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka  memanfaatkannya untuk bermain.”

Ayo Mengamati

Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan  keadaan cuaca dari cerita itu? 
Jadi kosa kata yang terdapat dari cerita Persahabatan Matahari dan Awan adalah :

cerah - sinar - hujan - matahari - awan - terik

Ayo Bernyanyiyi

Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu
Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar  indah.



Untuk mendengarkan lagu di atas dapat mengklik link di bawah ini ya nak 👇

👉 Awan Putih 👈

Baiklah nak, bagaimana dengan lagu di atas? 
Sekarang jawab pertanyaan ibu guru ya nak, Siapakah pencipta lagu Awan Putih? 
Kalian dapat menjawab pertanyaan pada kolom komentar sebagai absen kehadiran ya nak 
Silhkan dijawab dengan tepat dan benar 👍

Tugasmu!

Setelah kalian mengetahui pencipta lagu Awan Putih dan telah kalian jawab pada kolom komentar, sekarang tugasmu adalah menyanyikan lagu Awan Putih tersebut. 
Anak-anak boleh mengirmkan berupa video atau Voice Note saat menyanyikan lagu Awan Putih dan kirim di grup kelas ya nak. 
Selamat bernyanyi ... 















26 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Jawaban : AT Mahmud
    Dianny Ayudhia. PS

    BalasHapus
  3. Naira Afiifah putri, Jawaban nya adalah AT.Mahmud

    BalasHapus
  4. Jawaban:AT.Mahmud
    Karennina M Ayudya

    BalasHapus
  5. Jawab :AT mahmut
    syaqila nandita putri

    BalasHapus
  6. Jawaban: At.Mahmud
    ALIFA AYU RAHMADHIYA

    BalasHapus
  7. AT.Mahmud
    Salsabila Farahani Herman

    BalasHapus
  8. Ukasyah Assyathir
    Jawab: AT. Mahmut

    BalasHapus
  9. Masayu Soraya Janeeta
    Jawab : AT. Mahmud

    BalasHapus
  10. M.ghadafi ekina prasetya
    jawab:AT.Mahmud

    BalasHapus
  11. M.ghadafi ekina prasetya
    jawab:AT.Mahmud

    BalasHapus
  12. M.ghadafi ekina prasetya
    jawab:AT.Mahmud

    BalasHapus
  13. Fadhil Arsifa
    Hadir
    Jwban: AT.Mahmud

    BalasHapus
  14. Radhika razqa putranto
    Hadir
    Jawaban:.at.mahmud

    BalasHapus
  15. Aisha Putri Fedric Hadir,
    Jawaban: AT. Mahmud

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Muhammad Favio Pracanda
    Jawaban: AT.Mahmud

    BalasHapus
  18. Assyifa putri ramadhani kls 3 b hadir at mahmud

    BalasHapus