Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Yuk untuk hari ini kita lanjutkan materi pembelajaran, yaitu :
Tema 5 CUACA
Subtema 1 Keadaan Cuaca
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran hari ini:
1. Dengan kegiatan membaca teks, siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar.
2. Dengan kegiatan menyanyi, siswa mampu menunjukkan pola irama yang sama pada sebuah lagu dan dapat menirukan nyanyian dengan benar.
Ayo Berlatihh
Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.
Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.
Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.
Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.
Ayo Membaca
Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.
Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.
“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
Ayo Mengamati
Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu?
Jadi kosa kata yang terdapat dari cerita Persahabatan Matahari dan Awan adalah :
cerah - sinar - hujan - matahari - awan - terik
Ayo Bernyanyiyi
Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu
Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar indah.
Untuk mendengarkan lagu di atas dapat mengklik link di bawah ini ya nak 👇
Baiklah nak, bagaimana dengan lagu di atas?
Sekarang jawab pertanyaan ibu guru ya nak, Siapakah pencipta lagu Awan Putih?
Kalian dapat menjawab pertanyaan pada kolom komentar sebagai absen kehadiran ya nak
Silhkan dijawab dengan tepat dan benar 👍
Tugasmu!
Setelah kalian mengetahui pencipta lagu Awan Putih dan telah kalian jawab pada kolom komentar, sekarang tugasmu adalah menyanyikan lagu Awan Putih tersebut.
Anak-anak boleh mengirmkan berupa video atau Voice Note saat menyanyikan lagu Awan Putih dan kirim di grup kelas ya nak.
Selamat bernyanyi ...
Alika Keiko. S
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAT Mahmud
BalasHapusDevani Audreliya Ramadhani
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusJawaban : AT Mahmud
BalasHapusDianny Ayudhia. PS
Naira Afiifah Putri
BalasHapusNaira Afiifah putri, Jawaban nya adalah AT.Mahmud
BalasHapusJawaban:AT.Mahmud
BalasHapusKarennina M Ayudya
Abdillah Nur Rachman Hadir Bu
BalasHapusJawab :AT mahmut
BalasHapussyaqila nandita putri
Jawaban: At.Mahmud
BalasHapusALIFA AYU RAHMADHIYA
AT.Mahmud
BalasHapusSalsabila Farahani Herman
Ukasyah Assyathir
BalasHapusJawab: AT. Mahmut
Masayu Soraya Janeeta
BalasHapusJawab : AT. Mahmud
Jawaban: AT.Mahmud
BalasHapusM.ghadafi ekina prasetya
BalasHapusjawab:AT.Mahmud
M.ghadafi ekina prasetya
BalasHapusjawab:AT.Mahmud
M.ghadafi ekina prasetya
BalasHapusjawab:AT.Mahmud
Fadhil Arsifa
BalasHapusHadir
Jwban: AT.Mahmud
Radhika razqa putranto
BalasHapusHadir
Jawaban:.at.mahmud
Aisha Putri Fedric Hadir,
BalasHapusJawaban: AT. Mahmud
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMuhammad Favio Pracanda
BalasHapusJawaban: AT.Mahmud
Raul Nurwahid
BalasHapusJawab= AT.Mahmud
Assyifa putri ramadhani kls 3 b hadir at mahmud
BalasHapusM.rayhan ramadhan
BalasHapusHadir kemarin