Senin, 27 September 2021

Tema 3 Sub Tema 2 PB 1 dan 2

 Hari/Tanggal         : Senin/27 September 2021

Kelas                  : 3D


Selamat pagi anak sholih dan sholiha kelas 3D.. 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar  

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini ! 👇

https://forms.gle/KLTEoWZrpdPG2G2E9

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 1 dan 2


Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.

2.  Dengan mengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.

3.   Dengan mengamati contoh gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki dengan tepat.

4.      Dengan membaca wacana percakapan, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud benda dengan benar

5.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan arti penting menolong.

 

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?


Ayo Mengamati

Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar?

Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumanenek. Edo dibonceng ayah dengan motor.

Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!

Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.

Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.

Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.

Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya.

Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbandarpermukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.

Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti kertas yang tertiup angin!

Perhatikan gambar berikut!

Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan.

Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri

dan ke kanan. Jika angin putting beliung, bergeraklah berputar.



Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan         langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi.  Sekarang, coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka.

Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!


 

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?

Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin : Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram  atau kilogram.

Massa diukur dengan alat di bawah ini.



Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?

Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.

Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.



Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.

 

Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.

Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.

Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

 Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

 Latihan Soal

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

2.        Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m

   = ... m

3.        Dalam sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .

4.        Ciri – ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .

5.        Mengapa kita perlu menolong orang lain?


Pengumpulan tugas: 
1. Mengirimkan bukti dokumentasi beribadah, seperti: sholat dhuha, murojaah dan mendengarkan tausyiah pagi 
2. Mengirmkan bukti kegiatan anak telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugasnya.
3. Mengisi absensi pada kolom komentar 
4. Jika terlambat mengerjakan tugas dapat konfirmasi terlebih dahulu 🙏

Terimakasih ananda semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan selalu semangat dalam belajar 💪

Selamat mengerjakan 💪








11 komentar:

  1. Assalamualaikum Bu
    Andra Omar Radhitya
    No absen 02
    Hadir

    BalasHapus
  2. Filda Araminta kls 3D 27/09/21
    No absen 9
    Hadir

    BalasHapus
  3. Asalamualaikum bu
    Aisyah Ramadhani
    No absen 04
    Hadiirr

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum ibu ..
    M. Raditya Pratama Jefran
    Kelas 3D
    No absen : 17
    Hadir

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Ibu
    Naila Dzakira Aftani
    Kelas 3 D
    No. Absen 22
    Hadir menyimak dan mengerjakan tugas

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu..
    Khanzaflora Hendra Azura
    No.absen 14
    Hadir

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum
    KAYLA NUR NAFISAH
    Kelas 3d
    No absen 12
    Hadir Bu Guru

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu
    Naura Hifzhia Syafiqa
    Kelas 3d
    No absen 23
    Hadir Bu

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu...
    Adyaksa Irza
    Kelas 3D
    No.absen 01
    Hadir

    BalasHapus
  10. M.Arian azza rayhan sumantri
    Kelas : 3D
    No.Absen 18
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus