MATERI AJAR SENIN, 28 JULI 2025
Hari, Tanggal : Senin, 28 Juli 2025
Kelas : 1 B
Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia
Guru Kelas : Muslana, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd.
📌 Metode dan Media ajar
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
- Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
- Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri,keluarga, dan/atau lingkungan.
- Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
- Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).
Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10
- Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari simbol sila Pancasila. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Materi Matematika
Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:
Bilangan mana yang lebih besar
Bilangan mana yang lebih kecil
Apakah sama besar atau sama banyak
Contoh Perbandingan Bilangan
Bilangan 3 dan 7
3 lebih kecil dari 7
Ditulis: 3 < 7
Bilangan 9 dan 5
9 lebih besar dari 5
Ditulis: 9 > 5
Bilangan 4 dan 4
4 sama dengan 4
Ditulis: 4 = 4
LKPD Matematika
Materi Bahasa Indonesia
Dari ketiga aktivitas ini ada kegiatan apa saja anak anak?
Iya benar ada kegiatan belajar jadi pada saat belajar anak anak harus mendengarkan guru, sedangkan gambar kedua terdapat dua orang yang sedang berkomunikasi dan gambar ketiga terdapat kegiatan bermain di saat cuaca cerah.
Ketiga gambar ini merupak bentuk teks lisan dalam bentuk cerita, percakapan, dan informasi.
- Cerita : memiliki alur, tokoh, dan kejadian/Percakapan
- Percakapan : dua orang atau lebih yang sedang berbicara saling bergantian untuk menyampaikan informasi
- Informasi : penjelasan tentang suatu hal dan dalam menyimak harus menunjukkan sikap mendengarkan aktif.
Jenis Teks Lisan | Ciri-ciri | Contoh |
Cerita | Menyampaikan kisah | Dongeng, fabel |
Percakapan | Saling berbicara | Tanya-jawab, sapaan |
Informasi | Menyampaikan pengetahuan/berita | Penjelasan guru, berita |
📌 REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh murid dapat membandingkan banyak benda dengan baik dan mandiri namun beberapa murid masih perlu bimbingan dalam menulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar