Hari/Tanggal : Selasa 28 Februari 2023
Kelas : 3D
Mata Pelajaran : Tematik
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 3 dan 4
Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), PPKn (3.3), Matematika (3.8), SBdP (3.2)
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.
Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang informasi mengolah hasil kebun atau pertanian menjadi bahan makanan dengan menggunakan perkembangan teknologi. Hari ini Lani kedatangan Bibi Lani yang bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama - sama.
Ayo Membaca!
Bacalah teks berikut!
Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf.
Ayo Bernyanyi!Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru.Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” berikut ini:
https://www.youtube.com/watch?v=ZKW_CPJaZmU Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu. Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu. Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari. Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.
Ayo Mengamati!Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya.Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi. Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang.Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.
Amati bentuk di bawah ini!
Gambar 1 2 3
Gambar 1 : Luas satuan persegi adalah = 5 Satuan persegiGambar 2 : Luas satuan persegi adalah = 5 Satuan persegi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 3 dan 4
Kode KD Bahasa Indonesia (3.6), PPKn (3.3), Matematika (3.8), SBdP (3.2)
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.
Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang informasi mengolah hasil kebun atau pertanian menjadi bahan makanan dengan menggunakan perkembangan teknologi. Hari ini Lani kedatangan Bibi Lani yang bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, Edo, Beni, Dayu, Siti, dan Lani membaca bersama - sama.
Ayo Membaca!
Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” berikut ini:
https://www.youtube.com/watch?v=ZKW_CPJaZmU
Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu. Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu. Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari. Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.
Gambar 2 : Luas satuan persegi adalah = 5 Satuan persegi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar