Selasa, 07 Februari 2023

Kls 3D

 Hari /Tanggal: Rabu 8Februari 2023

  Kelas                         : 3D  

  Mata Pelajaran         :  Tematik

.

Materi 3D hari ini👇

Tema 6                                   : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                              : Perubahan Energi

Pembelajaran                        4

Tujuan Pembelajaran           :

1.      Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban yang terkait dengan penggunaan energi.

2.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuanwaktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.


Ayo Berlatih

Selain olahraga secara rutin kalian harus makan dan minum yang bergizi. Gizi yang terkandung di dalam makanan membuat tubuhmu sehat dan berenergi. Ketika tubuhmu sehat tidak akan merasa lemas atau lemah. Tubuh yang sehat mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat. 

Makanan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Orang yang berjasa dalam menyediakan buah-buahan adalah para petani. 

 

Para petani bekerja keras mengeluarkan energi agar buahbuahan yang ditanam berbuah  lebat. Tanaman tersebut dirawat danm diberi pupuk. Dengan  demikian, tanaman tumbuh subur.

Tanaman membutuhkan waktu lama hingga buahnya siap dipanen. Setelah panen, petani akan mengangkut dan menjualnya ke pasar. Semua kegiatan petani membutuhkan energi. Oleh karena itu, kalian wajib menghargai energi yang sudah dikeluarkan petani. 

Coba, sekarang pikirkan baju yang dipakai. Mulai dari menanam pohon kapasnya sampai menjadi baju. Perhatikan gambar proses pembuatan baju berikut!

Lengkapi tabel berikut ini:


Coba hitung waktu kegiatan berikut! 

Bu Nia pergi ke pasar. Bu Nia akan membeli bahan untuk menjahit. Dia berangkat dari rumah pukul 08.30. Setelah 45 menit, Bu Nia selesai belanja. Dia pun segera pulang. Pukul berapa Bu Nia pulang dari pasar? Gambarkan dengan jarum jam!

 

Jawab

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar