Selasa, 10 Oktober 2023

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal               : Selasa 10 Oktober 2023

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran      :    PENDIDIKAN PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Ketukan dalam Musik
  • Penjumlahan Bilangan sampai 10
  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
  • Menulis huruf ‘K dan ‘k'
  • Kalimat sapaan

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
  • Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’ 
  • Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menggunakan kalimat sapaan yang santun

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan
  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • SENI MUSIK


    Kita sering bertepuk dan hentakkan kaki saat sedang bernyanyi.

    Tepukkan tangan atau hentakkan kaki membentuk irama atau pola Ritma musik.


    yuk belajar bersama 😊


    Ketukan dalam Musik


    Dalam irama musik kita mendengar ketukan.

    Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

    Contoh ketukan berulang dan teratur seperti denyutan jantung, tetesan air dan detak arlogi atau jam dinding.


    Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.


    Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.


    Jika digambarkan seperti gerakan berikut

    CEPAT

    Gambar sedang berlari


    SEDANG
    Gambar sedang berjalan


    LAMBAT
    Gambar sedang merangkak


    Contoh lagu tempo lambat: Bagimu Negeri 



    Contoh lagu tempo sedang: Kalau Kau Suka Hati



    Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman




    Ayo lakukan 😊

    Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri

    Apa yang kamu rasakan?

    Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?

    Seberapa cepat detak jantungmu?

    Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.


    Ayo Jawab 😊

    Perhatikan gambar di bawah ini!

    Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat








    BAHASA INDONESIA

    Kalimat Sapaan 

    Menyapa artinya menegur atau mengajak orang lain untuk bercakap-cakap.
    Yang termasuk menyapa antara lain sebagai berikut.
    • Menanya kabar 
    • Mengucapkan salam 
    • Mengucapkan terima kasih 
    • Mengucapkan selamat 
    Contoh kalimat sapaan antara lain sebagai berikut
    • Selamat pagi.
    • Hai apa kabar?
    • Bolehkah saya masuk?
    • Permisi mau tanya.
    • Maaf Bu, saya terlambat.
    • Boleh kah aku pinjam bukumu?
    Lakukan percakapan dengan temanmu berdasarkan gambar berikut ini
    Pamit pada ibu saat akan bermain di taman

    Pagi hari saat akan berolahraga bertemu teman di depan rumahnya

    Peragakan di depan kelas ucapan untuk peristiwa berikut.
    1. Memohon maaf jika kamu merasa bersalah terhadap temanmu
    2. Memohon izin ke kamar kecil kepada guru ketika jam pelajaran berlangsung
    3. Mengucapkan terimakasih jika kamu diberi pujian atau barang oleh teman
    Perhatikan cara menunjukkan sikap santun berikut.



    Deni kehujanan saat pulang sekolah.
    Dika meminjamkan payungnya pada Deni.
    Deni berterima kasih pada Dika







    Saat belajar di rumah, Dika tidak paham dengan pelajaran yang dibacanya.
    Dika minta bantuan ibu untuk menjelaskanny






    Dika tidak sengaja menginjak kaki adik. 
    Adik menangis.
    Dika minta maaf pada adik




    Dika sedang mencari rumah teman.
    Dika melihat ada seorang bapak sedang berkebun.
    Dika ingin bertanya pada bapak itu.




    Kalian sudah menyimak beberapa ungkapan santun pada teks di atas.
    Sekarang jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
    1. Ungkapan santun apa saja yang diucapkan Dika?
    2. Pernahkah kalian mengucapkan ungkapan santun tersebut? Ceritakan pengalamanmu!
    3. Kapan kalian perlu mengucapkan kata-kata santun? (tolong, terimakasih, dan permisi)?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar