Rabu, 04 Oktober 2023

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal               : Rabu 4 Oktober 2023

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran      :    BAHASA INDONESIA SENI MUSIK DAN MATEMATIKA 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
  • Menulis huruf ‘K dan ‘k'
  • Ketukan dalam Musik
  • Penjumlahan Bilangan sampai 10

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
  • Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’ 
  • Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
  • Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
  • SENI MUSIK


    Kita sering bertepuk dan hentakkan kaki saat sedang bernyanyi.

    Tepukkan tangan atau hentakkan kaki membentuk irama atau pola Ritma musik.


    yuk belajar bersama 😊


    Ketukan dalam Musik


    Dalam irama musik kita mendengar ketukan.

    Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

    Contoh ketukan berulang dan teratur seperti denyutan jantung, tetesan air dan detak arlogi atau jam dinding.


    Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.


    Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.


    Jika digambarkan seperti gerakan berikut

    CEPAT

    Gambar sedang berlari


    SEDANG
    Gambar sedang berjalan


    LAMBAT
    Gambar sedang merangkak


    Contoh lagu tempo lambat: Bagimu Negeri 



    Contoh lagu tempo sedang: Kalau Kau Suka Hati



    Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman




    Ayo lakukan 😊

    Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri

    Apa yang kamu rasakan?

    Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?

    Seberapa cepat detak jantungmu?

    Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.


    Ayo Jawab 😊

    Perhatikan gambar di bawah ini!

    Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat







    MATEMATIKA



    Simaklah cerita matematika berikut!

            Ada 5 bunga berwarna merah dan empat bunga berwarna putih. 

            Ayo berimajinasi seperti apa gambarnya?


    Manakah gambar yang tepat sesuai cerita Ibu Guru ?


    Guru mengajukan pertanyaan kembali

        Berapa banyak bunga semuanya?

       

    Ketika menghubungkan pendapat para siswa, tekankan pada kata "semuanya”


    Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan kalimat matematika dan menemukan jawabannya

    menuliskan rumus 5 + 4 = 9
     

    Amatilah gambar berikut!







       Kesimpulan: 

    Alhamdulillah dalam pembelajaran hari ini peserta didik sudah dapat menulis tegak bersambung Dangan menggunakan huruf k, mempraktekkan ketukan dalam musik menggunakan tepuk tangan serta menyelesaikan soal terkait penjumlahan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar