Mata Pela: : Matematika dan Pendidikan Pancasila
Tujuan Projek:
Metode dan Media ajar
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menyelesaikan masalah terkait operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah
Mengenali identitas dirinya dan teman di sekitarnya
- Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah
- Peserta didik dapat mengenali iddentitas dirinya dan teman di sekitarnya.
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu mengenal dirinya sendiri dan teman di sekitarnya. Peserta didik mampu menceritakan identitas dirinya dan menceritakan identitas teman di sekitarnya.
π Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
π Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
π Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang operasi hitung pengurangan dan penjumlahan susun ke bawah serta mempelajari tentang macam-macam warna. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang identitas diri dan teman di sekitar kita serta belajar untuk menyelesaikan permasalahan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun ke bawahOke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
- Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
- Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
- Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
- Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
- Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
- Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
- Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
- Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
- Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.
πMateri Matematika
Penjumlahan (Addition)
- Penjumlahan itu seperti menggabungkan dua kelompok benda.
- Contoh: Jika kamu punya 3 buah apel, lalu diberi 2 buah apel lagi, maka kamu punya 3 + 2 = 5 buah apel.
Pengurangan (Subtraction)
- Pengurangan itu seperti mengurangi jumlah benda.
- Contoh: Jika kamu punya 5 buah permen, lalu kamu makan 2 buah permen, maka sisanya adalah
- 5 - 2 = 3 buah permen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar