Senin, 07 Oktober 2024

Selamat pagi tabik pun

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat Afiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah ya🤗


MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal           : Senin 7 Oktober 2024

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila.

 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana
#. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyebutkan kalimat tanda tanya dan seru serta suku kata
         2. Menyebutkan manfaat mematuhi tata tertib.

     #.  Tujuan Pembelajaran (TP):
        1. peserta didik dapat memahami mengenai suku kata dan kalimat tanda tanya dan seru
        2. Peserta didik dapat memahami aturan dan manfaat tata tertib

    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari operasi hitung pengurangan. Nah, untuk hari ini kita akan belajar mereview materi suku kata, kalimat tanda tanya & seru dan lambang pancasila serta aturan disekolah & dirumah Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


#. Materi Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Setelah kalian melihat video berikut ini, apakah bisa kalian menirukan lirik dan gerakan nya? 
Kalau bisa mari bersama sama kita hafalkan ya gerakan dan liriknya..
Setelah kita bersama sama bernyanyi dan menirukan gerakan mari kita mengenal tanda baca pada kalimat yaitu tanda tanya dan tanda seru.. Lihat video berikut ini..


Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
 - Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?" 

- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian. 

Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat

Materi Pendidikan Pancasila

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^




Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.

Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibut untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.


AYO BERLATIH!

Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menjelaskan pengertian hak dan kewajiban serta memberikan contoh hak dan kewajiban anak di sekolah, serta peserta didik juga sudah mampu untuk menyebutkan kata yang berawalan suku kata ka ki ku ke dan ko , namun kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengerjakan latihan mencari suku kata ka ki ku ke dan ko pada teks cerita, masih terdaoat peserta didik masih memerlukan bimbingan dari guru karena belum memahami perintah tugas. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik yang bersangkutan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar