Selasa, 18 Februari 2025

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini ? semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah ya🤗


MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal            : Rabu 19 Februari 2025

Kelas                            : 1c

Materi Pembelajaran: Pendidikan Pancasila dan Matematika 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Mengenal bilangan 11 ampai 20 dan nilai tempat

  2. Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin


    #.  Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bilangan 11 sampai 20
  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin

    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal denah. Peserta didik mampu membaca drnah sederhana. Peserta didik mampu mengenal dan memahami arah mata angin

 #.  Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik Apersepsi : 

    Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang denah dan arah mata angin serta cara membaca sebuah jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


    Apersepsi : 

    Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang denah dan arah mata angin serta cara membaca sebuah jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa

    #.  Materi Pendidikan Pancasila
    Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




    Arah Mata Angin

    • Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
      • Utara (U)
      • Timur (T)
      • Selatan (S)
      • Barat (B)
      • Timur Laut (TL)
      • Tenggara (TG)
      • Barat Daya (BD)
      • Barat Laut (BL)
    • Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
    • Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.      

    Latihan



    Materi Matematika


    Bilangan 1-20
    Menghitung banyak benda 

    Merapikan Mainan 
    Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
    Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.

    Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng. 

    Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan


    #. Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar