Selasa, 04 Februari 2025

 

Selamat pagi tabik pun

Assalamualaikum anak Sholih dan sholiha ?

Apa kabar hari ini ? semoga kalian dalam ke adaan sehat walafiat aamiin, seperti biasa nya sebelum kalian berangkat ke sekolah pastikan kalian sudah sarapan,dan jangan lupa berwudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan sebelum kalian berangkat ke sekolah ya🤗


MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal            : Rabu 5 Februari 2025

Kelas                            : 1c

Materi Pembelajaran: P.Pancasila dan Matematika.

  1. Mengenal waktu

  2. Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin


    #. Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin

    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal denah. Peserta didik mampu membaca drnah sederhana. Peserta didik mampu mengenal dan memahami arah mata angin

 #.  Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu

Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang denah dan arah mata angin serta cara membaca sebuah jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



#.  Materi Pendidikan Pancasila
Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




Arah Mata Angin

  • Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
    • Utara (U)
    • Timur (T)
    • Selatan (S)
    • Barat (B)
    • Timur Laut (TL)
    • Tenggara (TG)
    • Barat Daya (BD)
    • Barat Laut (BL)
  • Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
  • Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.      

Materi Matematika


📌 Materi Matematika


Apa itu Jam?

Jam adalah alat yang digunakan untuk mengetahui waktu. Jam membantu kita tahu kapan harus pergi ke sekolah, kapan waktu makan, atau kapan waktu tidur.

Bagian-bagian Jam

  1.      Jarum pendek: Menunjukkan jam
  2.      Jarum panjang: Menunjukkan menit.

Cara Membaca Jam:

  1.       Lihat jarum pendek: Jarum pendek menunjuk angka berapa? Itulah jamnya.
  2.       Ingat: Kalau jarum panjang menunjuk angka 12, berarti tepat jam.

Contoh:

  1.       Jika jarum pendek menunjuk angka 3 dan jarum panjang menunjuk angka 12, maka waktu menunjukkan pukul 3.
  2.       Jika jarum pendek di antara angka 2 dan 3, dan jarum panjang menunjuk angka 6, berarti sudah lewat sedikit dari jam 2.



Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 



Berdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah peserta didik susah mengenal macam macam arah mata angin, hanya saja peserta didik masih belum mampu menyebutkan atah mata angin secara mandiri. Serta sebagian peserta didik sudah mamlu membaca jam dengan benar. Tindak lanjut yang dilakukan guru akan menjelaskan kembali materi tentang arah mata angin dan cara membaca jam pada pertemuan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar