Senin, 10 Februari 2020

Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6


Bahan  Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 6 Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri
Subtema 2 

Hari /Tanggal: Senin, 10 Februari 2020 
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat mengenal cara menanggapi kata ajakan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks, siswa dapat menunjukkan kalimat ajakan dan tanggapan dengan tepat.
3. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan tepat.
4. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
5. Dengan menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami keberadaannya sebagai makhluk Tuhan di tengah makhluk Tuhan lainnya sehingga memiliki sikap santun, saling menghargai, peduli, jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab

Materi Pembelajaran

• Menggunakan kata ajakan
• Menanggapi ajakan
• Mengamati bentuk bidang datar
• Menyusun bentuk bidang datar


Ayo Belajar

Isilah titik-titik dengan kata ajakan.

Siti : Aku suka lantai balai desa.

Susunan keramiknya indah.

Lani : ......... kita ke balai desa......... amati lantai kesukaan Siti.
Dayu : Maaf, aku tidak bisa ikut.Aku harus menemani ibu ke pasar.
Udin : Terima kasih Lani. Tetapi, lain waktu saja aku ikut.
Kakiku sedang sakit.
Edo : Semoga cepat sembuh, Udin. Aku ikut, Lani.
Lani : .... Edo, kita ke balai desa.
Edo : Baiklah


Hari/Tanggal: Selasa, 11 Februari 2020 
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan melengkapi teks percakapan, siswa dapat menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat memerankan percakapan kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan membaca percakapan, siswa dapat menuliskan kegiatankegiatan kerja sama yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
4. Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan kerja sama menjaga kebersihan lingkungan, siswa dapat mempraktikkan kegiatan-kegiatan kerja sama dalam membersihkan lingkungan dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
6. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur atas karunia Tuhan karena mendapatkan tempat tinggal yang nyaman

Materi Pembelajaran

• Membaca permasalahan lingkungan
• Menyampaikan kalimat ajakan Menuliskan kegiatan agar lingkungan sehat
• Melakukan kegiatan membersihkan lingkungan
• Berkreasi dengan bangun datar

Lani bercakap-cakap dengan teman-temannya.
Mereka ingin lingkungan tetap bersih.
Lengkapilah percakapan Lani.
Gunakan kata ajakan.


Peragakan percakapan itu bersama temantemanmu.



Lani : Lingkungan rumahku tidak bersih. Sampah menumpuk di jalan. Lalat beterbangan
Siti : .... kita bekerja bakti membersihkan sampah.
Udin : Lingkungan rumahku kotor. Banyak kaleng
dan genangan air. Nyamuk ada di mana. Tetanggaku banyak terkena penyakit
demam berdarah.
Beni : .... kita kubur kaleng-kaleng.
Siti : Di musim kemarau udara terasa panas.
Debu-debu bertebaran. Banyak orang terkena flu dan batuk.
Edo : .... kita tanam banyak pohon.
Udin : Saat hujan deras selokan di depan rumahku meluap. Air tumpah ke jalan.
Sampah-sampah bertebaran. Ternyata selokan di depan rumahku tersumbat sampah.
Lani : .... kita bersihkan selokan setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar